Konsumsi Tempe Bisa Turunkan Kadar Kolesterol

Oleh : Dirk/inilah | Senin, 16 Desember 2019 | 13:35 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Kadar kolesterol yang tinggi dalam darahmerupakan faktor risiko utama bagi terjadinya aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah) maupun penyakit jantung koroner.

Kadar kolesterol yang tinggi akan menyebabkan penumpukan lemak dan trombus (bekuan darah) di pembuluh-pembuluh darah. Pada kondisi yang berlangsung lama, hal ini akan mengakibatkan penyumbatan khususnya pada pembuluh-pembuluh darah kecil utama yang menyuplai oksigen dan nutrisi ke jantung dan otak.

Kadar lemak dalam darah selama ini dapat dikendalikan dengan memodifikasi gaya hidup (olahraga dan diet) serta obat-obatan. Salah satu yang sedang diteliti oleh para ahli untuk menurunkan kadar kolesterol adalah tempe, suatu bahan pangan nabati asli Indonesia.

Tempe adalah produk pangan bergizi tinggi yang terbuat dari kacang kedelai. Tempe mengandung beberapa zat, diantaranya serat (fiber), lecithin, polyunsaturated fatty acid dan isoflavonoid yang dianggap bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, baik itu kolesterol total, LDL (low density Lipoprotein) dan HDL (High Density Lipoprotein).

Isoflavonoidmampu memperbaiki dan meningkatkan kemampuan pembuluh-pembuluh darah untuk menyerap nutrisi (meningkatkan permeabilitas), dengan demikian secara tidak langsung menurunkan kemungkinan terjadinya penumpukan lemak (fat deposition) dalam dinding-dinding pembuluh darah.

Yang paling berperan dalam menurunkan kadar kolesterol pembuluh darah adalah faktor-faktor dari isoflavonoid (6,7,4 trihidroxy isoflavone).

Sri Rahayuningsih dkk dalam penelitiannya yang dimuat dalam Medical Journal of Indonesia menyatakan bahwa tempe merupakan makanan potensial untuk menghambat terjadinya peningkatan kadar kolesterol dalam darah dan faktor-faktordalam isoflavonoid memiliki pengaruh terhadap profil lemak meskipun mekanismenya belum diketahui.

Diperlukan penelitianpenelitian lebih lanjut untuk mengungkap efek tempe terhadap kolesterol berdasarkan cara masak, jumlah tempe yang dikonsumsi serta nutrien-nutrien lainnya yang terkandung didalam tempe.




Fokus : Tempe


#Kolesterol #Tempe
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 59 menit yang lalu

Cara Mengobati Rasa Gatal di Bagian Selangkangan

Wartakesehatan.com - Tentu saja kita pernah merasakan gatal di bagian selangkangan dan itu pasti sangat tidak nyaman...
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Memelihara Ikan Hias di akuarium Baik bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Memelihara ikan hias di dalam akuarium merupakan salah satu sarana untuk menjaga kesehatan kita, baik..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Efek Buruk Bangun Terlalu Pagi Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com- Bangun terlalu pagi dengan tidur yang mencukupi, ternyata justru memberikan efek buruk bagi tubuh. Bangun..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

4 Tips Penting Rawat Payudara dari Infeksi

Wartakesehatan.com -  Punya payudara indah menjadi dambaan setiap wanita. Agar sepasang area sensitif Anda tetap..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Awas! Dehidrasi bisa sebabkan Obesitas

Wartakesehatan.com - Banyak masalah yang akan ditimbulkan jika tubuh kekuarangan cairan atau dehidrasi. Itu mengapa..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Waspada, 5 Kondisi Mata bisa Deteksi Gejala Penyakit

Wartakesehatan.com - Beberapa orang masih menganggap sepele tentang kesehatan mata. Tak jarang ada orang yang tidak peduli..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Benarkah Ngemil Di Malam Hari Bikin Gemuk ?

Wartakesehatan.com - Banyak mitos yang sering di anggap benar. Misalnya kalau ngemil di waktu malam dapat membuat gendut. Atau..
17 jam yang lalu

Konsumsi Kunyit Baik untuk Sistem Kekebalan Tubuh

Wartakesehatan.com - Tak hanya sebagai bumbu masak, ternyata kunyit memiliki banyak manfaat. Salah satunya untuk..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Pola Makan Sehat untuk Penderita Diabetes

Wartakesehatan.com - Kebutuhan nutrisi pasien diabetes itu sama seperti pada pasien non diabetes. Asupan gizi yang..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Manfaat Sehat dari Konsumsi Buah Nangka

Wartakesehatan.com - Nangka merupakan salah satu nama buah yang sudah tidak asing bagi mayoritas masyarakat di Indonesia...

+Indeks