Membaca Novel Baik untuk Kesehatan Otak

Oleh : Dirk Christ | Sabtu, 14 Desember 2019 | 10:30 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com -Ternyata terlalu sering membaca novel akan membuat perubahan pada otak. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Emory University, Amerika Serikat, keseringan membaca novel akan membuat dampak besar kepada otak Anda, seperti dikutip dari lifehack.org.

Para peneliti membuat sebuah simulasi yang terdiri dari 21 siswa. Mereka diminta untuk membaca novel Pompeii yang ditulis oleh Robert Harris, setiap harinya selama sembilan hari penuh tiap malam.

Mereka hanya diperbolehkan membaca novel tersebut 1/9 bagian tiap harinya dan menjalani serangkaian tes Functional Magnetic Resonance Imaging atau FMRI pada otak mereka. Tes ini dilaksanakan lima hari sebelum membaca novel, saat membaca novel, dan lima hari setelah membaca novel.

Ternyata akibat yang dihasilkan dari sering membaca novel terlihat sangat positif. Terjadi perbedaan yang jauh antara tidak membaca novel dan yang gemar membacanya secara sering. 

Terlihat bahwa konektifitas antar sel di otak meningkat, bahkan makin meningkat hingga menjelang puncak cerita. Selain berdampak meningkatnya kemampuan imajinasi pada otak, sering membaca novel juga meningkatkan kemampuan bahasa.

Hal ini terjadi karena sang pembaca novel, sering menjadi tokoh utama atau menempatkan dirinya ada dalam cerita yang dibaca, sebagai seorang manusia. Sang pembaca hadir pada setiap sisi cerita dan memahami semuanya lewat interpretasi kata. Sehingga imajinasi, kreativitas dan kemampuan bahasa meningkat pesat.




Fokus : Membaca


#Kesehatan #Otak #Membaca #Novel
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Bersepeda Menurunkan Resiko Beberapa Penyakit

Wartakesehatan.com - Rutin bersepeda juga memiliki manfaat untuk menurunkan risiko sejumlah penyakit kronis, seperti diabetes..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Manfaat Kesehatan Kacang-Kacangan Bagi Anda

Wartakesehatan.com - Nutritionist dari Metropolitan State University of Denver, Malena Perdomo, MS, RDN, CDE menuturkan..
Herbal - 2 jam yang lalu

5 Manfaat Buah Timun Suri

Wartakesehatan.com -Inilah 5 Manfaat Buah Timun Suri Yang Tidak Kita Ketahui   1. Memperlembut Kulit Kandungan..
Herbal - 3 jam yang lalu

Manfaat Kopi Tanpa Gula

Wartakesehatan.com-Minum kopi sudah menjadi candu bagi para penikmatnya. Setiap harinya, para penikmat tak melewatkan secangkir..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Penyebab Bintik Merah Pada Ibu Hamil Muda

Wartakesehatan.com-Adanya timbul bintik-bintik merah pada kulit ibu hamil  merupakan gejala yang disebut dengan ruam. Ruam..
Herbal - 5 jam yang lalu

5 Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com-Tidak banyak orang yang suka dengan makanan yang memiliki rasa pahit seperti buah pare. Padahal, pare kerap..
Obat & Penyakit - 5 jam yang lalu

Cacing Tanah Barmanfaat Untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com-Manfaat cacing tanah untuk kesehatan sudah banyak yang tahu. Salah satunya ekstrak cacing dalam bentuk..
Seks - 5 jam yang lalu

Wanita Berdada Besar Rentan Terkena Penyakit Pernapasan

Wartakesehatan.com-Wanita yang memiliki payudara besar ternyata tak hanya berisiko menderita sakit punggung, namun juga..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Faktor yang Menyebabkan Perbedaan Pertumbuhan Anak

Wartakesehatan.com - Anaknya tumbuh sehat Tentu merupakan keinginan setiap orangtua untuk melihatnya. Pada beberapa..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Penyebab Nyeri Perut Bagian Kanan Bawah

Wartakesehatan - Sakit perut memang suatu keluhan yang umum terjadi pada seseorang. Lokasi bagian perut yang terasa sakit..

+Indeks