Kebisaan Buruk Pekerja Saat Makan Siang

Oleh : Dirk/tempo | Kamis, 05 Desember 2019 | 13:30 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Ada banyak juga orang yang makan siang sambil bekerja. Akibatnya, mereka tidak memakan menu makan siangnya dengan baik, yang pada akhirnya akan mengganggu sistem pencernaan tubuhnya.

Hal ini biasanya dianggap yang wajar dilakukan. Karena ada pemikiran bisa menyelesaikan dua hal sekaligus, yakni mengisi perut sekaligus pekerjaan, lebih baik. Padahal kebiasaan tersebut sangatlah buruk, dan bisa mengganggu kesehatan Anda dalam jangka waktu cukup lama. 

Berikut beberapa kebiasaan buruk yang sering kali dilakukan pegawai saat makan siang.

Makan terburu-buru

Jika makan siang selalu terburu-buru, Anda dapat memilih makanan dengan sembarangan, sehingga kebanyakan memakan makanan yang tidak bergizi dan memiliki kandungan gula yang tinggi. Makanan manis dan tinggi karbohidrat saat makan siang akan menyebabkan menurunnya energi pada sore hari. Makanan tersebut akan memberikan ledakan energi yang cepat tapi kemudian Anda akan mengalami penurunan cepat kadar gula darah, sehingga Anda lelah dan lesu.

Protein, di sisi lain, akan memperlambat pelepasan gula dari karbohidrat ke aliran darah Anda dan meninggalkan Anda rasa kenyang yang lebih lama dengan lebih banyak energi.

Tidak istirahat setelah makan siang

Mengambil waktu istirahat setelah makan siang memberikan tubuh Anda kesempatan untuk melepaskan cholecystokinin atau CCK. Hormon ini yang memungkinkan otak kita untuk merekam dan memerintahkan agar tidak merasa lapar lagi.

Makan dengan cepat

Ahli gizi, Shona Wilkinson, mengatakan makan dengan cepat dapat merusak kesehatan tubuh untuk berbagai alasan. Dia juga menyarankan agar ketika makan posisi tubuh tegak, bukan  membungkuk di atas meja. Makan sambil duduk tegak meningkatkan pencernaan Anda, mengurangi kembung, dan ketidaknyamanan.

Malas mengunyah

Mengunyah setiap suapan secara perlahan dan menyeluruh juga melepaskan lebih banyak nutrisi dari makanan, sehingga membuat tubuh lebih sehat. Sedangkan menelan potongan makanan sekaligus tanpa mengunyah dengan baik dapat partikel tidak tercerna untuk fermentasi dalam usus, menyebabkan lebih kembung.




Fokus : Makan Siang


#Makan #Siang #Pekerja
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Liputan Khusus - 6 hari yang lalu

Idul Adha 1441 H : Masjid Baiturrahman & Al-Islam Cipayung Ikuti Protokol Kesehatan

Wartakesehatan.com - Dalam menjalankan rangkaian ibadah Idul Adha 1441 H/2020 M pada tahun ini sangat berbeda sekali dari..
Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

Lurah Cipayung Tinjau Penerapan Protokol Kesehatan Saat Idul Adha 1441 H/2020

Wartakesehatan.com - Masih tingginya penyebaran wabah Covid-19 di wilayah DKI Jakarta menjadi perhatian bagi pemangku kebijakan..
Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

Masjid Nurul Hikmah Terapkan Protokol Kesehatan & Konsisten Jaga Kualitas Daging Qurban

Wartakesehatan.com - Rangkaian pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020 pada tahun ini sangat dipengaruhi dengan situasi..
Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

Daging Qurban Masjid Al Falah Terpantau & Terapkan Protokol Kesehatan

Pelaksanaan pemotongan hewan qurban di Masjid Al Falah Cipayung Jakarta Timur.
Herbal - 3 minggu yang lalu

Kelompok Usia Produktif Waspadai PTM

Wartakesehatan.com -- Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan menunjukkan bahwa saat ini perkembangan Penyakit Tidak..
Herbal - 3 minggu yang lalu

Cegah Virus dengan Herbal

Wartakesehatan.com - Antivirus corona berbasis tanaman eucalyptus belakangan ini ramai diperbincangkan. Potensi antivirus..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Menkes Sebut Meniran Hijau untuk Penanggulangan Covid-19

Wartakesehatan.com - Menteri Kesehatan Terawan patut diberikan apreasiasi dengan sebutan bapak Herbal karena mendukung Obat..
Warta Sehat - 4 minggu yang lalu

Awas! Protokol Kesehatan Anak di Sekolah Bisa Jadi Cluster Baru

Wartakesehatan.com - Banyak pihak yang meminta pemerintah menunda untuk melaksanan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah..
Warta Sehat - 4 minggu yang lalu

Cegah Penularan Droplet dengan Masker di Mana Saja

Wartakesehatan.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui munculnya bukti-bukti yang melihat virus Corona COVID-19 bisa..
Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

Waspadai Droplet di Ruangan tertutup

Wartakesehatan.com - New Normal membuat sebagian kantor-kantor buka dan para karyawan kembali bekerja sedia kala, namun masih..

+Indeks