Dampak Tak Terduga Dari Diabetes

Oleh : Dirk Christ | Selasa, 18 Juni 2019 | 19:10 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Menurut Osama Hamdy Direktur Inpatient Diabetes Program at the Joslin Diabetes Center, Boston, diabetes seperti rayap yang dapat menyebabkan kerusakan lambat, tersembunyi namun signifikan berbahaya dalam tubuh.

Diabetes telah dikaitkan dengan tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, obesitas, sindrom metabolik, penyakit jantung koroner, gagal ginjal, kerusakan saraf dan masalah pada kehamilan. Kebanyakan penderita diabetes tahap 2 meninggal akibat serangan jantung.

Sementara itu, bukti-bukti baru terus meningkat bahwa diabetes dapat mempengaruhi setiap sistem dalam tubuh dan dapat berbahaya jika tidak dikelola dengan baik. 

Ini adalah beberapa efek samping atau dampak yang tak terduga dari diabetes dan bagaimana cara Anda untuk melindungi diri.

1. Penyakit gusi
Orang dengan diabetes lebih mungkin mengembangkan penyakit periodontal, infeksi pada gusi dan tulang yang dapat menyebabkan masalah mengunyah yang menyakitkan dan kehilangan gigi. Ini disebabkan karena sebagian gula darah mengubah kolagen di semua jaringan tubuh dan sedikitnya peningkatan kerentanan terhadap segala jenis infeksi.

Namun, tidak semua penyakit gusi disebabkan oleh diabetes. Penyakit radang gusi atau pengembangan dalam abses dapat meningkatkan gula darah dan membuat diabetes lebih sulit dikontrol. Untuk mencegaah penyakit ini, gunakan sikat dan benang gigi setiap hari serta gunakan obat kumur antiseptik ringan untuk menghilangkan plak.

2. Kesulitan melakukan seks
Hingga 75 persen pria dengan diabetes akan mengalami peningkatan disfungsi ereksi. Disfungsi ereksi bisa karena psikologis atau karena berkurangnya testosteron. Turunnya testosteron umumnya terjadi di antara orang-orang dengan diabetes, terutama mereka yang mengalami obesitas.

Namun, pada penderita yang telah lama mengidap diabetes, perubahan pembuluh darah dan pasokan saraf ke penis bisa menjadi penyebabnya. Cobalah bicarakan dengan dokter jika Anda mengalami masalah tersebut.

3. Gangguan pendengaran
Masalah pada pendengaran dua kali lebih umum terjadi pada penderita diabetes. Bahkan, pada orang dengan pra-diabetes, memiliki tingkat gangguan pendengaran 30 persen lebih tinggi dari rata-rata. 

Diabetes dapat menyebabkan gangguan pendengaran dengan merusak pembuluh darah kecil di telinga bagian dalam, dan dengan cara yang sama itu dapat merusak pembuluh darah di mata dan ginjal. Cara terbaik untuk melindungi pendengaran Anda adalah untuk menjaga kadar gula darah Anda selalu dicek.

4. Infeksi kulit
Memiliki diabetes menaikkan risiko mengalami semua jenis masalah kulit termasuk infeksi bakteri seperti bisul dan infeksi saluran kemih, jamur dan gatal-gatal. Infeksi jamur mungkin bisa jadi tanda pertama diabetes pada seseorang yang belum terdiagnosis. Infeksi kulit sendiri dapat dikaitkan dengan masalah obesitas karena adanya tempat-tempat lembap di antara lipatan kulit yang dapat berkembang menjadi bakteri dan jamur. 

Ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh dapat melemah. Bakteri dan jamur selain bisa menyerang vagina wanita, ini juga bisa terjadi pada pria. Karena, beberapa jenis obat diabetes dapat meningkatkan ekskresi glukosa dalam urine yang memicu pertumbuhan bakteri dan jamur.

5. Sleep apnea
Gangguan tidur ini berpotensi serius karena otot-otot tenggorokan sesaat santai dan kemudian memblokir jalan napas selama tidur. Dan ini biasanya mempengaruhi sekitar 50 persen penderita diabetes. Tanda paling jelas Anda mengalami sleep apnea obstruktif adalah mendengkur yang kencang. Sleep apnea dapat memperburuk kontrol diabetes.

Sebuah studi di American Journal of Respiratory Critical Care Medicine 2014 menemukan bahwa, sleep apnea obstruktif dapat meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes sebesar 30 persen atau lebih
.




Fokus : Diabetes


#Diabetes
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 4 hari yang lalu

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Anak Agar Imunitas Kuat dengan Lytacur

Wartakesehatan.com - Semua orang bisa terinfeksi virus corona Covid-19. Karena virus menyerang dan menginfeksi siapa saja tanpa..
Obat & Penyakit - 5 hari yang lalu

Demam dan Batuk Kering Belum Tentu Corona, Ini Strategi Terapi Alaminya!

Wartakesehatan.com - Kasus positif COVID-19 terus berkembang, berdasarkan data Kementerian Kesehatan kasus positif Covid-19..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

TB. Hasanuddin: Penerapan New Normal Tanpa Persiapan Matang Akan Timbulkan Kematian Massal

Wartakesehatan.com - Indonesia bersiap memasuki fase New Normal atau penormalan baru ditengah pandemi covid-19. Sejumlah..
Tekhnologi - 2 minggu yang lalu

Helm Cerdas Deteksi Corona Sangat Penting dan Perlu

Wartakesehatan.com -  Polda Riau memberikan contoh inisiatif dan inovasi dalam perjuangannya melawan pandemi coronavirus...
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Di Tengah Pandemi, Hasanuddin Kunjungi Dapil dan Bagikan Ribuan Masker dan Sembako 

Wartakesehatan.com - Di tengah pandemi covid-19 dan jelang Hari Raya Idul Fitri ini, anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Covid-19, Sunan Kalijaga Gandeng Nikita Mirzani Baksos ke Markas TNI

Wartakesehatan.com - Ditengah pandemi Covid-19, Pengacara Sunan Kalijaga Bersama Artis dan Forum Kader Bela Negara (FKBN)..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

BPOM: Biasakan Minum Obat Herbal dan Suplemen Kesehatan untuk Daya Tahan Tubuh Menghadapi Pandemi COVID-19

Wartakesehatan.com -  Pandemi COVID-19 membuat sebagian besar masyarakat lebih sadar pentingnya menjaga kesehatan. Salah..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Studi: Sistem Imun Krusial dalam Melawan Infeksi Virus Corona

Wartakesehat.com - Sebuah penelitian di Australia dalam jurnal Nature Medicine menyimpulkan, sistem imun..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

8 Cara Jaga Imun tetap Sehat Lawan Virus Corona

Wartakesehatan.com - Untuk melindungi diri dari paparan virus corona, masyarakat dunia telah banyak menjalankan langkah..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Imunomodulator untuk Cegah Virus Masuk Tubuh

Wartakesehatan.com - Membekali diri dengan cara cegah infeksi virus, dapat “membentengi” tubuh Anda dari berbagai..

+Indeks