Makanan yang Bisa Mengobati Tidur Mendengkur

Oleh : Dirk/okezone | Jumat, 14 Juni 2019 | 21:35 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Mendengkur terjadi ketika aliran udara melalui mulut dan hidung terhambat. Otot-otot pada bagian belakang mulut, lidah dan tenggorokan yang lemas berlebihan akan menghambat saluran napas.

Lalu, ketika Anda bernapas, langit-langit lunak dan uvula (bagian berdaging menggantung di belakang mulut) akan bergetar dan menyentuh bagian belakang tenggorokan. Alhasil, getaran tersebut akan mempersempit saluran pernapasan, sehingga aliran udara menjadi lebih besar dan meningkatkan getaran jaringan yang pada akhirnya menimbulkan suara mendengkur.

Kondisi ini tidak bisa dianggap sepele, karena mendengkur rentan terhadap sejumlah gangguan kesehatan, termasuk sleep apnea. Sleep apnea dapat menyebabkan masalah seperti gangguan pernapasan, sering mengalami gangguan tidur, tekanan darah tinggi dan tekanan pada jantung, serta kelelahan kronis.

Terlepas dari berhenti merokok dan lepas dari kebiasaan minum alkohol, menjalankan diet yang sehat juga dapat mengobati tidur mendengkur. Berikut adalah lima makanan yang dapat mengobati kebiasaan tidur mendengkur seperti dilansir dari laman Boldsky:

1. Madu

Pembengkakan di tenggorokan yang menyebabkan mendengkur dapat diobati jika mengonsumsi madu, karena memiliki sifat anti-inflamasi. Minumlah secangkir teh ditambah madu sebelum tidur untuk mengobati tidur mendengkur.

2. Ikan dan minyak ikan

Ikan adalah obat alami berikutnya untuk mengobati kebiasaan tidur mendengkur, selain minyak ikan. Ikan mengandung asam omega 3 dan 6, yaitu asam lemak yang memproduksi kolesterol baik dan menghentikan produksi kolesterol jahat. Hal ini akan membantu mengurangi akumulasi lemak di sekitar tenggorokan, saluran hidung dan membersihkan saluran udara.

3. Susu kedelai

Minum susu kedelai sebagai pengganti susu sapi yang dapat menyebabkan mendengkur. Protein khusus dalam susu sapi dapat menyebabkan reaksi alergi yang serius yang pada akhirnya meningkatkan kemacetan di bagian hidung, di mana pada akhirnya jadi mendengkur.

4. Kunyit

Kunyit selama ini dikenal dapat mengobati beberapa penyakit. Selain itu, kunyit juga berguna dalam menyembuhkan peradangan dan mencegah mendengkur, berkat sifat antiseptik dan antibiotik.

5. Diet rendah karbohidrat

Diet rendah karbohidrat dapat membantu mengobati ktidur mendengkur dengan mengendalikan keseimbangan insulin. Sleep apnea adalah komponen dari sindrom resistensi insulin dan diet rendah karbohidrat dapat mencegah sleep apnea.




Fokus : Mendengkur


#Makanan #Tidur #Mendengkur
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Penyebab Sering Berkeringat di Malam Hari

Wartakesehatan.com - Sering berkeringat dimalam hari selain karena suhu yang panas, itu juga bisa menjadi tanda..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

5 Manfaat Konsumsi Cabai Hijau bagi Tubuh

Wartakesehatan - Cabai hijau adalah salah satu bumbu dapur yang sangat terkenal di Indonesia. Bukan hanya sebagai bumbu..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Manfaat Sehat Yogurt bagi Wanita

Wartakesehatan - Yogurt merupakan fermentasi gula susu (laktosa) menjadi asam laktat, yang membuatnya mengental dan..
Obat & Penyakit - 4 hari yang lalu

Waspadai, 4 Gejala Penyakit Kanker

Wartakesehatan - Kanker merupakan penyakit paling mematikan di dunia, selain menyerang organ bahkan sel-sel tertentu..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Manfaat Sehat Kacang Almond

Wartakesehatan.com - Almond merupakan sumber protein baik yang mengandung asam lemak esensial, vitamin E, dan magnesium,"..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Redakan Nyeri Menstruasi dengan 6 Cara ini!

Wartakesehatan - Siklus bulanan bagi wanita atau menstruasi terjadi ketika remaja pada usia 10 tahun. Bagi wanita..
Mamin - 4 hari yang lalu

7 Sayuran yang Kaya Vitamin K

Wartakesehatan.com - Vitamin memang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita , agar tubuh selalu sehat. Misalkan vitamin K..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Pepaya Bermanfaat bagi Kesehatan Wanita

Wartakesehatan.com - Pepaya merupakan buah yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan sekarang sudah menyebar luas dan..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Waspada, Reaksi Gigitan Nyamuk

Wartakesehatan.com - Beberapa penyakit bisa didatangkan oleh nyamuk, salah satunya demam berdarah. Seringkali kita anggap..
Mamin - 4 hari yang lalu

4 Makanan ini, Bersihkan Paru-paru Perokok

Wartakesehatan - Tak bisa dipungkiri sejak anak-anak, remaja hingga dewasa kita telah diperingatkan tentang bahaya..

+Indeks