Jagung Ampuh Cegah Depresi

Oleh : Dirk/brilio | Kamis, 11 Juli 2019 | 15:05 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Banyak orang yang sering mengalami depresi karena beberapa hal atau masalah. Namun, tak jarang juga yang ketika depresi memilih mengonsumsi makanan tertentu sebagai pereda atau bahkan menghilangkan depresi. Karena Dengan banyak pilihan sayur dan buah, pastikan kamu memilih asupan sayur dan buah yang sehat untuk tubuhmu, bukan hanya fisik tapi juga emosional.

Elizabeth Somer, seorang ahli diet dari Salem, Oregon, Amerika Serikat, menyatakan bahwa tubuh dan otak kita membutuhkan lebih dari 40 nutrisi dan satu juta fitonutrien, seperti dilansir dari Everyday Health.

"Jumlah dan keseimbangan nutrisi menentukan apakah kamu bahagia atau sedih, pintar atau pelupa, energik atau lesu, dan sehat atau sakit," imbuh penulis buku Food & Mood tersebut.

Berikut ini lima makanan yang bisa meningkatkan suasana hatimu

1. Selada

Menurus Rachel Begun, konsultan pangan dan gizi dari Boulder, Colorado, Amerika Serikat, selada merupakan makanan untuk mengatasi depresi. Dia mengandung folat dan vitamin B.

Perlu kamu tahu, orang depresi dikaitkan dengan kepemilikan folat yang rendah dalam tubuhnya. "Hubungan antara folat dan kondisi depresi mungkin karena peran folat dalam mengembangkan neurotransmitter, yaitu pembawa pesan molekul dalam sistem saraf," tambah Rachel.

2. Semangka

"Semangka merupakan buah dengan sumber lycopene, yaitu antioksidan yang melindungi jaringan otak yang halus," tutur Elizabeth.

Ternyata, semangka mengandung lycopene lebih banyak daripada tomat, lho. Dengan begitu, semangka bisa membantu menurunkan risiko peradangan yang terkait dengan demensia dan kemungkinan depresi pula.

3. Udang savor

Menurut Zelana Montminy, seorang psikolog dan spesialis gizi di Los Angeles, Amerika Serikat, udang mengandung omega-3 tetapi rendah merkuri yang bisa meningkatkan mood. Jadi, omega-3 akan meringankan gejala depresi. Sumber lain dari omega-3 antara lain salmon, sarden, mackerel, dan tuna. Kamu bisa mengolahnya dalam berbagai menu favorit, guys.

4. Paprika oranye

Menurut Elizabeth, paprika oranye memiliki kandungan beta-karoten, yaitu antioksidan yang melindungi otak dari kerusakan. Selain itu dia juga mengandung vitamin C, potasium, zat besi, dan serat.

5. Jagung

Sayuran bertepung seperi jagung dianggap memiliki karbohidrat berkualitas tinggi. Jagung bisa membantu meningkatkan kadar serotonin sehingga bisa meningkatkan suasana hatimu. Kamu bisa mengonsumsinya dengan cara dibakar atau direbus. Bisa juga kamu campur dalam sayur, misalnya sayur asam, atau olahan lainnya.




Fokus : Jagung


#Jagung #Depresi
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 5 hari yang lalu

Pembagian Sembako untuk Kaum Dhuafa Bekasi oleh Ezy Pratama Foundation dan INTI

 Wartakesehatan.com.- Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti..
Alkes & Lab - 1 minggu yang lalu

Confidence Persembahkan Adult Pants Gender untuk Pria dan Wanita

Jakarta, WartaKesehatan.com - Confidence, merek popok dewasa nomor 1 di Indonesia kembali meluncurkan produk terbarunya,..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Donasi Dexa Group Agar Tenaga Medis Miliki Imun Kuat

Wartakesehatan.com - Derasnya dukungan penanganan Covid -19 dengan menyumbang Donasi 20.000 kapsul Stimuno Forte dan 50 goodie..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

CFD Jangan jadi Cluster Baru, Konsisten Jaga Imun Tubuh

  Wartakesehatan.com, JAKARTA - Pelonggaran PSBB sudah dilakukan di beberapa daerah, namun sayangnya tidak semua..
Obat & Penyakit - 1 minggu yang lalu

Menkes: Masyarakat Jangan Ragu untuk Konsumsi OMAI

Jakarta - Tak pernah bosan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengimbau agar masyarakat tak perlu ragu untuk..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Komnas Anak Tuding Gubernur DKI Hilangkan Hak Anak

Wartakesehatan.com - Hilangnya hak anak atas pendidikan di DKI Jakarta dan bahkan di Indonesia tahun ajaran baru 2020/2021..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Jadikan Sumatera Bebas Asap, Kapolda Sumsel dan Jambi Bangun Posko Karhutla Bersama

Wartakesehatan.com -  Guna mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) pada masa kemarau tahun ini, Kepala..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Baksos Ezy Pratama Foundation dan Yayasan INTI ke Kaum Dhuafa Klender

Wartakesehatan.com - Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti sosial di..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

New Normal: Menjaga Imunitas dengan Imunomodulator Herbal

JAKARTA - Kita tahu, wabah korona belum kunjung usai di dunia dan negara kita, Indonesia. Apalagi sampai saat ini vaksin untuk..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Hasanuddin Minta Pemerintah Daerah Tak Asal Terapkan New Normal

JAKARTA,- Pemerintah menerapkan kenormalan baru atau new normal di tengah pandemi covid-19. Langkah ini mendapat sorotan dari..

+Indeks