Kafein Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Oleh : Dirk Christ | Kamis, 27 Juni 2019 | 12:05 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Penelitian menunjukkan, kafein ternyata membantu kemampuan orang-orang untuk mengemudi. Salah satu efek akut, seseorang yang mengonsumsi kafein dapat menyebabkan overdosis.

Untuk mengurangi efek kafein, ahli medis Dr John Torres menyarankan, pengemudi beralih ke minuman kopi yang dingin karena mengandung lebih sedikit kafein. Kafein juga berhubungan dengan kortisol (hormon steroid).

Kortisol akan memuncak sekitar 20 menit sampai 30 menit setelah Anda bangun di pagi hari. Untuk menjaga hormon kortisol tetap stabil, konsumsi kafein dapat mengurangi efektivitas kafein dari waktu ke waktu. Anda bisa minum secangkir kopi di tengah hari saat tingkat kortisol lebih rendah.

Tingkatkan daya tahan tubuh

Dilansir dari laman NBC News, studi ilmiah menjelaskan, kafein meningkatkan daya tahan tubuh. Kafein membuat otot membakar lebih banyak lemak. Hasil pembakaran itulah digunakan sebagai sumber energi sehingga Anda bisa bersemangat untuk bekerja.

Perlu diingat, bila asupan kafein berlebihan dapat menurunkan kinerja. Anda cukup minum secangkir sekitar satu jam sebelum memulai aktivitas.

Daya otak meningkat

Kafein memengaruhi otak secara positif. Penelitian menunjukkan, kafein dapat meningkatkan konsentrasi otak.

Tingkat kewaspadaan juga meningkat. Namun, konsumsi kafein berlebihan dapat menyebabkan gelisah dan mudah marah.

"Jika Anda minum terlalu banyak, Anda mungkin mengalami gejala umum seperti kegelisahan, lekas marah, dan sakit perut. Bagi orang lain, efek samping yang lebih serius bisa menyebabkan kerja jantung lebih cepat atau kerja jantung menjadi terhambat," jelasnya.




Fokus : Kafein


#Tubuh #Kafein
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Liputan Khusus - 21 jam yang lalu

Masjid Nurul Hikmah Terapkan Protokol Kesehatan & Konsisten Jaga Kualitas Daging Qurban

Wartakesehatan.com - Rangkaian pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020 pada tahun ini sangat dipengaruhi dengan situasi..
Liputan Khusus - 1 hari yang lalu

Daging Qurban Masjid Al Falah Terpantau & Terapkan Protokol Kesehatan

Pelaksanaan pemotongan hewan qurban di Masjid Al Falah Cipayung Jakarta Timur.
Herbal - 2 minggu yang lalu

Kelompok Usia Produktif Waspadai PTM

Wartakesehatan.com -- Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan menunjukkan bahwa saat ini perkembangan Penyakit Tidak..
Herbal - 2 minggu yang lalu

Cegah Virus dengan Herbal

Wartakesehatan.com - Antivirus corona berbasis tanaman eucalyptus belakangan ini ramai diperbincangkan. Potensi antivirus..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

Menkes Sebut Meniran Hijau untuk Penanggulangan Covid-19

Wartakesehatan.com - Menteri Kesehatan Terawan patut diberikan apreasiasi dengan sebutan bapak Herbal karena mendukung Obat..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Awas! Protokol Kesehatan Anak di Sekolah Bisa Jadi Cluster Baru

Wartakesehatan.com - Banyak pihak yang meminta pemerintah menunda untuk melaksanan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Cegah Penularan Droplet dengan Masker di Mana Saja

Wartakesehatan.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui munculnya bukti-bukti yang melihat virus Corona COVID-19 bisa..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Waspadai Droplet di Ruangan tertutup

Wartakesehatan.com - New Normal membuat sebagian kantor-kantor buka dan para karyawan kembali bekerja sedia kala, namun masih..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Mikrodoplet Menakutkan di Lingkungan Kantor, Ini Cara Pencegahannya

Wartakesehatan.com - Belakangan ini ramai diperbincangkan tentang penularan virus Corona melalui mikrodroplet. Droplet..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Mikrodoplet dan Tips Pencegahannya

Wartakesehatan.com - Penularan virus Corona melalui udara hingga bersin disertai batuk yang menyebar hingga menjadi mikrodoplet..

+Indeks