Kesehatan Otak Turut dipengaruhi Posisi Tidur

Oleh : Dirk/1health | Selasa, 21 Mei 2019 | 20:15 WIB


(ist)

Wartakesehatan - Dampak yang bisa terjadi dari pengaruh posisi tidur rupanya bukan hanya bisa memberikan kenyamanan seseorang selama beristirahat, tetapi juga berpengaruh pada kesehatan Anda. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Neuroscience, posisi tidur yang tepat juga dapat melindungi Anda dari penyakit saraf otak atau neurologis, seperti alzheimer atau parkinson.

Tidur miring atau menyamping, merupakan posisi tidur yang paling baik daripada posisi telentang atau telungkup. Pada posisi tersebut, otak bekerja dengan lebih maksimal. Para peneliti menggunakan MRI untuk memantau glymphatic atau sistem yang melakukan detoksifikasi atau pembuangan zat berbahaya dari dalam otak ke luar tubuh. Sistem ini bekerja lebih efisien saat Anda tidur dengan posisi miring. Limbah otak yang dibuang mencakup protein beta-amyloid, yaitu protein yang dapat membentuk plak yang menjadi salah satu penyebab penyakit alzheimer.

Selain alzheimer dan parkinson, posisi dan kualitas tidur juga dikaitkan dengan demensia. Gangguan tidur yang berkepanjangan dapat menyebabkan penderita demensia lebih cepat mengalami hilang ingatan. Maka posisi dan kualitas tidur bekerja untuk mendukung satu sama lain.

Perhatikan posisi bantal

Selain itu, bila Anda ingin mengubah posisi tidur, pastikan Anda telah menempatkan bantal pada posisi yang tepat. Bantal memiliki dampak yang besar, baik terhadap kualitas tidur maupun bagi kesehatan secara keseluruhan. Manfaat utama bantal adalah untuk menyelaraskan tulang belakang leher, sehingga leher tidak menekuk dan menyebabkan ketegangan pada leher Anda selama tidur.

Bantal yang terlalu besar atau terlalu tipis tidak dapat melindungi leher Anda saat tidur. Jadi pastikan Anda memilih bantal dengan ukuran tepat. Jangan sampai kepala Anda miring ke atas atau ke bawah saat tidur. Mintalah pasangan atau keluarga Anda untuk memerhatikan posisi leher dan kepala saat Anda tidur. Anda dapat memilih bantal dengan ketebalan yang cukup, sekitar 12 hingga 15 cm untuk mengisi ruangan antara telinga dan pundak Anda.

Dengan ukuran bantal yang tepat, maka kualitas tidur Anda akan terjaga. Sehingga Anda dapat terus menjaga kesehatan otak Anda.




Fokus : Kesehatan Otak


#Tidur #Otak
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Mamin - 11 jam yang lalu

Makanan yang bisa Atasi Insomnia

Wartakesehatan.com - Kekurangan tidur dapat menyebabkan berbagai masalah, mulai dari menurunnya kondisi mental dan juga..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Bahanya 'Sleep Apnea' berujung Kematian

Wartakesehatan - Sleep Apnea Merupakan ganguan tidur yang menyebabkan nafas berhenti selama beberapa detik. Penyakit ini..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Pentingnya Mandi pada Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri masih banyak orang yang mengabaikan kebersihan tubuh atau bisa disebut dengan jarang..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Dampak Kurang Minum Air Putih Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Minimnya asupan air mineral, bisa berdampak pada kesehatan tubuh Anda lho. Tak hanya sembelit saja,..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Cara Mengetahui Kesehatan Rambut

Wartakesehatan.com - Penting sekali untuk mengetahui bagaimana perawatan rambut yang tepat sesuai jenis dan juga..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

7 Tips untuk Berhenti Merokok

Wartakesehatan - Beberapa perokok mungkin memiliki keinginan untuk berhenti merokok. Alasannya sederhana karena merokok..
Mamin - 18 jam yang lalu

Jaga Kesehatan Usus dengan 5 Makanan ini!

Wartakesehatan.com - Usus merupakan organ tubuh yang harus dijaga agar selalu sehat dan bekerja secara optimal. Usus..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

Tips Tetap Sehat di Tempat Kerja

Wartakesehatan.com - Selain waktu yang banyak dihabiskan di kantor, gaya hidup tidak sehat, kurang olahraga dan sering..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Cara Alami Ini Bisa Putihkan Gigi

Wartakesehatan.com - Hal yang satu ini mungkin aneh bagi masyarakat indonesia.Mencampurkan teh dengan sedikit susu..
Obat & Penyakit - 21 jam yang lalu

Sabun Anti Bakteri bisa atasi Bisul

Wartakesehatan - Bisul merupakan salah satu gangguan kulit yang umur terjadi. Bisul adalah benjolan merah pada kulit yang..

+Indeks