5 Tanda Serangan Jantung saat Tidur

Oleh : Dirk/sindo | Kamis, 12 Desember 2019 | 13:30 WIB


(ist)

Wartakesehatan - Kabar duka atas meninggalnya penyanyi terkenal Mike Mohede memang membuat sebagian orang shock, Mike diduga meninggal karena serangan jantung pada saat tidur. Pasti kita semua berpikir bagaimana bisa serangan jantung terjadi pada saat tidur?

Menurut peneliti serangan jantung bisa terjadi saat tidur dan memiliki beberapa tanda. Umumnya, kondisi ini disebabkan oleh mendengkur dan sleep apnea atau berhenti bernapas saat tidur. 

Ada baiknya Anda pun mengenal tanda penyakit yang tidak saja menyerang orang dewasa, juga anak muda dan remaja. Berikut tanda-tanda serangan jantung saat tidur, seperti dilansir Livestrong.

1. Detak jantung cepat dan tidak teratur
Wasapadalah jika bangun dengan detak jantung yang cepat dan tidak teratur. Pasalnya, hal itu menjadi salah satu tanda serangan jantung atau jantung koroner. Jika hal ini terjadi pada Anda lebih dari lima menit, dianjurkan untuk mengunyah aspirin atau mencari pertolongan darurat.

2. Gangguan tidur
Gangguan tidur dipercaya sebagai salah satu tanda gejala serangan jantung atau myocardial infraction. Penderita akan mengalami gelisah, bolak-balik, dan tidak bisa tidur selama satu bulan sebelum serangan jantung pertama. Sementara gejala pada wanita akan disertai dengan kelelahan di siang hari.

3. Berkeringat malam
Serangan jantung juga bisa ditandai dengan terbangun dengan keringat dingin di malam hari. Berkeringat selama tidur tidak selalu menunjukkan masalah, namun keringat berlebihan mengharuskan Anda mengganti pakaian atau sprei. Anda pun harus mewaspadainya.

4. Sakit di dada
Sakit di dada bukanlah gejala umum serangan jantung. Sesak napas, sakit di dada yang menyiksa bisa terjadi saat tidur atau bangun. Sayangnya, nyeri di dada ringan sebagai gejala yang berbahaya dan kerap diabaikan.

5. Sakit di badan
Banyak pasien serangan jantung mengaku merasakan sakit di lengan, leher, perut, dan punggung. National Heart Lung and Blood Institute menjelaskan gejala ini akan muncul dan hilang. Selain itu penderita juga akan mengalami nyeri kecil yang mengganggu.




Fokus : Serangan Jantung


#Tidur #Jantung
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 46 menit yang lalu

Cuka Apel Bantu Menstabilkan Gula Darah

Wartakesehatan.com - Cuka apel konon bisa mengobati aneka masalah kesehatan. Ya, memang ada penelitian yang mendukung..
Obat & Penyakit - 1 jam yang lalu

Stop! Mengupil bisa Berakibat Kematian

Wartakesehatan.com - Bagi banyak orang mengupil adalah kegiatan yang menyenangkan kerap dilakukan setiap orang baik..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Manfaat Sehat dari Menyanyi

Wartakesehatan.com - Hal-hal apa sajakan yang kalian rasakan pada saat kalian berkaraoke ataupun setelah kalian berkaraoke..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Cegah Rabun dengan Terapi Peregangan Otot

Wartakesehatan.com - Beberapa Gangguan pada mata ternyata dapat disembuhkan dengan cara sederhana yaitu rutin mengkonsumsi..
Obat & Penyakit - 6 jam yang lalu

5 Hal Sumber Penyakit di Dalam Rumah

Wartakesehatan.com - Berada di dalam rumah, bukan berarti terhindar dari polusi. Menurut EPA (US Environmental Protection..
Obat & Penyakit - 7 jam yang lalu

Perut Buncit dapat Timbulkan 5 Penyakit ini

Wartakesehatan.com - Berat badan ideal dan tubuh langsing sangat dinginkan oleh setiap orang, terkhusus kaum hawa. Selain..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Fakta Seputar Mandi Malam dan Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Bagi masyarakat perkotaan yang terbiasa berkegiatan hingga malam hari, mandi malam-malam menjadi..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

Tingkatkan Kesuburan dengan Omega 3

Wartakesehatan - Sejak dulu telah dikatakan bahwa minyak ikan sangat baik bagi kesehatan tubuh, mulai dari jantung,..
Herbal - 21 jam yang lalu

5 Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com-Tidak banyak orang yang suka dengan makanan yang memiliki rasa pahit seperti buah pare. Padahal, pare kerap..
22 jam yang lalu

Rebusan Air Jahe Bubuk Bisa Anti-Nyeri.

Wartakesehatan.com - Penggunaan jahe dalam makanan atau minuman tergantung kesukaan masimg-masing. Bagi yang ingin lebih..

+Indeks