Find us on:

Ini Dampaknya Jika Memencet Jerawat

Oleh : Dirk/1health | Minggu, 08 September 2019 | 18:30 WIB


(ist)

Wartakesehatan - Setiap orang tentunya pernah mengalami masalah timbulnya jerawat pada wajah. Selain mengganggu dan membuat tidak nyaman, jerawat juga dapat merusak rasa percaya diri. Banyak orang yang merasa gemas, hingga kemudian memencet jerawat. Mereka berharap tindakan tersebut dapat menghilangkan jerawat dengan lebih cepat.

Jerawat terjadi akibat minyak alami kulit terperangkap di bawah permukaan kulit dan bercampur dengan bakteri sehingga menyebabkan peradangan. Memencet jerawat bukanlah solusi terbaik untuk mengatasi jerawat. Jerawat yang dipencet akan membuat jerawat semakin parah. Apalagi bila dipencet saat wajah dalam keadaan masih penuh riasan dan dengan menggunakan tangan yang tidak steril. Tindakan memencet jerawat akan menyebabkan kulit iritasi dan menimbulkan bekas luka yang sulit untuk dihilangkan.

Saat memencet jerawat, Anda telah membiarkan bakteri masuk ke lapisan kulit Anda semakin dalam. Hal tersebutlah yang dapat menyebabkan kulit iritasi dan semakin memerah. Jerawat yang teriritasi dan dibiarkan tanpa ada tindakan pengobatan lebih lanjut akan menyebabkan jerawat menjadi infeksi. Saat sudah infeksi, penyembuhan jerawat akan memakan waktu yang lebih lama lagi. Jadi sebaiknya Anda mengatasi jerawat dengan cara yang tepat. Gunakanlah obat jerawat dan sabun pembersih wajah yang direkomendasikan dokter. Dengan penanganan yang tepat maka jerawat akan sembuh dalam tiga hingga tujuh hari.

Jerawat memang merupakan hal yang sering terjadi. Setiap orang pasti pernah merasakan jerawat minimal satu kali dalam hidupnya. Beberapa hal yang dapat memengaruhi timbulnya jerawat di antaranya adalah genetik, hormon, dan stres. Cobalah mengenali ketiga faktor tersebut. Bila Anda memiliki riwayat keluarga dengan jerawat, Anda perlu memberikan perawatan ekstra terhadap wajah Anda. Sementara itu hindarilah stres dan terapkan pola makan sehat agar tubuh memiliki kekebalan yang lebih kuat untuk melawan bakteri penyebab jerawat.

Gunakanlah pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Bila Anda merasakan keluhan pada kulit wajah akibat penggunaan produk perawatan tertentu, segeralah konsultasikan dengan dokter. Jangan sampai muncul jerawat yang kemudian dapat berisiko menimbulkan gangguan kesehatan lain yang lebih serius.




Fokus : Jerawat


#Jerawat
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

PSBB Jilid II, Mari Kita Saling Jaga

Wartakesehatan.com -Keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam menerapkan kembali pembatasan sosial berskala besar..
Obat & Penyakit - 1 minggu yang lalu

Obat Herbal untuk OTG Perkuat Imun Tubuh

Wartakesehatan.com - Obat khusus untuk para pasien yang terinfeksi Virus Corona (Covid-19) hingga saat ini masih belum..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Ini Aturan untuk Pengunjung Hotel saat PSBB Jilid II

Wartakesehatan.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membatasi aktivitas pengunjung di hotel pada pembatasan sosial berskala..
Liputan Khusus - 2 minggu yang lalu

PAC PDI Perjuangan Cipayung Peduli : Teragendakan & Memutus Penyebaran Covid-19

Wartakesehatan.com - Keterlibatan dan kepedulian organisasi politik PDI Perjuangan dalam rangka mengantisipasi penyebaran wabah..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Anies Tarik Rem Darurat, Ingat Perkuat Imun Tubuh

Wartakesehatan.com - Kasus COVID-19 makin parah di Jakarta, banyak cluster-cluster baru yang ditemukan saat ini, bahkan..
3 minggu yang lalu

Satgas Remaja Anti Narkoba : Pengmas & Realisasi Tridarma UPN Veteran Jakarta

Wartakesehatan.com - Permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat Indonesia maupun secara global semakin hari tak..
Liputan Khusus - 3 minggu yang lalu

UPN Veteran Jakarta Bersinergi, Lantik Satgas Remaja Anti Narkoba

Wartakesehatan.com - Kepedulian pemerintah, dunia pendidikan dan pihak terkait serta keterlibatan kelompok masyarakat terhadap..
Liputan Khusus - 1 bulan yang lalu

PAC PDI Perjuangan Cipayung Gelar Bakti Sosial : Antisipasi Penyebaran Covid-19

Wartakesehatan.com - Peran maupun kepedulian dari berbagai pihak mengatasi penanganan pandemi Covid-19 terus berlangsung,..
Liputan Khusus - 1 bulan yang lalu

Razia Masker Berlanjut Di Kecamatan Cipayung, Pelanggar Dikenakan Sanksi

Wartakesehatan.com - Penyebaran wabah Covid-19 di tanah air maupun secara global yang belum terkendali menjadi tanggung jawab..
Obat & Penyakit - 1 bulan yang lalu

Dua Kombinasi Ini untuk Penyembuhan Pasien OTG

Wartakesehatan.com - Perhimpunan Dokter Paru Indonesia menegaskan bahwa saat ini ada sejumlah kombinasi cara pengobatan untuk..

+Indeks