Obesitas pada Anak Dipicu oleh Penyakit Asma

Oleh : Dirk/metro | Jumat, 14 Juni 2019 | 17:15 WIB


(ist)

Wartakesehatan - Percaya atau tidak ternyata obesitas dan asma saling berhubungan hal ini dibenarkan oleh sebuah studi bahwa seseorang yang mengalami obesitas di masa kecil atau remaja cenderung mengalami obesitas.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa anak kecil penderita asma cenderung mengalami obesitas sebesar 51 persen dalam 10 tahun ke depan dibandingkan dengan anak yang tidak mengalaminya.

"Diagnosis dan pengobatan dini bisa membantu mencegah epidemik obesitas saat kecil," ujar Frank D. Gilliland, profesor di University of Southern California (USC), Amerika Serikat.

Meskipun belum kelas apakah anak dengan asma memiliki risiko obesitas lebih besar, atau justru sebaliknya, mereka mengungkapkan bahwa asma dan obesitas memberi efek buruk pada satu sama lain.

Salah satu penyebab mengapa anak asma bisa mengalami obasitas adalah karena masalah pernapasan tersbeut membuat penderita menjadi sedikit bergerak atau berolahraga.

Selain itu, efek samping dari pengobatan asma adalah penambahan berat badan. Dampaknya, penderita bisa terkena penyakit metabolik lain, seperti prediabetes dan diabetes tipe 2 kelak.

"Hasil studi juga juga menunjukkan bahwa inhaler asma juga bisa membantu mencegah obesitas pada anak. Meskipun penelitian ini menggaransi studi selanjutnya, menarik mengetahui adalah korelasi antara aktivitas fisik dengan penggunaan obat-obatan asma," tambahnya.

Studi tersebut menanalisa data dari 2.171 anak taman kanak-kanak dan kelas satu di mana 13,5 persen di antaranya terkena asma, namun tidak obesitas. Sepuluh tahun kemudian, sebanyak 15,8 persen dari mereka terkena obesitas.




Fokus : Obesitas


#Anak #Asma #Obesitas
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 jam yang lalu

4 Hal Ini Bantu Menghilangkan Stres

Wartakesehatan.com - Stres seringkali sulit untuk dihindari ya ladies. Tapi masak iya mau menghabiskan hidup hanya untuk..
Seks - 2 jam yang lalu

Pentingnya Mengetahui Kesehatan Vagina

Wartakesehatan.com - Vagina yang terletak di bawah area pinggul ini tidak memiliki sirkulasi udara yang bagus sehingga..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Minum Cokelat Panas Tingkatkan Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com - Tidak hanya membuat Anda hangat sepanjang musim dingin, cokelat panas ini juga dapat meningkatkan..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Sebatang Rokok Sehari Tingkatkan Kematian

Wartakesehatan.com -  Studi belum lama ini menemukan, satu batang rokok sehari dapat meningkatkan risiko kematian..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Nanas bisa bikin Gigi Putih Alami

Wartakesehatan.com - Gigi putih bisa menjadi satu tanda kesehatan gigi dan mulut yang terjaga. Dengan gigi yang putih,..
Mamin - 6 jam yang lalu

Makan Ikan Lele Beri Manfaat Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Ikan lele sekarang merupakan jenis ikan air tawar yang sering banyak Anda jumpai di pasar. Sebab Ikan..
Ibu & Anak - 7 jam yang lalu

Daftar Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Wartakesehatan.com - Mitos hamil mengatakan bahwa ibu hamil ketika makan adalah untuk dua orang, jadi kapasitas dan..
Mamin - 8 jam yang lalu

Makanan Ini Bantu Cegah Serangan Jantung

Wartakesehatan.com - Salah satu penyebab umum serangan jantung adalah pembuluh arteri yang tersumbat. Seperti yang dikutip..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

4 Manfaat Sehat Konsumsi Jahe

Wartakesehatan.com - Mengonsumsi jahe berguna untuk menghangatkan tubuh. Di Makassar, meminum olahan jahe seperti sarabba..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Bahan Alami Ini Mampu Turunkan Kolesterol Jahat

Wartakesehatan.com - Terdapat sederet pencetus tingginya kolesterol jahat, salah satunya karena terlalu banyak menyantap..

+Indeks