Cara Efektif Mengatasi Tidur Mendengkur

Oleh : Dirk/pr | Minggu, 08 September 2019 | 19:30 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Siapa saja bisa mendengkur, tetapi menurut Sleep Apnea Association British (BSSAA), lebih dari dua pertiga dari pendengkur adalah laki-laki. Hal ini karena laki-laki menahan beban berat badan di leher dan tenggorokan. Laki-laki juga punya kecenderungan untuk merokok dan minum minuman beralkohol yang bisa menyebabkan mendengkur.

Mendengkur tidak bisa disembuhkan, namun ada beberapa cara yang efektif untuk mengendalikannya. Caranya dengan mengetahui penyebab dengkuran itu. Apakah berkaitan dengan gangguan di mulut, hidung, atau lidah? Untuk mengetahui tipe pendengkur yang mana, ada beberapa tes yang bisa dilakukan. Masing-masing tipe mempunyai cara sendiri untuk mengurangi dengkuran.

Mendengkur Lewat Hidung

Tutup salah satu lubang hidung. Dengan mulut tertutup, tarik napas dari hidung yang terbuka. Jika masih kesulitan bernafas, coba ganjal lubang hidung agar terbuka. Jika dengan begitu lebih mudah bernapas, maka membuka atau mengganjal lubang hidung bisa memecahkan masalah dengkuran Anda. Cobalah pada kedua hidung.

Untuk mengatasinya bisa dengan menggunakan dekongestan yang dihirup. Baik digunakan sekitar 15 menit sebelum tidur. Obat ini bisa dibeli di apotek. Bisa juga menggunakan nasal dilation atau alat untuk menahan agar hidung terbuka. Selain di apotek, alat ini sudah bisa dibeli lewat toko online.

Mendengkur Lewat Mulut

Buka mulut Anda dan buatlah suara dengkuran. lalu tutup mulut dan cobalah membuat suara dengkuran. Jika Anda hanya bisa mendengkur dengan mulut terbuka, maka Anda termasuk orang yang bernapas dengan mulut. Tidur dengan mulut tertutup akan menghentikan dengkuran Anda.

Dengkuran tipe ini bisa diredakan dengan menggunakan minyak esensial. Semprotkan minyak di tenggorokan. Minyak yang mengandung zat herbal akan mengencangkan jaringan-jaringan lunak di langit-langit mulut.

Mendengkur Lewat Lidah

Julurkan lidah sejauh mungkin lalu jepit di antara gigi. Cobalah membuat suara dengkuran. Jika dengan posisi itu dengkuran berkurang, berarti Anda termasuk golongan pendengkur lidah. Hal itu disebabkan kurangnya tekanan di lidah dah jaringan sekitarnya.

Alat bantu yang bisa memposisikan rahang bawah maju sekitar 5 mm akan membantu mengatasi dengkuran tipe ini. Alat untuk membantu mengatur posisi rahang sudah bisa dibeli di toko obat. Tetapi ada cara lain yang bisa dilakukan, yaitu dengan bernyanyi. Bernyanyi bisa memberi tekanan pada jaringan di lidah, mulut dan tenggorokan. Latihan semacam ini bisa mengurangi dengkuran tipe ini. 




Fokus : Mendengkur


#Tidur
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 28 menit yang lalu

Studi: Taoge bisa Turunkan Tekanan Darah

Wartakesehatan.com - Penelitian yang dilakukan oleh Astawan dkk. (1998) juga menunjukkan kecambah kedelai mempunyai..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Study : Tidur Siang Bisa Kurangi Resiko Jantung dan Stroke

Health, Warkes.com – Study terbaru telah menemukan bagaimana tidur siang memiliki efek yang sangat baik bagi kesehatan...
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Karena Salmonella, CDC Larang Manusia Berkegiatan Dengan Ayam

AS, Warkes.com – Mewabahnya kasus Salmonella terkait dengan unggas, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

UU SDA Swasta dan Pemerintah Dapat Mengelola Air Bersama

Jakarta, Warkes.com - Dengan diketuknya Undang-Undang (UU) Sumber Daya Air (SDA), artinya Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM)..
Obat & Penyakit - 4 jam yang lalu

Kabut Asap dan Ancaman Bahayanya

Wartakesehatan.com - Kabut asap yang diakibatkan kebakaran hutan serta lahan di daerah di riau dan..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

RUU SDA Sah Menjadi UU Masyarakat Diharap Tak Lagi Kekeringan

Jakarta, Warkes.com - Rancangan Undang-Undang Sumber Daya Air (RUU SDA) akhirnya disepakati bersama-sama, antara DPR RI dan..
Obat & Penyakit - 5 jam yang lalu

6 Penyebab Migrain yang Harus Diketahui

Wartakesehatan.com - Migrain adalah gangguan kronis yang ditandai dengan terjadinya sakit kepala ringan hingga berat yang..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Konsumsi Teh Hijau Berlebihan, ini Bahayanya!

Wartakesehatan.com - Selama ini teh hijau dikenal sebagai salah satu minuman yang memiliki manfaat kesehatan dan..
Obat & Penyakit - 15 jam yang lalu

Stop Kebiasaan Begadang, Tubuh bisa Rusak!

Wartakesehatan.com - Menurut para ahli, tidur bukan hanya untuk penghilang lelah. Studi terbaru menemukan bahwa kehilangan..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

5 Tips Atasi Sulit Tidur

Wartakesehatan.com - Tidur merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh manusia untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran...

+Indeks