Gemar Baca Buku Bisa Lebih Panjang Umur?

Oleh : Dirk/lptn6 | Selasa, 26 Nopember 2019 | 10:35 WIB


(ist)

Wartakesehatan - Di era globalisasi yang serba teknologi seperti saat ini, kepopuleran buku atau segala bentuk sajian informasi hasil mesin percetakan kian menurun. Salah satu hasil dari kemajuan teknologi, yaitu internet, telah dijadikan instrumen untuk mempermudah semua orang mengakses informasi dari berbagai sumber sekaligus tanpa harus bergerak.

Meski terkesan tidak ada yang bisa menandingi manfaat positif internet, ada satu fakta menarik soal membaca buku yang akan membuat aktivitas tersebut beberapa langkah lebih unggul dari kecanggihan teknologi apa pun.

Seperti diberitakan New York Times, yang ditulis, fakta tersebut merupakan kesimpulan akhir sebuah penelitian yang mana berupaya mengungkap adanya keterkaitan aktivitas membaca buku dengan jangka waktu hidup manusia.

Seperti yang telah disimpulkan dalam jurnal Social Science & Medicine, seseorang yang gemar membaca buku berpeluang untuk menikmati hidup lebih lama.

Sebanyak 3.635 data orang dijadikan bahan dasar penelitian tersebut. Satu kelompok berisikan 50 orang terlibat dalam studi kesehatan terpisah di mana setiap individu diminta menjawab pertanyaan khusus soal membaca saja.

Para ilmuwan membagi sampel menjadi tiga kelompok: mereka yang tidak membaca buku, mereka yang menghabiskan waktu hingga tiga setengah jam setiap minggunya untuk membaca buku, dan mereka yang menghabiskan waktu lebih dari tiga setengah jam setiap minggunya untuk membaca buku.

Setelah diteliti, para ilmuwan mengatakan, kebanyakan dari mereka yang gemar membaca buku adalah wanita dengan pendidikan sekaligus pendapatan tinggi. Jenis kelamin, pendapatan, pendidikan merupakan tiga faktor utama yang perannya sangat penting dalam penelitian tersebut.

Adapula faktor lainnya seperti usia, ras, kesehatan, depresi, pekerjaan dan status perkawinan yang tidak kalah penting guna membantu para ilmuwan menemukan hasil paling akurat.

Dibandingkan dengan mereka yang tidak gemar membaca buku, mereka yang suka membaca buku dengan durasi tercatat kurang lebih tiga setengah jam setiap minggunya memiliki 17 persen kemungkinan untuk hidup lebih panjang dan risiko kematian minim.

Mereka yang menghabiskan waktu lebih dari tiga setengah jam setiap minggunya untuk membaca buku memiliki 23 persen kemungkinan untuk hidup lebih panjang dan risiko kematian jauh lebih minim dibandingkan kelompok lainnya.

Secara garis besar, orang yang suka membaca buku hidup rata-rata hampir dua tahun lebih lama daripada mereka yang tidak membaca sama sekali.

“Mereka yang menyisihkan waktu setidaknya setengah jam saja untuk membaca buku memiliki peluang untuk hidup lama dibandingkan mereka yang tidak punya waktu dan kemauan untuk membaca buku,” kata salah seorang ilmuwan sekaligus profesor epidemiologi di Yale University, Becca R. Levy.

“Namun, kemungkinan bertahan hidup juga tetap bergantung pada faktor pendukung lainnya seperti, kekayaan, pendidikan, kapasitas atau tolak ukur kemampuan kognitif dan variabel lainnya,” tutupnya.

Jadi, Anda pilih yang mana: raup informasi cepat lewat internet namun hanya memiliki waktu singkat untuk melakukannya? Atau raup informasi secara perlahan-lahan lewat buku dan dianugerahi waktu yang lebih panjang untuk melakukannya?




Fokus : Baca Buku


#Umur #Buku
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 6 menit yang lalu

Traveling Terbukti Membuat Anda Lebih Sehat

Wartakesehatan.com - Sebuah studi menunjukkan, traveling terbukti membuat Anda lebih sehat dan awet muda. The Global..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Mandi Pagi Memberikan Manfaat Sehat

Wartakesehatan.com - Mandi pagi tidak hanya membersihkan kotoran yang menempel di tubuh namun juga menyegarkan badan kita...
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

4 Nutrisi Penting bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Energi dalam tubuh berfungsi untuk memelihara dan membangun jaringan dalam tubuh. Sehingga untuk..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

5 Faktor Pikun Bisa Datang Lebih Cepat

Wartakesehatan - Seiring bertambahnya usia, setiap tentu bisa saja akan mengalami demensia atau yang biasa dikenal dengan..
Obat & Penyakit - 4 jam yang lalu

7 Tips yang Baik dilakukan saat Sakit

Wartakesehatan.com - Sebenarnya ada beberapa macam faktor yang dapat mengakibatkan tubuh dapat mengalami sakit serta..
Ibu & Anak - 5 jam yang lalu

Wanita Optimis Cenderung Berumur Panjang

Wartakesehatan - Bagi para kaum perempuan, ternyata ada suatu cara mudah untuk memastikan hidup lebih lama atau memilki..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Mengeluarkan Kentut Berarti Tubuh Anda Sehat

Wartakesehatan.com - Buang angin merupakan salah satu hal yang sehat dan normal. Mulai dari presiden sampai rakyat paling..
Mamin - 17 jam yang lalu

Makanan Khas Korea Ini Miliki Manfaat Sehat

Wartakesehatan.com - Kimchi merupakan makanan khas korea. Makanan ini mengandung vitamin A, B1, B2, dan C. Selain itu ,..
Mamin - 18 jam yang lalu

3 Manfaat Konsumsi Sayur Bayam

Wartakesehatan - Bayam adalah salah satu sayurang yang cukup populer bagi masyarakatkarena mudah ditemukan di..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

Si Salmon, Ikan yang Berkhasiat dan Bergizi

Wartakesehatan.com - Selain dikenal sebagai ikan yang unik, Ikan Salmon juga terkenal sebagai ikan dengan kandungan gizi..

+Indeks