Kebisaan Buruk Pekerja Saat Makan Siang

Oleh : Dirk/tempo | Kamis, 05 Desember 2019 | 13:30 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Ada banyak juga orang yang makan siang sambil bekerja. Akibatnya, mereka tidak memakan menu makan siangnya dengan baik, yang pada akhirnya akan mengganggu sistem pencernaan tubuhnya.

Hal ini biasanya dianggap yang wajar dilakukan. Karena ada pemikiran bisa menyelesaikan dua hal sekaligus, yakni mengisi perut sekaligus pekerjaan, lebih baik. Padahal kebiasaan tersebut sangatlah buruk, dan bisa mengganggu kesehatan Anda dalam jangka waktu cukup lama. 

Berikut beberapa kebiasaan buruk yang sering kali dilakukan pegawai saat makan siang.

Makan terburu-buru

Jika makan siang selalu terburu-buru, Anda dapat memilih makanan dengan sembarangan, sehingga kebanyakan memakan makanan yang tidak bergizi dan memiliki kandungan gula yang tinggi. Makanan manis dan tinggi karbohidrat saat makan siang akan menyebabkan menurunnya energi pada sore hari. Makanan tersebut akan memberikan ledakan energi yang cepat tapi kemudian Anda akan mengalami penurunan cepat kadar gula darah, sehingga Anda lelah dan lesu.

Protein, di sisi lain, akan memperlambat pelepasan gula dari karbohidrat ke aliran darah Anda dan meninggalkan Anda rasa kenyang yang lebih lama dengan lebih banyak energi.

Tidak istirahat setelah makan siang

Mengambil waktu istirahat setelah makan siang memberikan tubuh Anda kesempatan untuk melepaskan cholecystokinin atau CCK. Hormon ini yang memungkinkan otak kita untuk merekam dan memerintahkan agar tidak merasa lapar lagi.

Makan dengan cepat

Ahli gizi, Shona Wilkinson, mengatakan makan dengan cepat dapat merusak kesehatan tubuh untuk berbagai alasan. Dia juga menyarankan agar ketika makan posisi tubuh tegak, bukan  membungkuk di atas meja. Makan sambil duduk tegak meningkatkan pencernaan Anda, mengurangi kembung, dan ketidaknyamanan.

Malas mengunyah

Mengunyah setiap suapan secara perlahan dan menyeluruh juga melepaskan lebih banyak nutrisi dari makanan, sehingga membuat tubuh lebih sehat. Sedangkan menelan potongan makanan sekaligus tanpa mengunyah dengan baik dapat partikel tidak tercerna untuk fermentasi dalam usus, menyebabkan lebih kembung.




Fokus : Makan Siang


#Makan #Siang #Pekerja
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 57 menit yang lalu

Manfaat Sehat dari Konsumsi Buah Nangka

Wartakesehatan.com - Nangka merupakan salah satu nama buah yang sudah tidak asing bagi mayoritas masyarakat di Indonesia...
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Kol Goreng Bahaya Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com-Makan seporsi ayam goreng atau pecel lele rasanya kurang lengkap tanpa adanya kol goreng. Jika dahulu kol..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Naik Turun Tangga Kantor ,Apakah Termasuk Olahraga?

Wartakesehatan.com-Sulit untuk mencari waktu berolahraga ketika Anda berada di kantor. Naik turun tangga di kantor bahkan..
Seks - 3 jam yang lalu

Menahan Ejikulasi? Ini Yang Terjadi Pada Tubuh Anda

Wartakesehatan.com-Menahan atau menunda ejakulasi merupakan salah satu cara mengatasi ejakulasi dini. Cara ini disebut juga..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Asupan Kaya Kalsium dan Vitamin D yang Baik

Wartakesehatan.com - Nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga tulang tetap sehat, dua di antaranya yang paling penting..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Berhenti Merokok Malah Sakit,Itu Pertanda Baik

Wartakesehatan.com-Selalu ada pertanyaan, mengapa ketika berhenti merokok malah membuat tubuh jadi sakit. Berhenti merokok pada..
5 jam yang lalu

Apakah Makanan Diet Anda Sehat ?

Wartakesehatan.com - Apa sudah yakin kalau makanan yang harus dikonsumsi itu benar-benar sehat? Dikutip dari..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Diet Buah Sehat Penurun Berat Badan

Wartakesehatan.com - Mau diet jenis apapun, buah kerap direkomendasikan masuk ke dalam menu harian. Buah pun bisa Anda jadikan..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Jenis Olahraga Untuk Kesehatan Mental

Wartakesehatan.com - Menurut penelitian, olahraga yang dilakukan dalam waktu 30 menit atau lebih setiap hari dapat..
Herbal - 7 jam yang lalu

Manfaat Dari Kemenyan

Wartakesehatan.com-Kemenyan adalah getah pohon yang termasuk dalam species Stryraz. Nama lain untuk kemenyan adalah..

+Indeks