Wow, Inilah Manfaat Sehat dari Merajut

Oleh : Dirk/metro | Kamis, 05 Desember 2019 | 08:25 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Pernahkah Anda merajut ? Merajut bisa dijadi media penyaluran bakat, hobi, atau pengisian waktu luang. Biasanya, pakaian-pakaian yang cara pembuatannya dari teknik rajut, dibandrol dengan harga yang relatif mahal.
 
Selain hasil merajut dapat menghasilkan uang , merajut juga memiiki banyak manfaat yang perlu Anda tahu . Yuk simak ulasanya :

Fungsi motorik meningkat
Karena merajut merangsang hampir seluru otak sekaligus bisa digunakan untuk membantu orang dengan penyakit seperti parkinson untuk meningkatkan fungsi motoriknya. Rasa nyeri yang diidap akan teralihkan dengan aktivitas merajut.

Memperlambat penurunan kognitif
Selain itu, merajut juga merangsang otak Anda untuk tetap sehat. Menurut Mayo Clinic, sekitar 30-50 orang yang terlibat dalam kerajinan (termasuk merajut) lebih kecil kemungkinan memiliki gangguan kognitif ringan daripada yang tidak terlibat sama sekali. 

Cegah arthritis dan tendinitis
Dr Barron menjelaskan, dengan menggunakan jari-jari Anda sama dengan membangun tulang rawan agar lebih kuat. Penelitian membuktikan merajut jauh lebih baik ketimbang mengetik. 
 
Sama seperti meditasi
Merajut punya irama tersendiri sehingga Anda akan melakukan gerakan berulang dan menggunakan memori otot untuk bekerja lebih. Merajut ibarat kata seperti merilekskan pikiran dan tubuh. Artinya, merajut juga punya manfaat yang sama dari meditasi.

Meredakan gejala kecemasan, stres dan depresi
Fokus yang dibutuhkan saat merajut dapat membantu alihkan perhatian Anda dari masalah depresi, stres hingga cemas. Duduk diam untuk merajut juga terbukti mengurangi denyut jantung dan menurunkan tekanan darah.

Tapi bagaimana kalau sudah memiliki arthritis? Tenang saja, Dr Barron merekomendasikan agar merendam tangan Anda dalam air hangat sebelum merajut dan menggunakan jarum yang jauh lebih besar.



Fokus : Merajut


#Sehat #Merajut
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Liputan Khusus - 6 hari yang lalu

Idul Adha 1441 H : Masjid Baiturrahman & Al-Islam Cipayung Ikuti Protokol Kesehatan

Wartakesehatan.com - Dalam menjalankan rangkaian ibadah Idul Adha 1441 H/2020 M pada tahun ini sangat berbeda sekali dari..
Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

Lurah Cipayung Tinjau Penerapan Protokol Kesehatan Saat Idul Adha 1441 H/2020

Wartakesehatan.com - Masih tingginya penyebaran wabah Covid-19 di wilayah DKI Jakarta menjadi perhatian bagi pemangku kebijakan..
Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

Masjid Nurul Hikmah Terapkan Protokol Kesehatan & Konsisten Jaga Kualitas Daging Qurban

Wartakesehatan.com - Rangkaian pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020 pada tahun ini sangat dipengaruhi dengan situasi..
Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

Daging Qurban Masjid Al Falah Terpantau & Terapkan Protokol Kesehatan

Pelaksanaan pemotongan hewan qurban di Masjid Al Falah Cipayung Jakarta Timur.
Herbal - 3 minggu yang lalu

Kelompok Usia Produktif Waspadai PTM

Wartakesehatan.com -- Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan menunjukkan bahwa saat ini perkembangan Penyakit Tidak..
Herbal - 3 minggu yang lalu

Cegah Virus dengan Herbal

Wartakesehatan.com - Antivirus corona berbasis tanaman eucalyptus belakangan ini ramai diperbincangkan. Potensi antivirus..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Menkes Sebut Meniran Hijau untuk Penanggulangan Covid-19

Wartakesehatan.com - Menteri Kesehatan Terawan patut diberikan apreasiasi dengan sebutan bapak Herbal karena mendukung Obat..
Warta Sehat - 4 minggu yang lalu

Awas! Protokol Kesehatan Anak di Sekolah Bisa Jadi Cluster Baru

Wartakesehatan.com - Banyak pihak yang meminta pemerintah menunda untuk melaksanan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah..
Warta Sehat - 4 minggu yang lalu

Cegah Penularan Droplet dengan Masker di Mana Saja

Wartakesehatan.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui munculnya bukti-bukti yang melihat virus Corona COVID-19 bisa..
Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

Waspadai Droplet di Ruangan tertutup

Wartakesehatan.com - New Normal membuat sebagian kantor-kantor buka dan para karyawan kembali bekerja sedia kala, namun masih..

+Indeks