Depresi dipicu karena Kekurangan Vitamin B12

Oleh : Dirk/kompas | Jumat, 14 Juni 2019 | 16:10 WIB


(ist)

Wartakesehatan - Kekurangan vitamin B12 pada tubuh, bisa menyebabkan Anda mengalami serangkaian gangguan kesehatan, mulai dari konstipasi hingga kehilangan selera makan dan kesulitan berkonsentrasi.

Sebuah jurnal medis bahkan mengatakan, bahwa kekurangan vitamian B12 bisa menyebabkan gangguan psikiatrik Mary Todd Lincoln's, yaitu gangguan fisik termasuk perlukaan oral dan delusi. Lalu, apakah kekurangan vitamin B12 juga berkontribusi terhadap kondisi depresi? Dengan cara tertentu, ya!

"Kadar vitamin B12 yang rendah di dalam tubuh bisa memerburuk gejala depresi. Ini karena Anda membutuhkan vitamin ini untuk memroduksi hormon yang meregulasi mood yaitu hormon serotonin," kata Joseph Feuerstein, MD, profesor medis klinis Columbia University dan direktur pengobatan integratif Stamford Hospital, Connecticut.

Kekurangan vitamin B12 juga menyebabkan psikosis dan kehilangan memori yang bisa berujung pada dementia atau kepikunan.

Rata-rata orang dewasa perlu mengonsumsi 2.4 mikrogram B12 setiap hari. Anda bisa menemukannya di berbagai produk makanan hewani seperti daging, telur, susu dan keju.

Ada beberapa orang mengonsumsi B12 dalam bentuk suplemen. Ini tak akan berguna banyak jika Anda memiliki masalah penyerapan seperti IBS atau inflammatory bowel (penyakit radang usus) atau anemia pernisiosa.

Dalam hal ini, dokter dapat memberikan suntikan intramuskular sebulan sekali untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan apa yang Anda butuhkan.




Fokus : Depresi


#Vitamin #Depresi
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 31 menit yang lalu

4 Hal Ini Bantu Menghilangkan Stres

Wartakesehatan.com - Stres seringkali sulit untuk dihindari ya ladies. Tapi masak iya mau menghabiskan hidup hanya untuk..
Seks - 1 jam yang lalu

Pentingnya Mengetahui Kesehatan Vagina

Wartakesehatan.com - Vagina yang terletak di bawah area pinggul ini tidak memiliki sirkulasi udara yang bagus sehingga..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Minum Cokelat Panas Tingkatkan Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com - Tidak hanya membuat Anda hangat sepanjang musim dingin, cokelat panas ini juga dapat meningkatkan..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Sebatang Rokok Sehari Tingkatkan Kematian

Wartakesehatan.com -  Studi belum lama ini menemukan, satu batang rokok sehari dapat meningkatkan risiko kematian..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Nanas bisa bikin Gigi Putih Alami

Wartakesehatan.com - Gigi putih bisa menjadi satu tanda kesehatan gigi dan mulut yang terjaga. Dengan gigi yang putih,..
Mamin - 5 jam yang lalu

Makan Ikan Lele Beri Manfaat Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Ikan lele sekarang merupakan jenis ikan air tawar yang sering banyak Anda jumpai di pasar. Sebab Ikan..
Ibu & Anak - 6 jam yang lalu

Daftar Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Wartakesehatan.com - Mitos hamil mengatakan bahwa ibu hamil ketika makan adalah untuk dua orang, jadi kapasitas dan..
Mamin - 7 jam yang lalu

Makanan Ini Bantu Cegah Serangan Jantung

Wartakesehatan.com - Salah satu penyebab umum serangan jantung adalah pembuluh arteri yang tersumbat. Seperti yang dikutip..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

4 Manfaat Sehat Konsumsi Jahe

Wartakesehatan.com - Mengonsumsi jahe berguna untuk menghangatkan tubuh. Di Makassar, meminum olahan jahe seperti sarabba..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Bahan Alami Ini Mampu Turunkan Kolesterol Jahat

Wartakesehatan.com - Terdapat sederet pencetus tingginya kolesterol jahat, salah satunya karena terlalu banyak menyantap..

+Indeks