Cara Sehat Atasi Diare pada Anak

Oleh : Dirk/dancow | Minggu, 14 Juli 2019 | 09:05 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Diare pada anak dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari infeksi usus hingga perubahan pola makan. Tentu tak tega melihat si Kecil kesakitan karena diare menyerang. Stop! Jangan sembarangan kasih obat!

Diare bisa saja menjadi peringatan bagi Bunda bahwa jangan memberikan makanan sembarangan atau tidak bersih. Sebab, diare tidak hanya menghambat aktivitas bermain dan bereksplorasi, tapi juga mengganggu proses belajar dan tumbuh kembangnya. Apalagi jika hal itu terjadi berlarut-larut. Maka dari itu, simak cara mencegah diare, termasuk dengan memanfaatkan probiotik berikut ini.

1. Kenali Penyakit Diare

Untuk segera melakukan perawatan dengan tepat, disarankan untuk mengenali penyakit diare dengan lebih baik. Sebagian besar diare distimulasi oleh infeksi saluran pencernaan, yang biasanya disebabkan oleh virus. Anak-anak yang berusia 1+ mudah mengalaminya lewat kontaminasi air minum atau makanan. Misalnya saja, proses memasak yang tidak higienis atau tidak rutin mencuci tangan sebelum menyentuh makanan.

Walau bukan tergolong penyakit serius, diare dapat menyebabkan kehilangan cairan, garam, dan mineral yang berujung pada risiko dehidrasi. Selain sering buang air besar dan feses encer, gejala lain yang ditimbulkan saat terserang diare bervariasi, mulai dari kram perut, demam, kehilangan nafsu makan, lemas, hingga mengalami dehidrasi.

2. Carilah Perawatan Medis

Hindari pemberian makanan pedas, digoreng, atau mengandung tinggi serat yang dapat memperparah penyakit ini. Jangan lupa cukupi kebutuhan cairannya dengan memberikan air putih, susu, atau hidangan berkuah. Bawalah segera ke dokter jika mereka mengalami diare berat yang berkepanjangan, mengalami demam tinggi, muntah, menolak untuk minum, nyeri perut hebat, dan feses mengandung darah atau lendir.

3. Lakukan Tindakan Pencegahan

Mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan? Dukung stimulasi anak-anak untuk mencuci tangan dengan baik dan rutin, terutama setelah menggunakan toilet atau setiap akan menyentuh makanan. Tunjukkan aksi cerdas dengan mencuci buah dan sayuran hingga bersih sebelum dimakan. Selain itu, lindungi si Petualang Kecil dari kontaminasi bakteri dengan menyediakan air minum dan bekal makanan yang dibuat sendiri di rumah.

Selain melakukan pencegahan terhadap diare, Bunda dapat memberikan dukungan dalam melindungi kesehatan si Kecil dengan memberikan susu pertumbuhan yang mengandung bakteri baik Lactobacillus rhamnosus & Bifidobacterium longum, Serat Pangan Inulin, Vitamin A, C, E, mineral Selenium, dan Zink. Dengan tubuh yang sehat, Bunda pun tidak khawatir membiarkan si Kecil bebas bermain.




Fokus : Diare


#Anak #Diare
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 57 menit yang lalu

Cara Mengobati Rasa Gatal di Bagian Selangkangan

Wartakesehatan.com - Tentu saja kita pernah merasakan gatal di bagian selangkangan dan itu pasti sangat tidak nyaman...
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Memelihara Ikan Hias di akuarium Baik bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Memelihara ikan hias di dalam akuarium merupakan salah satu sarana untuk menjaga kesehatan kita, baik..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Efek Buruk Bangun Terlalu Pagi Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com- Bangun terlalu pagi dengan tidur yang mencukupi, ternyata justru memberikan efek buruk bagi tubuh. Bangun..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

4 Tips Penting Rawat Payudara dari Infeksi

Wartakesehatan.com -  Punya payudara indah menjadi dambaan setiap wanita. Agar sepasang area sensitif Anda tetap..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Awas! Dehidrasi bisa sebabkan Obesitas

Wartakesehatan.com - Banyak masalah yang akan ditimbulkan jika tubuh kekuarangan cairan atau dehidrasi. Itu mengapa..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Waspada, 5 Kondisi Mata bisa Deteksi Gejala Penyakit

Wartakesehatan.com - Beberapa orang masih menganggap sepele tentang kesehatan mata. Tak jarang ada orang yang tidak peduli..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Benarkah Ngemil Di Malam Hari Bikin Gemuk ?

Wartakesehatan.com - Banyak mitos yang sering di anggap benar. Misalnya kalau ngemil di waktu malam dapat membuat gendut. Atau..
17 jam yang lalu

Konsumsi Kunyit Baik untuk Sistem Kekebalan Tubuh

Wartakesehatan.com - Tak hanya sebagai bumbu masak, ternyata kunyit memiliki banyak manfaat. Salah satunya untuk..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Pola Makan Sehat untuk Penderita Diabetes

Wartakesehatan.com - Kebutuhan nutrisi pasien diabetes itu sama seperti pada pasien non diabetes. Asupan gizi yang..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Manfaat Sehat dari Konsumsi Buah Nangka

Wartakesehatan.com - Nangka merupakan salah satu nama buah yang sudah tidak asing bagi mayoritas masyarakat di Indonesia...

+Indeks