Cara Agar Jantung Tetap Sehat di Kantor

Oleh : Dirk/lptn6 | Senin, 13 Januari 2020 | 11:35 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Pekerja menghabiskan sebagian besar waktunya dengan duduk di kursi dan fokus pada layar komputer. Selama itu pula mereka tidak sadar telah melakukan beberapa kebiasaan yang tidak sehat yang membahayakan kesehatan jantung.

Tips yang dikutip dari situs Times of India, memberitahu apa saja yang dapat dilakukan agar jantung senantiasa sehat

Camilan sehat

Aturan pertama untuk hidup sehat adalah makan sehat. Hindari mencemil makanan dengan pemanis buatan seperti biskuit, keripik ber-MSG, atau minuman botolan, dan mulailah beralih pada makanan yang lebih sehat seperti buah-buahan atau biji-bijian di antara waktu makan Anda. 

Sangat penting untuk membatasi jumlah garam dalam diet Anda. "Asupan natrium per hari tidak boleh lebih dari 1500mg karena dapat meningkatkan tekanan darah," kata Puneet Rehani, fisioterapis di AktivOrtho. Jadi hindari keripik kentang, biskuit asin dan makanan ringan tinggi garam.

Istirahat lama waktu duduk

Duduk terlalu lama dapat membunuh Anda. Sebuah laporan terbaru menyatakan, bahkan jika Anda berolahraga setiap pagi sebelum bekerja, efek buruk dari duduk berkepanjangan tetap sama. Jadi berdiri dari tempat duduk Anda setiap satu atau dua jam sambil lakukan peregangan. Asal tahu saja, tetap aktif cukup dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Apakah Anda pulang sambil masih memikirkan dan merasa terbebani oleh pekerjaan? Jika itu yang terjadi, artinya Anda terlalu "mengambil hati" tekanan pekerjaan Anda. Usahakan untuk melepaskan semua pikiran mengenai pekerjaan begitu Anda melangkah meninggalkan kantor. Stress kronis adalah salah satu penyebab utama penyakit jantung. 

Bernafas

Terjebak dalam jadwal kerja yang sibuk, Anda tentunya tidak punya waktu untuk berkonsentrasi pada pernapasan Anda. Namun hal ini bisa berbahaya bagi keseluruhan kesehatan Anda. Luangkan waktu untuk menarik napas panjang dan mengatur pernapasan Anda setiap satu jam di tempat kerja.

Minum

Dehidrasi karena kurang minum dapat mengganggu baik konsentrasi maupun kesehatan Anda secara keseluruhan. Kurang minum juga dapat menyebabkan Anda semakin stress yang berujung pada terusiknya kesehatan jantung Anda.




Fokus : Kantor


#Kantor #Jantung
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Liputan Khusus - 4 hari yang lalu

Idul Adha 1441 H : Masjid Baiturrahman & Al-Islam Cipayung Ikuti Protokol Kesehatan

Wartakesehatan.com - Dalam menjalankan rangkaian ibadah Idul Adha 1441 H/2020 M pada tahun ini sangat berbeda sekali dari..
Liputan Khusus - 4 hari yang lalu

Lurah Cipayung Tinjau Penerapan Protokol Kesehatan Saat Idul Adha 1441 H/2020

Wartakesehatan.com - Masih tingginya penyebaran wabah Covid-19 di wilayah DKI Jakarta menjadi perhatian bagi pemangku kebijakan..
Liputan Khusus - 5 hari yang lalu

Masjid Nurul Hikmah Terapkan Protokol Kesehatan & Konsisten Jaga Kualitas Daging Qurban

Wartakesehatan.com - Rangkaian pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020 pada tahun ini sangat dipengaruhi dengan situasi..
Liputan Khusus - 6 hari yang lalu

Daging Qurban Masjid Al Falah Terpantau & Terapkan Protokol Kesehatan

Pelaksanaan pemotongan hewan qurban di Masjid Al Falah Cipayung Jakarta Timur.
Herbal - 3 minggu yang lalu

Kelompok Usia Produktif Waspadai PTM

Wartakesehatan.com -- Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan menunjukkan bahwa saat ini perkembangan Penyakit Tidak..
Herbal - 3 minggu yang lalu

Cegah Virus dengan Herbal

Wartakesehatan.com - Antivirus corona berbasis tanaman eucalyptus belakangan ini ramai diperbincangkan. Potensi antivirus..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Menkes Sebut Meniran Hijau untuk Penanggulangan Covid-19

Wartakesehatan.com - Menteri Kesehatan Terawan patut diberikan apreasiasi dengan sebutan bapak Herbal karena mendukung Obat..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Awas! Protokol Kesehatan Anak di Sekolah Bisa Jadi Cluster Baru

Wartakesehatan.com - Banyak pihak yang meminta pemerintah menunda untuk melaksanan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Cegah Penularan Droplet dengan Masker di Mana Saja

Wartakesehatan.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui munculnya bukti-bukti yang melihat virus Corona COVID-19 bisa..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Waspadai Droplet di Ruangan tertutup

Wartakesehatan.com - New Normal membuat sebagian kantor-kantor buka dan para karyawan kembali bekerja sedia kala, namun masih..

+Indeks