Jagung Ampuh Cegah Depresi

Oleh : Dirk/brilio | Kamis, 11 Juli 2019 | 15:05 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Banyak orang yang sering mengalami depresi karena beberapa hal atau masalah. Namun, tak jarang juga yang ketika depresi memilih mengonsumsi makanan tertentu sebagai pereda atau bahkan menghilangkan depresi. Karena Dengan banyak pilihan sayur dan buah, pastikan kamu memilih asupan sayur dan buah yang sehat untuk tubuhmu, bukan hanya fisik tapi juga emosional.

Elizabeth Somer, seorang ahli diet dari Salem, Oregon, Amerika Serikat, menyatakan bahwa tubuh dan otak kita membutuhkan lebih dari 40 nutrisi dan satu juta fitonutrien, seperti dilansir dari Everyday Health.

"Jumlah dan keseimbangan nutrisi menentukan apakah kamu bahagia atau sedih, pintar atau pelupa, energik atau lesu, dan sehat atau sakit," imbuh penulis buku Food & Mood tersebut.

Berikut ini lima makanan yang bisa meningkatkan suasana hatimu

1. Selada

Menurus Rachel Begun, konsultan pangan dan gizi dari Boulder, Colorado, Amerika Serikat, selada merupakan makanan untuk mengatasi depresi. Dia mengandung folat dan vitamin B.

Perlu kamu tahu, orang depresi dikaitkan dengan kepemilikan folat yang rendah dalam tubuhnya. "Hubungan antara folat dan kondisi depresi mungkin karena peran folat dalam mengembangkan neurotransmitter, yaitu pembawa pesan molekul dalam sistem saraf," tambah Rachel.

2. Semangka

"Semangka merupakan buah dengan sumber lycopene, yaitu antioksidan yang melindungi jaringan otak yang halus," tutur Elizabeth.

Ternyata, semangka mengandung lycopene lebih banyak daripada tomat, lho. Dengan begitu, semangka bisa membantu menurunkan risiko peradangan yang terkait dengan demensia dan kemungkinan depresi pula.

3. Udang savor

Menurut Zelana Montminy, seorang psikolog dan spesialis gizi di Los Angeles, Amerika Serikat, udang mengandung omega-3 tetapi rendah merkuri yang bisa meningkatkan mood. Jadi, omega-3 akan meringankan gejala depresi. Sumber lain dari omega-3 antara lain salmon, sarden, mackerel, dan tuna. Kamu bisa mengolahnya dalam berbagai menu favorit, guys.

4. Paprika oranye

Menurut Elizabeth, paprika oranye memiliki kandungan beta-karoten, yaitu antioksidan yang melindungi otak dari kerusakan. Selain itu dia juga mengandung vitamin C, potasium, zat besi, dan serat.

5. Jagung

Sayuran bertepung seperi jagung dianggap memiliki karbohidrat berkualitas tinggi. Jagung bisa membantu meningkatkan kadar serotonin sehingga bisa meningkatkan suasana hatimu. Kamu bisa mengonsumsinya dengan cara dibakar atau direbus. Bisa juga kamu campur dalam sayur, misalnya sayur asam, atau olahan lainnya.




Fokus : Jagung


#Depresi #Jagung
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Deteksi Kesehatan Melalui Urine

Wartakesehatan.com - Ketika anda sedang berada di toilet untuk buang air kecil, apakah Anda selalu menyempatkan diri untuk..
Mamin - 13 jam yang lalu

Makan Tergesa-gesa Fatal bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com – Makan merupakan kegiatan yang rutin dilakukan setiap individu. Hal ini merupakan kebutuhan..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Wow, Keju bisa Membunuh Sel Kanker

Wartakesehatan - Keju adalah salah satu makanan dari olahan susu yang banyak digemari orang. Keju juga punya..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Penyebab Jantung Berdebar Usai Minum Kopi

Wartakesehatan - Beberapa orang mempunyai kebiasaan minum kopi dan tentu saja ketika minum kopi jantung..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Olahraga Bulu Tangkis bikin Jantung Sehat

Wartakesehatan - Tak dipungkiri bahwa salah satu faktor untuk menghindari berbagai penyakit pada tubuh adalah dengan..
Ibu & Anak - 18 jam yang lalu

Akibat jika Stres saat Hamil

Wartakesehatan.com - Stres selama kehamilan bisa menghambat perkembangan keterampilan motorik anak yang di kemudian hari,..
Obat & Penyakit - 18 jam yang lalu

Ketahui 6 Gejala dari Kanker

Wartakesehatan.com - Kanker merupakan penyakit yang membahayakan. Penyakit ini bisa muncul kapan saja, dan menyerang..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

Merokok bisa picu Malapetaka pada Otak

Wartakesehatan - Tentu hampir semua orang tau merokok tak baik bagi kesehatan karena dapat memicu sejumlah penyakit..
Mamin - 21 jam yang lalu

Makan Saat Perut Tak Lapar Ini Bahayanya

Wartakesehatan.com - Menurut pemikiran tradisional, kebiasaan makan saat perut tidak lapar bisa membuat kegemukan, karena..
Mamin - 23 jam yang lalu

7 Makanan Sehat bikin Panjang Umur

Wartakesehatan.com - Dengan rutin berolahraga dan membiasakan mengkonsumsi makanan yang sehat, maka anda telah menjaga..

+Indeks