Makan Tempe Ternyata Jauh Lebih Sehat

Oleh : Dirk/okezone | Senin, 24 Juni 2019 | 17:10 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Tempe merupakan salah satu produk olahan dari kacang kedelai tetapi kandungan nutrisinya jauh lebih tinggi dibandingkan produk olahan serupa ataupun kacang kedelai utuhnya. Hal ini dikatakan Prof. Dr. FG Winarno yang juga dijuluki Bapak Food Science dan Teknologi Indonesia ketika ditemui di Jakarta.

"Tempe gizinya jauh lebih tinggi daripada tahu, apalagi kedelai mentah. Tempe sangat baik dikonsumsi siapapun," kata pria yang akrab disapa Prof. Winarno ini.

Beliau juga menjelaskan dalam tempe terdapat beberapa zat dan nutrisi yang dihasilkan dari proses pembuatan maupun bahan tambahan dalam pembuatan tempe.

"Kapang atau ragi yang digunakan itu punya peran aktif memecah zat-zat dalam kedelai sehingga terfermentasi dan ketika dimakan kandungan nutrisinya bisa diserap tubuh dengan cepat dan efisien. Tempe juga tinggi akan fitamin B12 yang tidak didapatkan pada produk olahan kedelai lainnya," lanjut Prof. Winarno.

Oleh karenanya tempe disarankan untuk jadi makanan pendamping ketika mengonsumsi makanan utama. Tempe bisa dan boleh dikonsumsi siapapun, harganya yang murah meriah membuat tempe banyak diburu orang. Tempe di Indonesia sudah sangat populer dan diakui sebagai makanan asli Indonesia. Dengan banyak makan tempe maka produk ini tidak akan diakui oleh bangsa lain terutama negara tetangga.




Fokus : Tempe


#Tempe
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 5 menit yang lalu

Waspada, Stres Pengaruhi Kesehatan Jantung

Wartakesehatan - Percaya atau tidak ternyata stres berkaitan dengan mengalami serangan jantung, hal ini ditemukan oleh..
Mamin - 12 jam yang lalu

Makanan Terbaik untuk Program Diet Anda

Wartakesehatan.com - Saat memilih jenis makanan, anda harus memilih makanan yang terutama mengandung serat lebih banyak,..
Obat & Penyakit - 13 jam yang lalu

Obati Batuk dan Flu dengan Kunyit

Wartakesehatan - Musim hujan yang datang tak menentu sering membawa bakteri dan virus yang bisa membuat kita mengalami..
Mamin - 14 jam yang lalu

Makanan Cepat Saji bisa Merusak Hormon

Wartakesehatan - Bila Anda ingin sehat, sebaiknya lupakan kesukaan mengonsumsi makanan cepat saji atau fast..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Ini Dia Manfaat Konsumsi Buah Naga

Wartakesehatan.com - Buah naga termasuk dalam tanaman kaktus-kaktusan. Buah naga ada yang berwarna merah dan ada yang..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Menangis Membuang Racun Pada Tubuh

Wartakesehatan.com - Air mata yang menetes berasal dari kelenjar lakrimal atau saluran air mata. Tak hanya untuk meluapkan..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Tidur Siang bisa Tingkatkan Sistem Kerja Otak

Wartakesehatan.com - Bagi para pekerja yang memiliki ritme beraktivitas mulai pagi hingga malam hari, tidur siang..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

4 Asupan Sehat Ini Ternyata picu Ngantuk Siang Hari

Wartakesehatan - Untuk membangkitkan semangat tubuh, mungkin kita bisa memanfaatkan khasiat dengan mengkonsumsi beberapa..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

Mulai Memasuki Masa Menopause, Ini Ciri-cirinya

Wartakesehatan.com - Menurut penelitian, wanita yang akan memasuki masa menopause akan dimulai dengan tanda terjadinya:-..
Ibu & Anak - 20 jam yang lalu

Alasan Ilmiah Ibu Hamil Dilarang Merokok

Wartakesehatan.com - Wanita hamil dilarang konsumsi jamu, tidak boleh olahraga terlalu berat, tidak boleh terlalu capek dan..

+Indeks