Jaga Kesehatan Usus dengan 5 Makanan ini!

Oleh : Dirk/kompas | Rabu, 19 Juni 2019 | 16:10 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Usus merupakan organ tubuh yang harus dijaga agar selalu sehat dan bekerja secara optimal. Usus berfungsi untuk menyerap vitamin dan juga lemak larut, air, natrium. 

Semakin sehat usus Anda, maka akan semakin baik dalam mencerna makanan, sehingga dapat mengurangi risiko perut yang kembung dan mencegah gangguan pencernaan.

Nah, berikut ini merupakan beberapa makanan yang dapat membantu menjaga usu Anda . Yukk sumak ulasannya :

1. Biji flax seeds

Biji flax seeds adalah biji yang berasalal dari bunga flax. Duduk sambil menikmati smeangkuk besar flax seeds mungkin terdengar tak menarik, tapi Anda bisa menggunakannya untuk ditambahkan pada smoothies, sereal, dan makanan lain. Flax seeds meningkatkan kandungan serat pada setiap makanan dan mengandung phytonutrients. Flax seeds juga merupakan sumber lemak omega 3 alami, yang sudah diketahui sangat bermanfaat bagi kesehatan.

2. Bawang putih

Jenis sayuran ini telah lama diteliti sebagai antibakteri alami. Beberapa penelitian kecil telah menghubungkan peningkatan konsumsi bawang putih untuk menurunkan adenoma, pertumbuhan non kanker dalam usus besar. Senyawa alami dalam bawang putih seperti selenium, arginin, dan ajoene yang bertanggungjawab pada manfaat kesehatan, termasuk membuang kotoran dari dalam tubuh dan membantu memeprbaiki mekanisme tubuh Anda. 

Sebagai catatan, studi hanya menggunakan bawang putih mentah, bubuk, dan minyak untuk penyembuhan, serta menyebutkan bahwa penggunaan bawang putih berlebihan dapat menyebabkan gejala sakit lambung, termasuk diare.

3. Kacang-kacangan

Kacang merah mengandung rendah lemak, kaya protein, sumber nutrisi yang benar-benar akan memberi makan bakteri baik dalam tubuh. Kacang-kacangan juga merupakan sumber folat dan antioksidan, serta protein tumbuhan lignan dan saponin. Saponin dapat memningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kacang-kacangan, seperti kacang merah memiliki nutrisi serbaguna yang bisa dihidangkan baik sebagai lauk maupun makanan utama.

4. Probiotik

Bakteri baik akan membantu memecah dan menghilangkan “limbah” dari tubuh Anda. Dalam keadaan normal, usus tidak memerlukan probiotik. Namun, ketika Anda mengalami gangguan pencernaan, seperti diare atau kembung, makanan fermentasi seperti yoghurt atau kefir dapat membantu memberikan suntikan bakteri baik yang dibutuhkan untuk menyeimbangkan sistem dalam tubuh.

5. Sayuran hijau gelap

Ketika disebut sayuran berwarna hijau gelap, kebanyakan orang akan langsung membayangkan seikat bayam. Padahal, banyak jenis sayuran berdaun hijau gelap seperti kale atau romaine. Makanan yang berasal dari tumbuhan ini mengandung serat uang dapat membantu membersihkan usus, bersama dengan folat dan vitamin serta mineral.

Satu hal penting yang harus dicatat adalah bahwa tidak semua sayuran berdaun hijau diciptakan sama. Semangkuk selada misalnya, hampir tidak memiliki nutrisi penting. Psalnya komponen utamanya adalah air. Catatan lain adalah, semakin gelap warna hijaunya, semakin banyak manfaatnya bagi tubuh.




Fokus : Usus


#Makanan #Usus
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 5 hari yang lalu

Penyebab Sering Berkeringat di Malam Hari

Wartakesehatan.com - Sering berkeringat dimalam hari selain karena suhu yang panas, itu juga bisa menjadi tanda..
Warta Sehat - 5 hari yang lalu

5 Manfaat Konsumsi Cabai Hijau bagi Tubuh

Wartakesehatan - Cabai hijau adalah salah satu bumbu dapur yang sangat terkenal di Indonesia. Bukan hanya sebagai bumbu..
Warta Sehat - 5 hari yang lalu

Manfaat Sehat Yogurt bagi Wanita

Wartakesehatan - Yogurt merupakan fermentasi gula susu (laktosa) menjadi asam laktat, yang membuatnya mengental dan..
Obat & Penyakit - 5 hari yang lalu

Waspadai, 4 Gejala Penyakit Kanker

Wartakesehatan - Kanker merupakan penyakit paling mematikan di dunia, selain menyerang organ bahkan sel-sel tertentu..
Warta Sehat - 5 hari yang lalu

Manfaat Sehat Kacang Almond

Wartakesehatan.com - Almond merupakan sumber protein baik yang mengandung asam lemak esensial, vitamin E, dan magnesium,"..
Warta Sehat - 5 hari yang lalu

Redakan Nyeri Menstruasi dengan 6 Cara ini!

Wartakesehatan - Siklus bulanan bagi wanita atau menstruasi terjadi ketika remaja pada usia 10 tahun. Bagi wanita..
Mamin - 5 hari yang lalu

7 Sayuran yang Kaya Vitamin K

Wartakesehatan.com - Vitamin memang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita , agar tubuh selalu sehat. Misalkan vitamin K..
Warta Sehat - 5 hari yang lalu

Pepaya Bermanfaat bagi Kesehatan Wanita

Wartakesehatan.com - Pepaya merupakan buah yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan sekarang sudah menyebar luas dan..
Warta Sehat - 5 hari yang lalu

Waspada, Reaksi Gigitan Nyamuk

Wartakesehatan.com - Beberapa penyakit bisa didatangkan oleh nyamuk, salah satunya demam berdarah. Seringkali kita anggap..
Mamin - 5 hari yang lalu

4 Makanan ini, Bersihkan Paru-paru Perokok

Wartakesehatan - Tak bisa dipungkiri sejak anak-anak, remaja hingga dewasa kita telah diperingatkan tentang bahaya..

+Indeks