Dampak Buruk Kesehatan Sering Menggigit Kuku

Oleh : nurul kinanti | Kamis, 23 Mei 2019 | 10:17 WIB



Wartakesehatan.com -  Meski terlihat sepele, menggigit kuku sebenarnya bisa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh, lho.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini berbagai dampak buruk untuk kesehatan akibat kebiasaan menggigit kuku.

1. Infeksi

Infeksi pada kuku jari dapat terjadi apabila Anda sering menggigiti kuku, terutama dalam ukuran yang cukup besar. Pada saat kuku Anda tercabut, maka kulit halus di bawah kuku akan terlihat. Nah, bagian tersebut sangat rentan terkena bakteri yang bisa menyebabkan infeksi.

Infeksi yang paling sering terjadi pada daerah tersebut adalah paronikia. Paronikia adalah infeksi kulit yang muncul di sekitar kuku jari tangan dan kaki. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi bakteri dan jamur.

2. Herpetic whitlow

Bahaya dari sering menggigit kuku lainnya adalah terkena herpes tangan atau herpetic whitlow. Penyakit ini disebabkan oleh virus herpes simplex jenis 1 dan jenis 2.

Gejala yang paling sering muncul dari penyakit ini adalah demam dan rasa kebas pada jari yang terkena infeksi. Jika Anda mengalami tanda-tanda tersebut karena sering menggigiti kuku, segera periksakan ke dokter Anda untuk perawatan lebih lanjut.

3. Masalah pada gigi

Selain merusak kuku tangan Anda, kebiasaan ini juga membahayakan kesehatan gigi dan mulut Anda. Ternyata, posisi gigi Anda bisa bergeser dari tempatnya dan juga menyebabkan gigi atau email gigi pecah. Tidak hanya itu, gusi Anda juga berisiko tinggi terkena infeksi dan mengalami pembengkakan.

4. Peradangan pada kuku

Bahaya menggigit kuku paling umum adalah terjadinya peradangan dan pembengkakan pada jari kuku Anda. Hal tersebut disebabkan oleh air liur Anda yang mengandung komposisi kimia untuk memecah lemak dan molekul makanan.

Karena tujuannya untuk memperlancar pencernaan, air liur yang keluar saat menggigiti kuku membahayakan kulit jari Anda. Kondisi ini dapat menyebabkan peradangan, bibir pecah-pecah, dan merusak kulit di sekitar kuku Anda.

5. Pertumbuhan kuku tidak normal

Selain berefek buruk pada kesehatan Anda, kebiasaan menggigit kuku juga membuat kuku Anda tumbuh ke dalam. Lapisan generatif pada kuku Anda yang disebut dengan ‘matriks’ adalah sebuah tempat yang menjadi fondasi ketika kuku Anda tumbuh.

Jika kebiasaan ini dilanjutkan, lapisan tersebut dapat rusak dan menyebabkan pertumbuhan ke dalam atau kelainan pada kuku.

6. Sakit perut

Bahaya untuk kesehatan tubuh karena kebiasaan menggigiti kuku ini juga dapat membahayakan perut Anda. Hal tersebut disebabkan oleh bakteri yang ada di tangan Anda biasanya senang bersembunyi di balik kuku. Ketika Anda menggigit kuku, bukan tidak mungkin jika bakteri tersebut masuk ke dalam saluran pencernaan Anda. Agar tak mengalami ini, sebaiknya Anda menghentikan kebiasaan menggigit kuku ini. 




#Kesehatan #Menggigit Kuku #Dampak
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 17 menit yang lalu

Konsumsi Teh Hijau Berlebihan, ini Bahayanya!

Wartakesehatan.com - Selama ini teh hijau dikenal sebagai salah satu minuman yang memiliki manfaat kesehatan dan..
Obat & Penyakit - 9 jam yang lalu

Stop Kebiasaan Begadang, Tubuh bisa Rusak!

Wartakesehatan.com - Menurut para ahli, tidur bukan hanya untuk penghilang lelah. Studi terbaru menemukan bahwa kehilangan..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

5 Tips Atasi Sulit Tidur

Wartakesehatan.com - Tidur merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh manusia untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran...
Obat & Penyakit - 11 jam yang lalu

5 Cara Pintar Atasi Nyeri saat Haid

Wartakesehatan.com - Pada umumnya wanita merasakan nyeri atau kram perut saat haid (Dismenore) yang dapat berlangsung..
Ibu & Anak - 12 jam yang lalu

Penting! Ibu Hamil jaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Wartakesehatan.com - Kesehatan mulut dan gigi ibu hamil sebaiknya mendapat perhatian yang serius, bahkan sejak sebelum..
Mamin - 13 jam yang lalu

Basmi Jerawat Dengan Makanan Sehat ini!

Wartakesehatan.com - Wajah penuh jerawat dan terlihat kusam adalah tanda telah terjadi penumpukan racun dalam jumlah yang..
Tekhnologi - 13 jam yang lalu

ASUS VivoBook A409, Laptop Klasik dengan NanoEdge Display

Jakarta, Warkes.com - ASUS kembali menghadirkan laptop klasik mainstream ke pasaran Indonesia. Laptop sehari-hari yang..
Tekhnologi - 13 jam yang lalu

Sophia the Robot Gambaran Kecerdasan Manusia di Atas Manusia Buatan

Jakarta, Warkes.com – Bagaimanapun pintarnya robot, tentu merupakan sebuah program yang dalam hal ini dibuat oleh..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Kembangkan Sayap Bisnis di Yogyakarta Toys Kingdom Buku Toko ke Tiga-nya

Yogyakarta, Warkes.com - Toys Kingdom, pusat mainan dan hobi untuk segala usia kembali membuka toko terbaru tepatnya di Jogja..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Waspada, Ruang AC bisa bikin Gemuk

Wartakesehatan.com - Di jaman yang sudah modern ini, AC tampaknya telah jadi bagian kehidupan kita sehari-hari. Di kantor,..

+Indeks