Kesehatan Otak Turut dipengaruhi Posisi Tidur

Oleh : Dirk/1health | Selasa, 21 Mei 2019 | 20:15 WIB


(ist)

Wartakesehatan - Dampak yang bisa terjadi dari pengaruh posisi tidur rupanya bukan hanya bisa memberikan kenyamanan seseorang selama beristirahat, tetapi juga berpengaruh pada kesehatan Anda. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Neuroscience, posisi tidur yang tepat juga dapat melindungi Anda dari penyakit saraf otak atau neurologis, seperti alzheimer atau parkinson.

Tidur miring atau menyamping, merupakan posisi tidur yang paling baik daripada posisi telentang atau telungkup. Pada posisi tersebut, otak bekerja dengan lebih maksimal. Para peneliti menggunakan MRI untuk memantau glymphatic atau sistem yang melakukan detoksifikasi atau pembuangan zat berbahaya dari dalam otak ke luar tubuh. Sistem ini bekerja lebih efisien saat Anda tidur dengan posisi miring. Limbah otak yang dibuang mencakup protein beta-amyloid, yaitu protein yang dapat membentuk plak yang menjadi salah satu penyebab penyakit alzheimer.

Selain alzheimer dan parkinson, posisi dan kualitas tidur juga dikaitkan dengan demensia. Gangguan tidur yang berkepanjangan dapat menyebabkan penderita demensia lebih cepat mengalami hilang ingatan. Maka posisi dan kualitas tidur bekerja untuk mendukung satu sama lain.

Perhatikan posisi bantal

Selain itu, bila Anda ingin mengubah posisi tidur, pastikan Anda telah menempatkan bantal pada posisi yang tepat. Bantal memiliki dampak yang besar, baik terhadap kualitas tidur maupun bagi kesehatan secara keseluruhan. Manfaat utama bantal adalah untuk menyelaraskan tulang belakang leher, sehingga leher tidak menekuk dan menyebabkan ketegangan pada leher Anda selama tidur.

Bantal yang terlalu besar atau terlalu tipis tidak dapat melindungi leher Anda saat tidur. Jadi pastikan Anda memilih bantal dengan ukuran tepat. Jangan sampai kepala Anda miring ke atas atau ke bawah saat tidur. Mintalah pasangan atau keluarga Anda untuk memerhatikan posisi leher dan kepala saat Anda tidur. Anda dapat memilih bantal dengan ketebalan yang cukup, sekitar 12 hingga 15 cm untuk mengisi ruangan antara telinga dan pundak Anda.

Dengan ukuran bantal yang tepat, maka kualitas tidur Anda akan terjaga. Sehingga Anda dapat terus menjaga kesehatan otak Anda.




Fokus : Kesehatan Otak


#Tidur #Otak
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 42 menit yang lalu

Konsumsi Teh Hijau Berlebihan, ini Bahayanya!

Wartakesehatan.com - Selama ini teh hijau dikenal sebagai salah satu minuman yang memiliki manfaat kesehatan dan..
Obat & Penyakit - 9 jam yang lalu

Stop Kebiasaan Begadang, Tubuh bisa Rusak!

Wartakesehatan.com - Menurut para ahli, tidur bukan hanya untuk penghilang lelah. Studi terbaru menemukan bahwa kehilangan..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

5 Tips Atasi Sulit Tidur

Wartakesehatan.com - Tidur merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh manusia untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran...
Obat & Penyakit - 11 jam yang lalu

5 Cara Pintar Atasi Nyeri saat Haid

Wartakesehatan.com - Pada umumnya wanita merasakan nyeri atau kram perut saat haid (Dismenore) yang dapat berlangsung..
Ibu & Anak - 12 jam yang lalu

Penting! Ibu Hamil jaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Wartakesehatan.com - Kesehatan mulut dan gigi ibu hamil sebaiknya mendapat perhatian yang serius, bahkan sejak sebelum..
Mamin - 13 jam yang lalu

Basmi Jerawat Dengan Makanan Sehat ini!

Wartakesehatan.com - Wajah penuh jerawat dan terlihat kusam adalah tanda telah terjadi penumpukan racun dalam jumlah yang..
Tekhnologi - 13 jam yang lalu

ASUS VivoBook A409, Laptop Klasik dengan NanoEdge Display

Jakarta, Warkes.com - ASUS kembali menghadirkan laptop klasik mainstream ke pasaran Indonesia. Laptop sehari-hari yang..
Tekhnologi - 13 jam yang lalu

Sophia the Robot Gambaran Kecerdasan Manusia di Atas Manusia Buatan

Jakarta, Warkes.com – Bagaimanapun pintarnya robot, tentu merupakan sebuah program yang dalam hal ini dibuat oleh..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Kembangkan Sayap Bisnis di Yogyakarta Toys Kingdom Buku Toko ke Tiga-nya

Yogyakarta, Warkes.com - Toys Kingdom, pusat mainan dan hobi untuk segala usia kembali membuka toko terbaru tepatnya di Jogja..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Waspada, Ruang AC bisa bikin Gemuk

Wartakesehatan.com - Di jaman yang sudah modern ini, AC tampaknya telah jadi bagian kehidupan kita sehari-hari. Di kantor,..

+Indeks