Sarapan Bergizi untuk Kesehatan Anak

Oleh : Dirk/viva | Minggu, 07 Juli 2019 | 09:05 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Di masa pertumbuhan si kecil, tentu sangat perlu untuk menjaga asupan makanan yang bergizi untuk kesehatan, terutama sarapan di pagi hari.
 
Ya, berbicara tentang sarapan bagi anak. Memang sebagai orang tua harus benar-benar memperhatikan dan jangan memilih sembarangan. Karena bila tidak menggunakan aturan tentu hal itu akan merugikan si kecil. Entah itu rugi di masa sekarang ataupun di masa depannya nanti setelah tumbuh besar. Ya, karena makanan yang dikonsumsinya di masa kecil akan sangat berpengaruh di masa besarnya nanti.
 
Dalam memilih menu sarapan khususnya. Menu sarapan memang harus menu yang benar-benar bergizi, karena bagi setiap orang, sarapan adalah suatu awal dari pengisian energi di pagi hari. Jika tak ada sarapan, tentu tak ada energi yang mencukupi dengan baik. Nah, berikut ini ada beberapa menu sarapan bergizi yang baik untuk kesehatan anak.
 
Susu merupakan salah satu minuman yang memiliki kandungan kalori tinggi yang dapat menambah berat badan si kecil. Pastikan si kecil minum susu setiap harinya sebanyak 2 gelas. Agar si kecil tidak merasa bosan, imbangilah dengan sarapan yang menyenangkan, yaitu dengan sarapan menggunakan sereal sehat di pagi

Mentega

Mentega  juga perlu anda tambahkan dalam menu sarapan anak. Ya, anda bisa mengoleskan mentega pada menu sarapan anak anda. Misalnya, anda bisa mengoleskan mentega pada roti gandum, apalagi jika mentega tidak dalam keadaan leleh atau dilelehkan, akan sangat  cocok dikonsumsi bagi anak yang memiliki tubuh kurus. Hal ini ditujukan agar sang anak tidak sampai kekurangan nutrisi.

Pisang

Anda juga bisa memilihkan pisang sebagai menu sarapan anak. Buah pisang memiliki kandungan karbohidrat, kalium, dan sejumlah kalori cukup untuk meningkatkan energi mereka. Untuk mengkonsumsinya, anda bisa menambahkan pisang ini kedalam roti yang akan dimakan si kecil. Buah yang satu ini akan menyediakan sumber energi dan kalori. Sangat penting untuk menaikkan berat badan si kecil.

Alpukat

Alpukat memiliki kandungan yang sangat cocok untuk si kecil, khususnya bagi anak yang berat badannya kurang. Kandungan lemak didalam alpukat mampu  mendukung tumbuh kembang anak. Anda bisa memberikan sarapan pagi anak dengan alpukat yang bisa dicampur dengan oat atau susu yang juga tak kalah sehat dari susu.

Roti

Roti adalah salah satu menu pengganti nasi yang pas untuk sarapan. Khususnya bagi sang anak. Roti bisa anda jadikan sebagai bekal sehat untuk si buah hati. Bukan hanya sekedar roti. Agar tidak merasa bosan, kombinasikan dengan berbagai macam sayuran, buah-buahan dan juga oleskan dengan cokelat yang kaya akan rasa.

Telur

Telur memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Sangat baik untuk dikonsumsi anak-anak untuk pertumbuhannya. Tidak hanya membantu perkembangan dan pertumbuhan anak, tetapi juga memberikan kontribusi kenaikan berat badan. Telur juga memiliki kandungan vitamin A dan vitamin B12 yang sangat mendukung untuk itu semua.

Ayam

Ayam bisa anda pilih sebagai sumber protein untuk sang buah hati. Tapi harus ingat, jangan berikan ayam yang tidak sehat. Ada baiknya bagi anda untuk memilihkan jenis ayam kampung yang sehar dan penuh gizi. Dengan memilih ayam sebagai menu makan, dapat menggemukkan anak yang kurus dan susah makan. Sangat efektif sekali untuk menambah berat badan sang anak.



Fokus : Sarapan


#Anak #Sarapan
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Penyebab Sering Berkeringat di Malam Hari

Wartakesehatan.com - Sering berkeringat dimalam hari selain karena suhu yang panas, itu juga bisa menjadi tanda..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

5 Manfaat Konsumsi Cabai Hijau bagi Tubuh

Wartakesehatan - Cabai hijau adalah salah satu bumbu dapur yang sangat terkenal di Indonesia. Bukan hanya sebagai bumbu..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Manfaat Sehat Yogurt bagi Wanita

Wartakesehatan - Yogurt merupakan fermentasi gula susu (laktosa) menjadi asam laktat, yang membuatnya mengental dan..
Obat & Penyakit - 4 hari yang lalu

Waspadai, 4 Gejala Penyakit Kanker

Wartakesehatan - Kanker merupakan penyakit paling mematikan di dunia, selain menyerang organ bahkan sel-sel tertentu..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Manfaat Sehat Kacang Almond

Wartakesehatan.com - Almond merupakan sumber protein baik yang mengandung asam lemak esensial, vitamin E, dan magnesium,"..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Redakan Nyeri Menstruasi dengan 6 Cara ini!

Wartakesehatan - Siklus bulanan bagi wanita atau menstruasi terjadi ketika remaja pada usia 10 tahun. Bagi wanita..
Mamin - 4 hari yang lalu

7 Sayuran yang Kaya Vitamin K

Wartakesehatan.com - Vitamin memang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita , agar tubuh selalu sehat. Misalkan vitamin K..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Pepaya Bermanfaat bagi Kesehatan Wanita

Wartakesehatan.com - Pepaya merupakan buah yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan sekarang sudah menyebar luas dan..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Waspada, Reaksi Gigitan Nyamuk

Wartakesehatan.com - Beberapa penyakit bisa didatangkan oleh nyamuk, salah satunya demam berdarah. Seringkali kita anggap..
Mamin - 4 hari yang lalu

4 Makanan ini, Bersihkan Paru-paru Perokok

Wartakesehatan - Tak bisa dipungkiri sejak anak-anak, remaja hingga dewasa kita telah diperingatkan tentang bahaya..

+Indeks