Cara Efektif Mengatasi Tidur Mendengkur

Oleh : Dirk/pr | Minggu, 08 September 2019 | 19:30 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Siapa saja bisa mendengkur, tetapi menurut Sleep Apnea Association British (BSSAA), lebih dari dua pertiga dari pendengkur adalah laki-laki. Hal ini karena laki-laki menahan beban berat badan di leher dan tenggorokan. Laki-laki juga punya kecenderungan untuk merokok dan minum minuman beralkohol yang bisa menyebabkan mendengkur.

Mendengkur tidak bisa disembuhkan, namun ada beberapa cara yang efektif untuk mengendalikannya. Caranya dengan mengetahui penyebab dengkuran itu. Apakah berkaitan dengan gangguan di mulut, hidung, atau lidah? Untuk mengetahui tipe pendengkur yang mana, ada beberapa tes yang bisa dilakukan. Masing-masing tipe mempunyai cara sendiri untuk mengurangi dengkuran.

Mendengkur Lewat Hidung

Tutup salah satu lubang hidung. Dengan mulut tertutup, tarik napas dari hidung yang terbuka. Jika masih kesulitan bernafas, coba ganjal lubang hidung agar terbuka. Jika dengan begitu lebih mudah bernapas, maka membuka atau mengganjal lubang hidung bisa memecahkan masalah dengkuran Anda. Cobalah pada kedua hidung.

Untuk mengatasinya bisa dengan menggunakan dekongestan yang dihirup. Baik digunakan sekitar 15 menit sebelum tidur. Obat ini bisa dibeli di apotek. Bisa juga menggunakan nasal dilation atau alat untuk menahan agar hidung terbuka. Selain di apotek, alat ini sudah bisa dibeli lewat toko online.

Mendengkur Lewat Mulut

Buka mulut Anda dan buatlah suara dengkuran. lalu tutup mulut dan cobalah membuat suara dengkuran. Jika Anda hanya bisa mendengkur dengan mulut terbuka, maka Anda termasuk orang yang bernapas dengan mulut. Tidur dengan mulut tertutup akan menghentikan dengkuran Anda.

Dengkuran tipe ini bisa diredakan dengan menggunakan minyak esensial. Semprotkan minyak di tenggorokan. Minyak yang mengandung zat herbal akan mengencangkan jaringan-jaringan lunak di langit-langit mulut.

Mendengkur Lewat Lidah

Julurkan lidah sejauh mungkin lalu jepit di antara gigi. Cobalah membuat suara dengkuran. Jika dengan posisi itu dengkuran berkurang, berarti Anda termasuk golongan pendengkur lidah. Hal itu disebabkan kurangnya tekanan di lidah dah jaringan sekitarnya.

Alat bantu yang bisa memposisikan rahang bawah maju sekitar 5 mm akan membantu mengatasi dengkuran tipe ini. Alat untuk membantu mengatur posisi rahang sudah bisa dibeli di toko obat. Tetapi ada cara lain yang bisa dilakukan, yaitu dengan bernyanyi. Bernyanyi bisa memberi tekanan pada jaringan di lidah, mulut dan tenggorokan. Latihan semacam ini bisa mengurangi dengkuran tipe ini. 




Fokus : Mendengkur


#Tidur
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Normalkah Mencium Celana Dalam Pasangan ?

Wartakesehatan.com – Masih banyak orang yang masih mempunyai kebiasaan mencium celana dalam lawan jenis. Kebiasaan..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Jaga Kosentrasi Penuh dengan Sarapan Pagi

Wartakesehatan.com - Menurut ahli gizi sarapan tidak seharusnya dilewatkan oleh mereka yang tengah diet..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Konsumsi Oatmeal Terbukti Baik bagi Jantung

Wartakesehatan.com - Terkadang makanan yang dianggap enak, justru punya bahaya kesehatan yang mengintai. Sebut saja memicu..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Sarapan dulu atau Olahraga Dulu ?

Wartakesehatan - Olahraga pagi diakui mampu mampu meningkatkan kebugaran tubuh saat beraktivitas. Namun ada sebuh..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Roti Tawar Biasa Tidak Baik untuk Kesehatan Tubuh?

Wartakesehatan - Hampir sebagaian besar orang mempunyai kebiasaan mengonsumsi roti tawar dipagi hari, memang benar sarapan..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

Sereal Menu Sarapan yang Menyehatkan

Wartakesehatan.com - Victoria Taylor, seorang ahli diet British Heart Foundation menyatakan, sarapan yang sehat dapat..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Diet Tinggi Gula Dapat Memengaruhi Kualitas Sperma

Wartakesehatatan.com - Tak hanya gula darah, tetapi makanan dan minuman manis bisa berpengaruh pada kesehatan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Kondisi Kaki yang Bisa Mengungkap Masalah Kesehatan

Wartakesehatan.com - Mulai sekarang jangan sepelekan kondisi kakimu. Seperti diktuip dari everyday health, kondisi kaki bisa..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Tips Pulihkan Rasa Lelah Usai Pulang Kerja

Wartakesehatan.com-Kelelahan setelah pulang bekerja merupakan hal yang tidak bisa dihindari, karenanya Anda perlu mencari cara..
1 hari yang lalu

Cara Mengatasi Alergi Yang Kumat

Wartakesehatan.com-Alergi terjadi karena sistem imun Anda salah mengira zat yang pada dasarnya tidak berbahaya sebagai ancaman..

+Indeks