Ini Dampaknya Jika Memencet Jerawat

Oleh : Dirk/1health | Minggu, 08 September 2019 | 18:30 WIB


(ist)

Wartakesehatan - Setiap orang tentunya pernah mengalami masalah timbulnya jerawat pada wajah. Selain mengganggu dan membuat tidak nyaman, jerawat juga dapat merusak rasa percaya diri. Banyak orang yang merasa gemas, hingga kemudian memencet jerawat. Mereka berharap tindakan tersebut dapat menghilangkan jerawat dengan lebih cepat.

Jerawat terjadi akibat minyak alami kulit terperangkap di bawah permukaan kulit dan bercampur dengan bakteri sehingga menyebabkan peradangan. Memencet jerawat bukanlah solusi terbaik untuk mengatasi jerawat. Jerawat yang dipencet akan membuat jerawat semakin parah. Apalagi bila dipencet saat wajah dalam keadaan masih penuh riasan dan dengan menggunakan tangan yang tidak steril. Tindakan memencet jerawat akan menyebabkan kulit iritasi dan menimbulkan bekas luka yang sulit untuk dihilangkan.

Saat memencet jerawat, Anda telah membiarkan bakteri masuk ke lapisan kulit Anda semakin dalam. Hal tersebutlah yang dapat menyebabkan kulit iritasi dan semakin memerah. Jerawat yang teriritasi dan dibiarkan tanpa ada tindakan pengobatan lebih lanjut akan menyebabkan jerawat menjadi infeksi. Saat sudah infeksi, penyembuhan jerawat akan memakan waktu yang lebih lama lagi. Jadi sebaiknya Anda mengatasi jerawat dengan cara yang tepat. Gunakanlah obat jerawat dan sabun pembersih wajah yang direkomendasikan dokter. Dengan penanganan yang tepat maka jerawat akan sembuh dalam tiga hingga tujuh hari.

Jerawat memang merupakan hal yang sering terjadi. Setiap orang pasti pernah merasakan jerawat minimal satu kali dalam hidupnya. Beberapa hal yang dapat memengaruhi timbulnya jerawat di antaranya adalah genetik, hormon, dan stres. Cobalah mengenali ketiga faktor tersebut. Bila Anda memiliki riwayat keluarga dengan jerawat, Anda perlu memberikan perawatan ekstra terhadap wajah Anda. Sementara itu hindarilah stres dan terapkan pola makan sehat agar tubuh memiliki kekebalan yang lebih kuat untuk melawan bakteri penyebab jerawat.

Gunakanlah pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Bila Anda merasakan keluhan pada kulit wajah akibat penggunaan produk perawatan tertentu, segeralah konsultasikan dengan dokter. Jangan sampai muncul jerawat yang kemudian dapat berisiko menimbulkan gangguan kesehatan lain yang lebih serius.




Fokus : Jerawat


#Jerawat
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Ibu & Anak - 8 jam yang lalu

3 Posisi Tidur yang tepat bagi Ibu Hamil

Wartakesehatan.com – Seperti yang kita tahu bahwa tidur sangat baik bagi kesehatan namun posisi tidur menentukan..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

Inilah Manfaat Menangis bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Air mata yang menetes berasal dari kelenjar lakrimal atau saluran air mata. Tak hanya untuk meluapkan..
Mamin - 10 jam yang lalu

Konsumsi Ikan miliki Manfaat ini!

Wartakesehatan.com - Tubuh memang perlu dirawat dan dijaga , salah satunya dengan asupan makanan yang Anda konsumsi...
Konsultasi - 10 jam yang lalu

Tips Dan Cara Menghilangkan Luka Gores Dengan Cepat

Wartakesehatan.com-Dari anak kecil hingga orang dewasa, luka akibat goresan sudah umum terjadi. Perawatan bekas luka gores..
Herbal - 12 jam yang lalu

Mengonsumsi Tomat Bisa Menurunkan Tekanan Darah

Wartakesehatan.com-Ada banyak cara menurunkan tekanan darah, yang alami jika Anda didiagnosis memiliki..
Mamin - 13 jam yang lalu

5 Manfaat Sehat Pisang Merah

Wartakesehatan - Berbicara tentang pisang pasti semua orang mengetahui bentuk fisik serta warna kuning yang selalu..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Turunkan Berat Badan dengan Jus Alami

Wartakesehatan - Memiliki berat badan yang ideal adalah impian setiap orang khususnya wanita. Biasanya cara yang sering..
Obat & Penyakit - 16 jam yang lalu

Awas, Empat Kebiasaan yang Merusak Gigi

Warttakesehatan.com - Pernahkah Anda merasakan sakit gigi ? Tentunya pernah, di saat sakit  Anda bisa kehilangan..
Obat & Penyakit - 17 jam yang lalu

4 Cara Sederhana Cegah Perut Mulas

Wartakesehatan.com - Sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan timbulnya perut mulas, salah satunya dari pengaruh makanan...
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

6 Cara sederhana atasi Sariawan

Wartakesehatan - Sariawan tentu saja pernah dialami setiap orang, selain rasa perih di dalam mulut sariawan sangat..

+Indeks