Daftar Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Oleh : Dirk/omediapc | Kamis, 14 Nopember 2019 | 14:35 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Mitos hamil mengatakan bahwa ibu hamil ketika makan adalah untuk dua orang, jadi kapasitas dan porsinya harus diperbesar, ini tentu tidaklah benar karena walaupun ibu sedang mengandung bayi namun keperluan asupan janin ketika didalam rahim hanya menerima sebagian nutrisi yang disalurkan melalui plasenta dan tentu saja tidak menerima porsi makanan langsung dari sang ibu. sehingga pemilihan makanan sehat untuk ibu hamil perlu dan harus diperhitungkan guna menjaga kehamilan tetap sehat bagi keduanya.

Disini kami menyarankan pemilihan jenis makanan sehat bagi wanita hamil harus sesuai dengan standar gizi yang diperbolehkan, ditambah adanya pertimbangan lain yang mengharuskan lebih berhati hati terutama bagi ibu yang mengidap alergi terhadap jenis makanan tertentu, dianjurkan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter dan ahli gizi agar mendapat saran terbaik dalam pemilihan makanan sehat selama kehamilan.

Untuk lebih memudahkan anda menentukan jenis makanan sehat untuk ibu hamil sudah selayaknya anda membuat daftar makanan sehat wajib dikonsumsi selama kehamilan agar dapat mengontrol kepentingan nutrisi bayi sesuai usia kandungannya, anda bisa melihat contohnya dibawah ini:

Daftar makanan untuk ibu hamil

Berikut 5 makanan menyehatkan bagi wanita sedang hamil, anda tidak diharuskan mengkonsumsi semuanya, cukup pilih beberapa saja untuk menunjang nutrisi sehat selama kehamilan.

  • Telur

Kandungan kalori yang terdapat dari sebutir telur berjumlah 90 yang sangat bermanfaat untuk kesehatan selama kehamilan, dan bukan itu saja, satu butir telur juga mengandung 12 vitamin dan mineral serta protein yang cukup tinggi, anda dapat dengan mudah menemukan jenis telur ini disekeliling kita.

Manfaat mengkonsumsi telur diwaktu hamil selain kandungan elemen diatas tadi, telur ini mengandung elemen yang kaya akan choline yang bertanggungjawab mendukung pertumbuhan dan kesehatan otak bayi, selain itu telur juga mengandung omega 3 yang memberi manfaat terhadap vision pada bayi.

Tetapi perlu diingat, telur juga mengandung kolesterol cukup tinggi sehingga harus diperhatikan kondisi kesehatan ibu hamil, mengkonsumsi telur pada wanita hamil sebaiknya dihindari jika anda termasuk orang yang mengidap kolesterol, namun untuk ibu hamil yang mempunyai kolesterol standar atau rendah dianjurkan untuk mengkonsumsi satu sampai dua butir telur setiap hari karena telur ini adalah jenis makanan sehat untuk ibu hamil yang gampang ditemui dan murah untuk dikonsumsi

  • Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan jenis ikan yang kaya akan protein dan omega 3 yang berperan memberi manfaat dan kontribusi terhadap pertumbuhan bayi, juga dapat menghasilkan mood positif bagi ibu hamil yang mengkonsumsinya.

Ikan salmon tidak seperti jenis ikan laut lainnya yang beresiko mengandung banyak material merkuri, ikan ini sangat dianjurkan dipilih sebagai asupan makanan bergizi untuk ibu hamil agar dikonsumsi secukupnya, tetapi sebagai saran ketika anda memilih jenis ikan laut untuk dimakan, seyogyanya tidak berlebihan sehingga resiko kandungan merkuri yang terdapat pada ikan tidak berdampak pada syaraf bayi dalam kandungan. jenis ikan laut yang rendah merkuri juga bisa ditemukan pada ikan tuna.

  • Kacang kacangan

Kacang kacangan banyak mengandung serat dan protein yang dibutuhkan selama kehamilan, jenis kacang ini diantaranya sangat mudah ditemukan disekitar kita untuk dijadikan makanan sehat untuk ibu hamil contohnya kacang buncis, kacang lentil, kacang pinto dll.

  • Ubi jalar

Ubi jalar adalah salah satu penghasil vitamin C, folat dan serat, ubi jalar termasuk jenis makanan yang mudah ditemukan dengan harga murah dan serbaguna. Ubi ini berwarna oranye atau kuniing tua kecoklatan yang dipengaruhi oleh zat karotenoid yaitu jenis pigmen dari tumbuhan yang dapat berubah menjadi vitamin A ketika dikonsumsi, tak seperti sumber vitamin A lainnya yang didapat dari telur, susu dan hati, zat karotenoid ini tidak berbahaya jika dimakan dengan porsi banyak.

  • Biji bijian

Biji-bijian termasuk makanan sehat untuk wanita hamil dan tergolong jenis makanan ringan, biji ini juga mengandung kaya akan serat, vitamin E, nutrisi, selenium dll anda bisa mendapatkan makanan ringan ini dari jenis kwaci yang mudah dan murah harganya.




Fokus : Ibu Hamil


#Hamil #Ibu
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Pembagian Sembako untuk Kaum Dhuafa Bekasi oleh Ezy Pratama Foundation dan INTI

 Wartakesehatan.com.- Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti..
Alkes & Lab - 4 hari yang lalu

Confidence Persembahkan Adult Pants Gender untuk Pria dan Wanita

Jakarta, WartaKesehatan.com - Confidence, merek popok dewasa nomor 1 di Indonesia kembali meluncurkan produk terbarunya,..
Warta Sehat - 5 hari yang lalu

Donasi Dexa Group Agar Tenaga Medis Miliki Imun Kuat

Wartakesehatan.com - Derasnya dukungan penanganan Covid -19 dengan menyumbang Donasi 20.000 kapsul Stimuno Forte dan 50 goodie..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

CFD Jangan jadi Cluster Baru, Konsisten Jaga Imun Tubuh

  Wartakesehatan.com, JAKARTA - Pelonggaran PSBB sudah dilakukan di beberapa daerah, namun sayangnya tidak semua..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Komnas Anak Tuding Gubernur DKI Hilangkan Hak Anak

Wartakesehatan.com - Hilangnya hak anak atas pendidikan di DKI Jakarta dan bahkan di Indonesia tahun ajaran baru 2020/2021..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Jadikan Sumatera Bebas Asap, Kapolda Sumsel dan Jambi Bangun Posko Karhutla Bersama

Wartakesehatan.com -  Guna mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) pada masa kemarau tahun ini, Kepala..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Baksos Ezy Pratama Foundation dan Yayasan INTI ke Kaum Dhuafa Klender

Wartakesehatan.com - Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti sosial di..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

New Normal: Menjaga Imunitas dengan Imunomodulator Herbal

JAKARTA - Kita tahu, wabah korona belum kunjung usai di dunia dan negara kita, Indonesia. Apalagi sampai saat ini vaksin untuk..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Hasanuddin Minta Pemerintah Daerah Tak Asal Terapkan New Normal

JAKARTA,- Pemerintah menerapkan kenormalan baru atau new normal di tengah pandemi covid-19. Langkah ini mendapat sorotan dari..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

WFH Bikin Sakit Kepala Ini Obatnya

JAKARTA - Sejak bulan Maret 2020, sebagian besar kantor sudah menerapkan kebijakan kerja dari rumah (WFH) akibat penularan..

+Indeks