Meditasi Mampu Turunkan Tekanan Darah

Oleh : Dirk/lptn6 | Jumat, 06 September 2019 | 07:10 WIB


(ist)

Wartakesehatan - Beragam masalah kesehatan kerap kali bisa timbul akibat terjadinya tekanan darah tinggi atau hipertensi, salah satunya seperti stroke. Menurunkan tekanan darah dengan cara diet sehat dan olahraga terkadang tak mudah dijalani setiap orang yang menderita penyakit ini.

Bahkan, tak jarang diet dan olahraga mampu menurunkan tekanan darah Anda dengan cepat. Namun, sebuah penelitian dari American Heart Association menemukan cara mudah untuk menurunkan tekanan darah, bahkan tanpa mengonsumsi obat-obatan.

Lewat cara terbaru dari penelitian tersebut, Anda juga tidak perlu mengubah pola makan harian. Menurut peneliti studi Robert Brook dari University of Michigan, beberapa metode yang dapat menurunkan tekanan darah seperti olahraga dan diet rendah garam mungkin agak sulit diikuti oleh beberapa orang. Sehingga, mereka pun kesulitan menurunkan tekanan darahnya.

Selain itu, menurut Robert, ada banyak informasi sekaligus kesalahan terkait alternatif menurunkan tekanan darah tanpa minum obat atau cara alami.

Seperti melansir Prevention, dari hasil penelitian ada tiga cara alami yang dapat membantu Anda menurunkan hipertensi:

- Pertama, melatih genggaman dengan "handgrip isometrik". Ini dilakukan seperti menekan bola stres yang kenyal. Selain bisa meredakan stres, latihan genggaman ini bisa meningkatkan kemampuan pembuluh darah untuk lebih santai.

Cobalah untuk berlatih dengan cara dua kali meremas kemudian lepaskan, dan istirahat selama beberapa menit. Ulangi cara ini tiga kali dalam seminggu.

- Kedua, menarik napas yang dalam secara perlahan kemudian mengeluarkannya. Ini bisa mempengaruhi sistem saraf pusat dengan cara merelaksasi pembuluh darah sehingga memudahkan darah mengalir dan menurunkan tekanan.

Cobalah untuk melatih pernapasan ini selama dua menit saat Anda sedang bersantai.

- Ketiga, lakukan meditasi. Meski peneliti tidak mengetahui alasan meditasi dapat menurunkan tekanan darah, tapi peneliti berpikir bahwa meditasi dapat mengurangi stres yang mampu menyeimbangkan sistem saraf otonom yang bertanggung jawab membantu tubuh menjaga tekanan darah tetap normal.

Melakukan meditasi dengan metode transendental dapat efektif menenangkan pikiran Anda dari stres. Meditasi transendental merupakan meditasi dengan metode mengulangi suara atau mantra dengan mata tertutup.




Fokus : Meditasi


#Tekanan darah #Meditasi
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 52 menit yang lalu

Studi: Taoge bisa Turunkan Tekanan Darah

Wartakesehatan.com - Penelitian yang dilakukan oleh Astawan dkk. (1998) juga menunjukkan kecambah kedelai mempunyai..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Study : Tidur Siang Bisa Kurangi Resiko Jantung dan Stroke

Health, Warkes.com – Study terbaru telah menemukan bagaimana tidur siang memiliki efek yang sangat baik bagi kesehatan...
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Karena Salmonella, CDC Larang Manusia Berkegiatan Dengan Ayam

AS, Warkes.com – Mewabahnya kasus Salmonella terkait dengan unggas, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

UU SDA Swasta dan Pemerintah Dapat Mengelola Air Bersama

Jakarta, Warkes.com - Dengan diketuknya Undang-Undang (UU) Sumber Daya Air (SDA), artinya Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM)..
Obat & Penyakit - 4 jam yang lalu

Kabut Asap dan Ancaman Bahayanya

Wartakesehatan.com - Kabut asap yang diakibatkan kebakaran hutan serta lahan di daerah di riau dan..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

RUU SDA Sah Menjadi UU Masyarakat Diharap Tak Lagi Kekeringan

Jakarta, Warkes.com - Rancangan Undang-Undang Sumber Daya Air (RUU SDA) akhirnya disepakati bersama-sama, antara DPR RI dan..
Obat & Penyakit - 5 jam yang lalu

6 Penyebab Migrain yang Harus Diketahui

Wartakesehatan.com - Migrain adalah gangguan kronis yang ditandai dengan terjadinya sakit kepala ringan hingga berat yang..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Konsumsi Teh Hijau Berlebihan, ini Bahayanya!

Wartakesehatan.com - Selama ini teh hijau dikenal sebagai salah satu minuman yang memiliki manfaat kesehatan dan..
Obat & Penyakit - 15 jam yang lalu

Stop Kebiasaan Begadang, Tubuh bisa Rusak!

Wartakesehatan.com - Menurut para ahli, tidur bukan hanya untuk penghilang lelah. Studi terbaru menemukan bahwa kehilangan..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

5 Tips Atasi Sulit Tidur

Wartakesehatan.com - Tidur merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh manusia untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran...

+Indeks