Tidur Tanpa Bantal Miliki Manfaat Kesehatan

Oleh : Dirk/lptn6 | Senin, 10 Juni 2019 | 23:35 WIB


(ist)

Wartakesehatan - Tidur dengan menggunakan bantal di kepala memang diketahui bisa mendukung leher dan tulang belakang. Nyatanya, hal ini mungkin hanya mitos. Tapi jangan langsung membuang bantal Anda. Pastikan untuk mengikuti beberapa langkah berikut agar Anda bisa tetap tidur dengan nyaman malam ini.

Tidur tanpa bantal ternyata memiliki manfaat kesehatan seperti mengurangi sakit leher, punggung dan nyeri bahu, membuat tidur lebih berkualitas dan bahkan mengurangi keriput.

Seorang peneliti, Michael Tetley juga mengatakan, postur tidur alami dan menyehatkan ada pada orang nomaden dan penghuni hutan yang tidur tanpa alas kepala. Lebih jelasnya, berikut manfaat tidur tanpa bantal, seperti melansir Newhealthadvisor :

1. Baik untuk tulang belakang

Tidur tanpa bantal sambil telentang akan memungkinkan Anda untuk beristirahat secara alami. Sedangkan tidur di atas bantal tebal justru akan menyebabkan sakit tulang belakang dan nyeri punggung.

2. Mencegah keriput

Daripada tidur meringkuk, Anda lebih baik tidur telentang tanpa bantal. Hal ini akan mengurangi keriput di wajah.

3. Meningkatkan kualitas tidur

Seringkali, orang yang tidur dengan bantal yang besar cenderung lebih sering terbangun dan mendapatkan kualitas tidur yang buruk. Dengan menyingkirkan bantal dan membiarkan sisa tubuh secara alami, kualitas tidur biasanya membaik.

4. Mencegah nyeri leher

Ketimbang menggunakan bantalan panas untuk mengatasi nyeri leher, coba tidur tanpa bantal.

Langkah-langkah tidur tanpa bantal

Jika Anda ingin mencoba tidur tanpa bantal, lakukan transisi dengan hati-hati. Sebab bila Anda tidak terbiasa, hal ini juga bisa menyebabkan masalah. Namun ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan bila ingin mencobanya, seperti:

  • Gunakan handuk lipat sebagai bantal untuk minggu pertama. Mulailah dengan handuk pada ketinggian yang sama dengan bantal yang Anda gunakan saat ini. Kemudian secara bertahap kurangi ketinggian handuk.
  • Pastikan untuk menjaga leher Anda sejajar. Jika Anda berbaring telentang, pastikan bahwa dagu Anda tidak menunjuk ke arah langit-langit. Bagi sebagian orang, mungkin akan membantu untuk menjaga handuk tangan kecil dilipat dua sebagai bantal untuk memastikan keselarasan. Jangan ragu untuk bereksperimen untuk mencari tahu apa yang terbaik untuk Anda.
  • Melakukan beberapa peregangan fisik. Ketika Anda menurunkan ketinggian handuk, pastikan untuk meregangkan leher dan bahu.



Fokus : Tidur


#Tidur #Bantal
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 15 menit yang lalu

Cegah Iritasi Pembalut dengan 4 Tips ini!

Wartakesehatan.com - Pemakaian pembalut yang kurang berkualitas bisa membuat kulit menjadi iritasi. Hal ini disebabkan..
Obat & Penyakit - 1 jam yang lalu

Cara Alami Atasi Perut Kembung

Wartakesehatan.com - Perut kembung adalah kondisi dimana perut terasa kenyang walaupun belum makan, dan biasanya juga..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Banyak Hutang awas Dampaknya bagi Kesehatan!

Wartakesehatan.com - Mungkin besarnya utang sudah selalu dihubungkan dengan efek buruk bagi kesehatan. Beberapa ancaman..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Ketahui, 10 Kategori Mimpi Basah

Wartakesehatan.com - Mimpi basah atau dalam bahasa medis disebut emisi nokturnal adalah peristiwa alami yang dialami pria...
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

5 Manfaat Belimbing bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Belimbing merupakan buah yang berasal dari wilayah negara dengan iklim tropis. Belimbing merupakan..
Obat & Penyakit - 5 jam yang lalu

5 Tips Mencegah Ganasnya Diabetes

Wartakesehatan.com - Diabetes adalah penyakit jangka panjang yang ditandai dengan kadar gula darah yang sangat tinggi...
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Alasan Mengapa Kita Gampang Kehilangan Energi

Wartakesehatan.com - Banyak diantara kita yang sering kehilangan energi meski masih pagi hari. Biasanya tiba-tiba merasa..
Mamin - 7 jam yang lalu

Waspada, Daging Merah pengaruhi Raut Wajah

Wartakesehatan - Hampir setiap makanan seperti hamburger, steak atau jenis-jenis kuliner berbahan dasar daging sapi atau..
Mamin - 8 jam yang lalu

Ingin Anak Bertumbuh dengan Sehat berikan Makanan Bernutrisi

Wartakesehatan - Anak adalah salah satu pemberian Tuhan yang paling mulia oleh sebab itu kita harus menjaga dan mendidik dengan..
Obat & Penyakit - 9 jam yang lalu

Kenali Gangguan Jantung dan Tanda-tandanya!

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri beberapa orang percaya bahwa serangan jantung adalah penyakit yang menghantui orang tua,..

+Indeks