3 Cara Atasi Uban Tumbuh Dini

Oleh : Dirk/1health | Senin, 13 Januari 2020 | 10:35 WIB


(ist)

Wartakesehatan - Setiap orang tentunya akan mengalami sebuah proses pertumbuhan rambut yang turut disertai dengan uban. Uban biasanya akan muncul saat seseorang sudah berusia matang. Umumnya, orang Asia akan mulai tumbuh uban di usia 30-an akhir. Namun ada sebagian orang yang sudah beruban saat masih berusia muda, bahkan di awal usia 20-an. Kebanyakan dari mereka yang mengalami juga tidak mengetahui mengapa hal tersebut terjadi pada mereka.

Beruban di usia muda bukan berarti Anda memiliki masalah dengan kesehatan. Rambut berubah menjadi uban saat sel yang memproduksi warna berhenti memproduksi pigmen yang disebut dengan melanin. Banyak orang yang menganggap munculnya uban erat kaitannya dengan stres. Namun hingga kini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa stres dapat menyebabkan munculnya uban lebih cepat.

Penyebab timbulnya uban dini bisa diakibatkan oleh faktor genetik, kekurangan vitamin B12, merokok dan perawatan rambut yang salah. Berikut beberapa cara yang digunakan untuk mengatasi tumbuh uban.

Pertama, apabila penyebab uban di rambut Anda adalah karena faktor genetik, cobalah untuk membuat rambut Anda menjadi lebih modis. Misalnya, dengan memotong rambut Anda dengan model terbaru dan menjaganya sebaik mungkin agar rambut tetap nampak berkilau meski sudah berubah menjadi putih.

Kedua, rawatlah rambut Anda dengan lebih baik. Kurangi penggunaan bahan kimia dan alat perawatan lainnya yang dapat menyebabkan kerusakan rambut Anda dan berkurangnya pigmen.

Ketiga, perbaiki gaya hidup Anda. Terapkan pola makan seimbang dan konsumsilah makanan penghasil vitamin B12 seperti susu, telur, ikan, dan daging. Anda juga sebaiknya menghentikan kebiasaan merokok Anda. Bukan hanya dapat menyebabkan rambut beruban, radikal bebas dalam rokok juga dapat menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya.

Dengan perawatan rambut yang tepat dan gaya hidup yang sehat, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan uban. Penampilan seseorang juga bukan hanya berdasarkan ada atau tidaknya uban pada rambut. Rambut beruban juga tetap dapat terlihat menarik bila diatasi dengan benar. Teruslah menerapkan gaya hidup sehat agar Anda semakin bugar dan sedap dipandang.




Fokus : Uban


#Uban
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Anak Agar Imunitas Kuat dengan Lytacur

Wartakesehatan.com - Semua orang bisa terinfeksi virus corona Covid-19. Karena virus menyerang dan menginfeksi siapa saja tanpa..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

Demam dan Batuk Kering Belum Tentu Corona, Ini Strategi Terapi Alaminya!

Wartakesehatan.com - Kasus positif COVID-19 terus berkembang, berdasarkan data Kementerian Kesehatan kasus positif Covid-19..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

TB. Hasanuddin: Penerapan New Normal Tanpa Persiapan Matang Akan Timbulkan Kematian Massal

Wartakesehatan.com - Indonesia bersiap memasuki fase New Normal atau penormalan baru ditengah pandemi covid-19. Sejumlah..
Tekhnologi - 2 minggu yang lalu

Helm Cerdas Deteksi Corona Sangat Penting dan Perlu

Wartakesehatan.com -  Polda Riau memberikan contoh inisiatif dan inovasi dalam perjuangannya melawan pandemi coronavirus...
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Di Tengah Pandemi, Hasanuddin Kunjungi Dapil dan Bagikan Ribuan Masker dan Sembako 

Wartakesehatan.com - Di tengah pandemi covid-19 dan jelang Hari Raya Idul Fitri ini, anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Covid-19, Sunan Kalijaga Gandeng Nikita Mirzani Baksos ke Markas TNI

Wartakesehatan.com - Ditengah pandemi Covid-19, Pengacara Sunan Kalijaga Bersama Artis dan Forum Kader Bela Negara (FKBN)..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

BPOM: Biasakan Minum Obat Herbal dan Suplemen Kesehatan untuk Daya Tahan Tubuh Menghadapi Pandemi COVID-19

Wartakesehatan.com -  Pandemi COVID-19 membuat sebagian besar masyarakat lebih sadar pentingnya menjaga kesehatan. Salah..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Studi: Sistem Imun Krusial dalam Melawan Infeksi Virus Corona

Wartakesehat.com - Sebuah penelitian di Australia dalam jurnal Nature Medicine menyimpulkan, sistem imun..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

8 Cara Jaga Imun tetap Sehat Lawan Virus Corona

Wartakesehatan.com - Untuk melindungi diri dari paparan virus corona, masyarakat dunia telah banyak menjalankan langkah..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Imunomodulator untuk Cegah Virus Masuk Tubuh

Wartakesehatan.com - Membekali diri dengan cara cegah infeksi virus, dapat “membentengi” tubuh Anda dari berbagai..

+Indeks