Konsumsi Tempe Bisa Turunkan Kadar Kolesterol

Oleh : Dirk/inilah | Selasa, 09 Juli 2019 | 15:05 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Kadar kolesterol yang tinggi dalam darahmerupakan faktor risiko utama bagi terjadinya aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah) maupun penyakit jantung koroner.

Kadar kolesterol yang tinggi akan menyebabkan penumpukan lemak dan trombus (bekuan darah) di pembuluh-pembuluh darah. Pada kondisi yang berlangsung lama, hal ini akan mengakibatkan penyumbatan khususnya pada pembuluh-pembuluh darah kecil utama yang menyuplai oksigen dan nutrisi ke jantung dan otak.

Kadar lemak dalam darah selama ini dapat dikendalikan dengan memodifikasi gaya hidup (olahraga dan diet) serta obat-obatan. Salah satu yang sedang diteliti oleh para ahli untuk menurunkan kadar kolesterol adalah tempe, suatu bahan pangan nabati asli Indonesia.

Tempe adalah produk pangan bergizi tinggi yang terbuat dari kacang kedelai. Tempe mengandung beberapa zat, diantaranya serat (fiber), lecithin, polyunsaturated fatty acid dan isoflavonoid yang dianggap bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, baik itu kolesterol total, LDL (low density Lipoprotein) dan HDL (High Density Lipoprotein).

Isoflavonoidmampu memperbaiki dan meningkatkan kemampuan pembuluh-pembuluh darah untuk menyerap nutrisi (meningkatkan permeabilitas), dengan demikian secara tidak langsung menurunkan kemungkinan terjadinya penumpukan lemak (fat deposition) dalam dinding-dinding pembuluh darah.

Yang paling berperan dalam menurunkan kadar kolesterol pembuluh darah adalah faktor-faktor dari isoflavonoid (6,7,4 trihidroxy isoflavone).

Sri Rahayuningsih dkk dalam penelitiannya yang dimuat dalam Medical Journal of Indonesia menyatakan bahwa tempe merupakan makanan potensial untuk menghambat terjadinya peningkatan kadar kolesterol dalam darah dan faktor-faktordalam isoflavonoid memiliki pengaruh terhadap profil lemak meskipun mekanismenya belum diketahui.

Diperlukan penelitianpenelitian lebih lanjut untuk mengungkap efek tempe terhadap kolesterol berdasarkan cara masak, jumlah tempe yang dikonsumsi serta nutrien-nutrien lainnya yang terkandung didalam tempe.




Fokus : Tempe


#Kolesterol #Tempe
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 24 menit yang lalu

4 Cara atasi Nyeri Punggung

Wartakesehatan.com - Sebagai manusia biasa, kadang-kadang bahkan sering mengalami yang namanya nyeri punggung, Sebelum ke..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

5 Buah Sehat Penambah Darah

Wartakesehatan.com - Siapa sih yang tidak kenal buah ? semua pasti mengenalnya. Buah merupakan salah satu asupan makanan..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Beberapa Manfaat Daun Salam Untuk Tubuh

Wartakesehatan.com - Daun salam manfaatnya mampu untuk mengobati penyakit. Kandunganya pun sangat melimpah. Mulai dari..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Gaya Hidup Sehat Bantu Kurangi Resiko Kista

Wartakesehatan.com - Spesialis Kandungan dan Kebidanan dr Kathleen Juanita Gunawan menjelaskan, gaya hidup sehat membawa..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Resiko Dibalik Kesegaran Mandi Air Hangat

Wartakesehatan.com - Kebiasaan mandi air hangat mungkin sulit diubah, pasalnya memulai mandi air dingin maka tubuh akan..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Terbiasa Bangun Jam 4 Pagi, Ini Dia Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Ternyata bangun pagi itu banyak manfaatnya, apalagi kalau bangun rutin jam 4 pagi setiap..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ingin Tidur Nyenyak di Malam Hari? Lakukan ini!

Wartakesehatan - Tidur nyenyak dan berkualitas merupakan salah satu kunci agar badan tetap sehat bertenaga. Sayangnya..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

4 Makanan Ampuh Usir Stres

Wartakesehatan - Banyak orang yang percaya ada beberapa makanan ampuh menghilangkan rasa stres oleh karena itu mereka..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ketahui, 5 Fakta tentang BAB

Wartakesehatan - Tahukah Anda berapa kali sehari BAB yang disebut normal itu? Atau, mengapa saat Anda menstruasi Anda jadi..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ketahui, 4 Fakta tentang Keringat

Wartakesehatan.com -Semua orang pasti mengeluarkan keringat. Keringat bisa juga menjadi tanda dari beragam gangguan..

+Indeks