Cara Sehat Atasi Diare pada Anak

Oleh : Dirk/dancow | Minggu, 14 Juli 2019 | 09:05 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Diare pada anak dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari infeksi usus hingga perubahan pola makan. Tentu tak tega melihat si Kecil kesakitan karena diare menyerang. Stop! Jangan sembarangan kasih obat!

Diare bisa saja menjadi peringatan bagi Bunda bahwa jangan memberikan makanan sembarangan atau tidak bersih. Sebab, diare tidak hanya menghambat aktivitas bermain dan bereksplorasi, tapi juga mengganggu proses belajar dan tumbuh kembangnya. Apalagi jika hal itu terjadi berlarut-larut. Maka dari itu, simak cara mencegah diare, termasuk dengan memanfaatkan probiotik berikut ini.

1. Kenali Penyakit Diare

Untuk segera melakukan perawatan dengan tepat, disarankan untuk mengenali penyakit diare dengan lebih baik. Sebagian besar diare distimulasi oleh infeksi saluran pencernaan, yang biasanya disebabkan oleh virus. Anak-anak yang berusia 1+ mudah mengalaminya lewat kontaminasi air minum atau makanan. Misalnya saja, proses memasak yang tidak higienis atau tidak rutin mencuci tangan sebelum menyentuh makanan.

Walau bukan tergolong penyakit serius, diare dapat menyebabkan kehilangan cairan, garam, dan mineral yang berujung pada risiko dehidrasi. Selain sering buang air besar dan feses encer, gejala lain yang ditimbulkan saat terserang diare bervariasi, mulai dari kram perut, demam, kehilangan nafsu makan, lemas, hingga mengalami dehidrasi.

2. Carilah Perawatan Medis

Hindari pemberian makanan pedas, digoreng, atau mengandung tinggi serat yang dapat memperparah penyakit ini. Jangan lupa cukupi kebutuhan cairannya dengan memberikan air putih, susu, atau hidangan berkuah. Bawalah segera ke dokter jika mereka mengalami diare berat yang berkepanjangan, mengalami demam tinggi, muntah, menolak untuk minum, nyeri perut hebat, dan feses mengandung darah atau lendir.

3. Lakukan Tindakan Pencegahan

Mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan? Dukung stimulasi anak-anak untuk mencuci tangan dengan baik dan rutin, terutama setelah menggunakan toilet atau setiap akan menyentuh makanan. Tunjukkan aksi cerdas dengan mencuci buah dan sayuran hingga bersih sebelum dimakan. Selain itu, lindungi si Petualang Kecil dari kontaminasi bakteri dengan menyediakan air minum dan bekal makanan yang dibuat sendiri di rumah.

Selain melakukan pencegahan terhadap diare, Bunda dapat memberikan dukungan dalam melindungi kesehatan si Kecil dengan memberikan susu pertumbuhan yang mengandung bakteri baik Lactobacillus rhamnosus & Bifidobacterium longum, Serat Pangan Inulin, Vitamin A, C, E, mineral Selenium, dan Zink. Dengan tubuh yang sehat, Bunda pun tidak khawatir membiarkan si Kecil bebas bermain.




Fokus : Diare


#Anak #Diare
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 23 menit yang lalu

5 Buah Sehat Penambah Darah

Wartakesehatan.com - Siapa sih yang tidak kenal buah ? semua pasti mengenalnya. Buah merupakan salah satu asupan makanan..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Beberapa Manfaat Daun Salam Untuk Tubuh

Wartakesehatan.com - Daun salam manfaatnya mampu untuk mengobati penyakit. Kandunganya pun sangat melimpah. Mulai dari..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Gaya Hidup Sehat Bantu Kurangi Resiko Kista

Wartakesehatan.com - Spesialis Kandungan dan Kebidanan dr Kathleen Juanita Gunawan menjelaskan, gaya hidup sehat membawa..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Resiko Dibalik Kesegaran Mandi Air Hangat

Wartakesehatan.com - Kebiasaan mandi air hangat mungkin sulit diubah, pasalnya memulai mandi air dingin maka tubuh akan..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Terbiasa Bangun Jam 4 Pagi, Ini Dia Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Ternyata bangun pagi itu banyak manfaatnya, apalagi kalau bangun rutin jam 4 pagi setiap..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ingin Tidur Nyenyak di Malam Hari? Lakukan ini!

Wartakesehatan - Tidur nyenyak dan berkualitas merupakan salah satu kunci agar badan tetap sehat bertenaga. Sayangnya..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

4 Makanan Ampuh Usir Stres

Wartakesehatan - Banyak orang yang percaya ada beberapa makanan ampuh menghilangkan rasa stres oleh karena itu mereka..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ketahui, 5 Fakta tentang BAB

Wartakesehatan - Tahukah Anda berapa kali sehari BAB yang disebut normal itu? Atau, mengapa saat Anda menstruasi Anda jadi..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ketahui, 4 Fakta tentang Keringat

Wartakesehatan.com -Semua orang pasti mengeluarkan keringat. Keringat bisa juga menjadi tanda dari beragam gangguan..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

5 Gejala jika Tubuh Kekurangan Kalium

Wartakesehatan - Kalium merupakan salah satu elektrolit yang paling penting dalam tubuh. Kalium bermanfaat untuk..

+Indeks