Camilan Sehat Agar Jantung Tetap Kuat

Oleh : Dirk/riauonline | Selasa, 09 Juli 2019 | 12:00 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Pola diet sehat dan olahraga selama ini disebut-sebut mampu menekan risiko penyakit kardiovaskular, seperti stroke dan serangan jantung.

Salah satu kunci untuk menjaga jantung tetap kuat adalah dengan menjaga makanan yang masuk ke dalam perut. Jika tidak dijaga, ini bisa menjadi sangat buruk.

Di bawah ini ada lima cemilan sehat yang bisa dikonsumsi agar jantung tetap kuat selama beberapa tahun ke depan seperti dilansir Foxnews.

1. Apel

Buah yang satu ini diyakini mampu menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung koroner dan kardiovaskular. Apel memiliki komponen yang memang bermanfaat untuk jantung.

Pektin, merupakan serat yang membantu makanan larut ketika masuk ke dalam tubuh, dan menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, apel juga mengandung antioksidan, seperti quercetin, epicatechin, dan epigallocatechin.

Hal ini dapat menghambat peradangan dan mengurangi stres oksidatif yang dapat menyebabkan aterosklerosis dan masalah kardiovaskular lainnya.

2. Popcorn

Camilan satu ini dikenal sebagai 'teman' saat di bioskop. Namun, selain itu ternyata popcorn juga bisa menjadi 'teman' untuk jantung Anda. 

Popcorn mengandung polifenol, jenis antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan jantung. Bahkan, penelitian di University of Scranton menunjukkan bahwa popcorn memiliki tiga kali lebih banyak polyphenol dibandingkan kacang merah, yang merupakan sumber polifenol nabati tertinggi.

Namun, popcorn yang sehat untuk jantung adalah popcorn yang cara pembuatannya benar. Hindari menggunakan mentega, dan garam saat mengolahnya. Gunakan minyak zaitun dan bumbu-bumbu yang berasal dari rempah-rempah agar Anda tidak menyesal

3. Anggur

Anda mungkin pernah mendengar bahwa anggur merah baik untuk jantung. Kadar polypehenol ditemukan dalam anggur merah, sedangkan resveratrol, juga ditemukan dalam buah anggur dari semua warna. 

Buah anggur yang segar menyediakan perlindungan bagi jantung. Anggur memiliki nutrisi yang kaya, termasuk vitamin C, vitamin B6, kalium, dan flavonoid.

Nutrisi ini dapat membantu tekanan darah yang sehat, mengurangi kolesterol LDL, memberikan efek anti-inflamasi, dan membantu jantung memompa darah dengan baik.

4. Yogurt

Apakah Anda tahu bahwa kesehatan gusi Anda secara langsung terkait dengan kesehatan jantung Anda? Penelitian menunjukkan bahwa orang dengan penyakit gusi, dua kali lebih mungkin menderita masalah jantung.

Karena kemampuan untuk memberikan probiotik, atau "bakteri baik," studi menunjukkan bahwa yogurt dapat melindungi terhadap penyakit gusi, dan tentu jantung Anda.

Peneliti dari Jepang menganalisis pola diet dari hampir 1.000 orang dewasa dan menemukan orang-orang yang mengonsumsi susu (khususnya minuman yogurt) memiliki gusi sehat.

5. Kacang-kacangan

Kacang adalah pilihan camilan sehat yang cerdas. Meskipun beberapa orang berpikir kacang harus dihindari karena kadar lemak yang tinggi, studi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi kacang, - walnut, pecans, almond, hazelnut, pistachio - dua sampai empat hari atau lebih per minggu, memiliki tubuh lebih ramping dan memiliki insiden lebih rendah dari penyakit jantung daripada orang yang makan mereka kurang sering.

Namun, karena kacang juga dikenal mengandung kalori yang banyak, cukup mengkonsumsinya dalam jumlah yang seimbang, jangan berlebihan.




Fokus : Jantung


#Jantung #Camilan
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Ibu & Anak - 18 menit yang lalu

Ibu Hamil Ketahui 5 Makanan ini picu Keguguran

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkir seorang wanita hamil akan lebih banyak menjaga diri agar apapun yang dilakukan bisa..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

4 Cara atasi Nyeri Punggung

Wartakesehatan.com - Sebagai manusia biasa, kadang-kadang bahkan sering mengalami yang namanya nyeri punggung, Sebelum ke..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

5 Buah Sehat Penambah Darah

Wartakesehatan.com - Siapa sih yang tidak kenal buah ? semua pasti mengenalnya. Buah merupakan salah satu asupan makanan..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Beberapa Manfaat Daun Salam Untuk Tubuh

Wartakesehatan.com - Daun salam manfaatnya mampu untuk mengobati penyakit. Kandunganya pun sangat melimpah. Mulai dari..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Gaya Hidup Sehat Bantu Kurangi Resiko Kista

Wartakesehatan.com - Spesialis Kandungan dan Kebidanan dr Kathleen Juanita Gunawan menjelaskan, gaya hidup sehat membawa..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Resiko Dibalik Kesegaran Mandi Air Hangat

Wartakesehatan.com - Kebiasaan mandi air hangat mungkin sulit diubah, pasalnya memulai mandi air dingin maka tubuh akan..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Terbiasa Bangun Jam 4 Pagi, Ini Dia Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Ternyata bangun pagi itu banyak manfaatnya, apalagi kalau bangun rutin jam 4 pagi setiap..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ingin Tidur Nyenyak di Malam Hari? Lakukan ini!

Wartakesehatan - Tidur nyenyak dan berkualitas merupakan salah satu kunci agar badan tetap sehat bertenaga. Sayangnya..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

4 Makanan Ampuh Usir Stres

Wartakesehatan - Banyak orang yang percaya ada beberapa makanan ampuh menghilangkan rasa stres oleh karena itu mereka..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ketahui, 5 Fakta tentang BAB

Wartakesehatan - Tahukah Anda berapa kali sehari BAB yang disebut normal itu? Atau, mengapa saat Anda menstruasi Anda jadi..

+Indeks