Tips Sehat Jaga dan Turunkan Kadar Kolesterol

Oleh : Dirk/omediapc | Sabtu, 13 Juli 2019 | 12:10 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Tingginya kadar kolesterol dalam aliran darah dapat memblokir pembuluh darah dan meningkatkan kemungkinan penyakit jantung dan stroke dan kedua kondisi ini di Indonesia masuk dalam kategori ‘resiko tinggi’. Pertanyaannya adalah, “Bagaimana kita bisa mengalahkan kolesterol secara alami”?

Yang dibutuhkan untuk menangani kolesterol secara pasti tentulah dokter ahli yang lebih mengetahui, namun upaya sederhana dan mudah dilakukan adalah  pentingnya membuat beberapa perubahan dalam gaya hidup untuk menurunkan kolesterol “jahat” LDL dan meningkatkan kolesterol “baik” HDL dalam pola hidup sehat.

Spesialis kesehatan asal India, Kanchan Naikawadi, di New Delhi mengatakan cara mudah dan alami menjaga dan menurunkan kolesterol dalam tubuh:

  • Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung antioksidan yang dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) tanpa mengganggu tingkat kolesterol baik (HDL). Mengkonsumsi sekitar dua sendok makan (sekitar 23 gram) minyak zaitun per hari dapat memberikan manfaat kesehatan pada jantung yang alami dan menyehatkan

  • Omega 3

Asam lemak omega 3 dapat meningkatkan HDL. sumber makanan yang kaya Omega 3 bisa ditemukan pada ikan, biji rami, kacang-kacangan dan almond.

  • Bawang putih

Jangan anggap remeh bumbu dapur satu ini, selain mudah didapatkan, bawang putih yang biasa digunakan oleh ibu-ibu rumah tangga sebagai penambah bumbu masakan juga bisa bermanfaat buat untuk kesehatan kita. manfaat alami dari bawang putih adalah dapat menurunkan kolesterol, mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, dan melindungi terhadap infeksi.

  • Teh

Teh hitam merupakan senyawa yang memiliki pertahanan kuat terhadap kadar kolesterol LDL. Oleh karena itu disarankan untuk meminum satu cangkir teh hitam setiap hari.

  • Olahraga

Aktivitas fisik dengan berolahraga dapat membantu Anda mengontrol berat badan, dengan demikian, bisa mengurangi beban kondisi tubuh yang dapat meletakkan tekanan pada liver, seperti tekanan darah tinggi dan diabetes. Manfaat lain dari olahraga juga bisa mengurangi stres, yang merupakan faktor utama pada penyakit jantung. latihan selama 30 menit setiap hari dapat membantu dan menjaga tubuh anda tetap sehat dan bugar.




Fokus : Kolesterol


#Kolesterol
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Cuka Apel Bantu Menstabilkan Gula Darah

Wartakesehatan.com - Cuka apel konon bisa mengobati aneka masalah kesehatan. Ya, memang ada penelitian yang mendukung..
Obat & Penyakit - 2 jam yang lalu

Stop! Mengupil bisa Berakibat Kematian

Wartakesehatan.com - Bagi banyak orang mengupil adalah kegiatan yang menyenangkan kerap dilakukan setiap orang baik..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Manfaat Sehat dari Menyanyi

Wartakesehatan.com - Hal-hal apa sajakan yang kalian rasakan pada saat kalian berkaraoke ataupun setelah kalian berkaraoke..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Cegah Rabun dengan Terapi Peregangan Otot

Wartakesehatan.com - Beberapa Gangguan pada mata ternyata dapat disembuhkan dengan cara sederhana yaitu rutin mengkonsumsi..
Obat & Penyakit - 7 jam yang lalu

5 Hal Sumber Penyakit di Dalam Rumah

Wartakesehatan.com - Berada di dalam rumah, bukan berarti terhindar dari polusi. Menurut EPA (US Environmental Protection..
Obat & Penyakit - 8 jam yang lalu

Perut Buncit dapat Timbulkan 5 Penyakit ini

Wartakesehatan.com - Berat badan ideal dan tubuh langsing sangat dinginkan oleh setiap orang, terkhusus kaum hawa. Selain..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

Fakta Seputar Mandi Malam dan Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Bagi masyarakat perkotaan yang terbiasa berkegiatan hingga malam hari, mandi malam-malam menjadi..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Tingkatkan Kesuburan dengan Omega 3

Wartakesehatan - Sejak dulu telah dikatakan bahwa minyak ikan sangat baik bagi kesehatan tubuh, mulai dari jantung,..
Herbal - 21 jam yang lalu

5 Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com-Tidak banyak orang yang suka dengan makanan yang memiliki rasa pahit seperti buah pare. Padahal, pare kerap..
22 jam yang lalu

Rebusan Air Jahe Bubuk Bisa Anti-Nyeri.

Wartakesehatan.com - Penggunaan jahe dalam makanan atau minuman tergantung kesukaan masimg-masing. Bagi yang ingin lebih..

+Indeks