Kerja Lembur Meningkatkan Risiko Kanker Payudara

Oleh : Dirk/1health | Kamis, 27 Juni 2019 | 18:10 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Terlepas dari masalah profesional kerja, ternyata bekerja hingga larut malam dapat berdampak buruk untuk kesehatan.Hal tersebut terjadi karena Anda dipaksa untuk tetap terjaga di saat tubuh sudah membutuhkan istirahat. 

Berikut ini adalah beberapa dampak negatif kerja lembur yang perlu Anda ketahui.

Menyebabkan depresi
Terlalu sering kerja pada malam hari membuat hormon serotonin menjadi rendah. Saat kadar hormon ini rendah dalam tubuh, maka Anda akan sering mengalami perubahan suasana hati, mudah marah, mudah cemas, dan berakhir dengan depresi.

Mengganggu siklus tidur
Pada otak terdapat sebuah bagian yang dikenal sebagai siklus sirkadian. Bagian ini bertanggung jawab mengatur semua fungsi tubuh termasuk siklus tidur. Jika Anda terlalu sering bekerja pada malam hari, maka akan menggangu siklus tidur ini. Kemudian pada akhirnya akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Menurunkan sistem metabolisme tubuh
Terganggunya siklus sirkadian dalam tubuh juga akan memengaruhi pengaturan hormon, terutamanya rendahnya kadar hormon leptin yang mengatur metabolisme tubuh. Akibatnya akan muncul gangguan sistem metabolisme.

Menyebabkan obesitas dan diabetes
Kerja malam hari akan menganggu metabolisme tubuh. Hal tersebut akan membuat kadar hormon dalam tubuh juga terganggu. Salah satu hormon yang ikut terganggu adalah hormon leptin. Hormon leptin berpengaruh terhadap kadar insulin dan gula darah. Sehingga, risiko Anda untuk mengalami obesitas dan diabetes juga akan semakin meningkat.

Meningkatkan risiko kanker payudara
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa wanita yang bekerja hingga larut malam memiliki risiko kanker payudara lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang memiliki jam kerja normal. Hal tersebut dicurigai lantaran kerja hingga larut malam dapat menurunkan daya tahan tubuh. Untuk itu ada baiknya atur kembali jadwal bekerja Anda.




Fokus : Kanker payudara


#Kanker #Kerja
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Liputan Khusus - 5 hari yang lalu

Idul Adha 1441 H : Masjid Baiturrahman & Al-Islam Cipayung Ikuti Protokol Kesehatan

Wartakesehatan.com - Dalam menjalankan rangkaian ibadah Idul Adha 1441 H/2020 M pada tahun ini sangat berbeda sekali dari..
Liputan Khusus - 5 hari yang lalu

Lurah Cipayung Tinjau Penerapan Protokol Kesehatan Saat Idul Adha 1441 H/2020

Wartakesehatan.com - Masih tingginya penyebaran wabah Covid-19 di wilayah DKI Jakarta menjadi perhatian bagi pemangku kebijakan..
Liputan Khusus - 6 hari yang lalu

Masjid Nurul Hikmah Terapkan Protokol Kesehatan & Konsisten Jaga Kualitas Daging Qurban

Wartakesehatan.com - Rangkaian pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020 pada tahun ini sangat dipengaruhi dengan situasi..
Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

Daging Qurban Masjid Al Falah Terpantau & Terapkan Protokol Kesehatan

Pelaksanaan pemotongan hewan qurban di Masjid Al Falah Cipayung Jakarta Timur.
Herbal - 3 minggu yang lalu

Kelompok Usia Produktif Waspadai PTM

Wartakesehatan.com -- Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan menunjukkan bahwa saat ini perkembangan Penyakit Tidak..
Herbal - 3 minggu yang lalu

Cegah Virus dengan Herbal

Wartakesehatan.com - Antivirus corona berbasis tanaman eucalyptus belakangan ini ramai diperbincangkan. Potensi antivirus..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Menkes Sebut Meniran Hijau untuk Penanggulangan Covid-19

Wartakesehatan.com - Menteri Kesehatan Terawan patut diberikan apreasiasi dengan sebutan bapak Herbal karena mendukung Obat..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Awas! Protokol Kesehatan Anak di Sekolah Bisa Jadi Cluster Baru

Wartakesehatan.com - Banyak pihak yang meminta pemerintah menunda untuk melaksanan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Cegah Penularan Droplet dengan Masker di Mana Saja

Wartakesehatan.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui munculnya bukti-bukti yang melihat virus Corona COVID-19 bisa..
Warta Sehat - 4 minggu yang lalu

Waspadai Droplet di Ruangan tertutup

Wartakesehatan.com - New Normal membuat sebagian kantor-kantor buka dan para karyawan kembali bekerja sedia kala, namun masih..

+Indeks