8 Makanan Sehat Tingkatkan Energi

Oleh : Dirk Christ | Minggu, 14 Juli 2019 | 10:10 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Energi yang terkuras saat bekerja bisa membuat tubuh menjadi lelah dan tak bertenaga. Jika sudah dalam kondisi lelah kronis, tidak sedikit orang yang akan mengambil atau mengonsumsi minuman berenergi untuk mengatasi masalah tersebut. Walaupun minuman berenergi dapat mengurangi rasa lelah dan membuat tubuh jadi bertenaga kembali, namun minuman seperti ini tidak baik untuk dikonsumsi terus-menerus, dan bisa berdampak buruk bagi tubuh untuk jangka panjangnya. Daripada minuman berenergi buatan pabrik, lebih baik jika konsumsi makanan-makanan sehat alami  untuk mengatasi rasa lelah yang mendera.

Berikut ini adalah makanan sehat yang bisa membantu meningkatkan energi dan membuat tubuh kita jadi lebih bertenaga kembali.

1. Kacang Almond

Kombinasi antara protein nabati dan lemak sehat di dalam kacang almond yang dapat membantu menstabilkan gula darah (salah satu penyebab menurunnya energi). Sehingga kacang almond merupakan salah satu makanan yang tepat untuk meningkatkan energi dan menjaga tubuh tetap bertenaga dalam waktu yang lama.

2. Ikan Salmon

Asam lemak Omega-3 dalam ikan salmon mendukung kesehatan sel-sel otak dan saraf, serta dapat mengurangi terjadinya “kabut mental”, kurang konsentrasi, atau masalah kognitif lainnya yang dapat disebabkan oleh kelelahan. Jika anda kesulitan untuk menemukan ikan salmon, sebagai gantinya anda juga bisa mengonsumsi ikan tuna.

3. Buah Citrus

Kandungan vitamin C-nya yang tinggi dalam glongan buah citrus seperti jeruk dan grapefruits dapat membantu meningkatkan energi tubuh dengan baik, karena meningkatkan jumlah oksigen yang beredar di otak, dan dapat membuat orang yang mengonsumsinya jadi segar kembali dan lebih berenergi.

4. Alpukat

Vitamin-B kompleks yang terkandung di dalam buah alpukat ini sangat penting dalam membantu meningkatkan energi. Mengonsumsinya secara rutin, apalagi sebelum bekerja, akan membuat energi tubuh terjaga dengan baik hingga siang hari. Buah ini dapat dikonsumsi dalam bentuk jus, atau bisa ditambahkan pada makanan seperti salad atau yang lainnya.

5. Buah Berry

Blueberry, strawberry, raspberry, dan buah berry lainnya sangat baik untuk meningkatkan energi tubuh. Buah-buahan tersebut mengandung sedikit gula di dalamnya, namun sudah cukup efektif untuk menambah energi yang terkuras. Selain itu, buah berry mengandung banyak serat untuk mencegah terjadinya kemorosotan energi. Antioksidan yang terkandung di dalamnya juga baik bagi kesehatan tubuh dan dapat melawan kelelahan.

6. Kurma

Kurma juga mengandung gula yang dapat membantu meningkatkan energi. Kurma juga kaya akan serat dan dapat membantu menstabilkan gula darah, sehingga energi akan tetap terjaga dalam waktu yang lama.

7. Semangka

Buah yang lezat dan segar ini ternyata juga dapat membantu meningkatkan energi tubuh. Kombinasi nutrisi di dalamnya seperti vitamin B dan kalium mampu meningkatkan energi dan menjaganya dalam waktu yang lama.

8. Brokoli

Brokoli adalah makanan yang baik untuk mempertahankan tingkat energi hingga sepanjang hari karena kaya akan kromium. Kromium sendiri adalah mineral penting yang mengatur bagaimana tubuh mempertahankan kadar gula darah dan membantu mencegah menurunnya gula darah yang dapat menyebabkan seseorang menjadi lelah.

Itulah beberapa makanan sehat yang bisa meningkatkan energi tubuh anda dan mencegah anda dari kelelahan kronis. Maka dari itu, daripada mengonsumsi minuman berenergi, lebih baik mengonsumsi makanan-makanan sehat tersebut.




Fokus : Makanan


#Makanan #Energi
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 44 menit yang lalu

Cuka Apel Bantu Menstabilkan Gula Darah

Wartakesehatan.com - Cuka apel konon bisa mengobati aneka masalah kesehatan. Ya, memang ada penelitian yang mendukung..
Obat & Penyakit - 1 jam yang lalu

Stop! Mengupil bisa Berakibat Kematian

Wartakesehatan.com - Bagi banyak orang mengupil adalah kegiatan yang menyenangkan kerap dilakukan setiap orang baik..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Manfaat Sehat dari Menyanyi

Wartakesehatan.com - Hal-hal apa sajakan yang kalian rasakan pada saat kalian berkaraoke ataupun setelah kalian berkaraoke..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Cegah Rabun dengan Terapi Peregangan Otot

Wartakesehatan.com - Beberapa Gangguan pada mata ternyata dapat disembuhkan dengan cara sederhana yaitu rutin mengkonsumsi..
Obat & Penyakit - 6 jam yang lalu

5 Hal Sumber Penyakit di Dalam Rumah

Wartakesehatan.com - Berada di dalam rumah, bukan berarti terhindar dari polusi. Menurut EPA (US Environmental Protection..
Obat & Penyakit - 7 jam yang lalu

Perut Buncit dapat Timbulkan 5 Penyakit ini

Wartakesehatan.com - Berat badan ideal dan tubuh langsing sangat dinginkan oleh setiap orang, terkhusus kaum hawa. Selain..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Fakta Seputar Mandi Malam dan Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Bagi masyarakat perkotaan yang terbiasa berkegiatan hingga malam hari, mandi malam-malam menjadi..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

Tingkatkan Kesuburan dengan Omega 3

Wartakesehatan - Sejak dulu telah dikatakan bahwa minyak ikan sangat baik bagi kesehatan tubuh, mulai dari jantung,..
Herbal - 21 jam yang lalu

5 Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com-Tidak banyak orang yang suka dengan makanan yang memiliki rasa pahit seperti buah pare. Padahal, pare kerap..
22 jam yang lalu

Rebusan Air Jahe Bubuk Bisa Anti-Nyeri.

Wartakesehatan.com - Penggunaan jahe dalam makanan atau minuman tergantung kesukaan masimg-masing. Bagi yang ingin lebih..

+Indeks