Menguap Teryata Miliki Manfaat Kesehatan

Oleh : Dirk/rancahpos | Minggu, 15 September 2019 | 19:30 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Menguap adalah indikasi dari perasaan bosan, lelah dan juga mengantuk. Sadar atau tidak, saat kita melihat orang lain sedang menguap, kita pun akan ikut menguap. Bahkan, ketika orang yang kita lihat sedang menguap itu hanyalah sebuah foto.

Coba deh, ladies lihat foto orang yang sedang menguap, kemudian perhatikan baik-baik dan resapi. Secara tidak sengaja kamu pun akan ikut menguap. Hmmm, apakah hal ini merupakan suatu hal yang wajar jika terjadi? Nggak perlu khawatir ladies, ini merupakan sebuah hal yang sangat wajar terjadi. Tidak perlu takut, menguap sebenarnya merupakan aktivitas yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Adapun manfaat menguap untuk kesehatan antara lain sebagai berikut.

Meningkatkan suplay oksigen
Ketika kita menguap, maka paru-paru akan terisi oleh oksigen yang kita hirup dari luar. Saat ini, keberadaan karbondioksida di dalam paru-paru akan dibuang. Menguap juga akan menyuplay kebutuhan oksigen yang lebih banyak dalam tubuh sehingga tubuh akan tetap terjaga dan sehat. Saat kita berada di tempat tertutup dan banyak orang, hal ini akan membuat kita lebih sering menguap. Hal ini terjadi karena saat itu kandungan karbondioksida di dalam tubuh lebih banyak sehingga tubuh perlu oksigen yang lebih banyak. Dengan menguap, hal ini akan membantu tubuh mendapatkan suplay oksigen yang cukup.

Meningkatkan rasa empati
Untuk kamu yang sering merasa emosi dan marah, cobalah menguap. Menguap akan membuat perasaan jadi lebih empati, tenang serta menurunkan emosi. Menguap juga akan membuat rasa kasih sayang lebih meningkat. Jelas, bahwa menguap sangat sehat baik untuk kesehatan fisik maupun psikis.

Melemaskan otot
Tidak hanya menyuplay oksigen dan meningkatkan empati, menguap juga sangat mungkin membuat otot pada tubuh lebih renggang dan lemas. Secara tidak langsung, menguap juga akan membuat tubuh lebih rileks serta nyaman karena oksigen yang ada dalam tubuh sudah meningkat. Dengan menguap, hal ini juga akan membantu kita mempunyai pendengaran yang baik karena sudah terjadi peregangan otot di sekitar wilayah gendang telinga.

Mendinginkan otak
Sebuah penelitian yang dilakukan di Princeton University dan University of Arizona menemukan bahwa menguap merupakan salah satu aktivitas yang bisa membantu mendinginkan otak. Menguap juga sudah menjadi salah satu aktivitas yang berfungsi sebagai obat alami dari masalah migrain ataupun pusing. Ketika seseorang berada di suatu tempat yang dingin, hal ini akan membuatnya lebih sering menguap. Hal ini terjadi karena suhu tubuh serta otak lebih panas dari suhu udara yang ada. Untuk mendinginkannya, menguap merupakan solusi termudah dan terbaiknya.

Ladies, itu tadi 4 manfaat menguap untuk kesehatan. Tapi, selain menunjukkan beberapa manfaat untuk kesehatan, kebiasaan menguap terlalu berlebihan justru menandakan ada sesuatu yang salah dalam kesehatan tubuhmu ladies. Intensitas menguap yang terlalu banyak bisa saja menandakan bahwa tubuh sangat kelelahan atau ada indikasi resiko beberapa penyakit tertentu. 




Fokus : Menguap


#Kesehatan #Menguap
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 43 menit yang lalu

Waspadai, 4 Gejala Penyakit Kanker

Wartakesehatan - Kanker merupakan penyakit paling mematikan di dunia, selain menyerang organ bahkan sel-sel tertentu..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Manfaat Sehat Kacang Almond

Wartakesehatan.com - Almond merupakan sumber protein baik yang mengandung asam lemak esensial, vitamin E, dan magnesium,"..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Redakan Nyeri Menstruasi dengan 6 Cara ini!

Wartakesehatan - Siklus bulanan bagi wanita atau menstruasi terjadi ketika remaja pada usia 10 tahun. Bagi wanita..
Mamin - 3 jam yang lalu

7 Sayuran yang Kaya Vitamin K

Wartakesehatan.com - Vitamin memang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita , agar tubuh selalu sehat. Misalkan vitamin K..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Pepaya Bermanfaat bagi Kesehatan Wanita

Wartakesehatan.com - Pepaya merupakan buah yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan sekarang sudah menyebar luas dan..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Waspada, Reaksi Gigitan Nyamuk

Wartakesehatan.com - Beberapa penyakit bisa didatangkan oleh nyamuk, salah satunya demam berdarah. Seringkali kita anggap..
Mamin - 6 jam yang lalu

4 Makanan ini, Bersihkan Paru-paru Perokok

Wartakesehatan - Tak bisa dipungkiri sejak anak-anak, remaja hingga dewasa kita telah diperingatkan tentang bahaya..
Herbal - 7 jam yang lalu

Jamu Tradisional anti Anemia

Wartakesehatan.com - Mungkin sebagian orang lebih memilih menggunakan obat dan jamu tradisional dibandingkan dengan obat..
Kecantikan - 8 jam yang lalu

Waspada, Jerawat bisa memicu Bunuh Diri

Wartakesehatan.com - Setiap orang pasti tidak asing dengan yang namanya jerawat. Jerawat adalah suatu keadaan di mana..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Lemon Hangat Bantu Turunkan Berat Badan

Wartakesehatan.com - Kandungan vitamin C dalam lemon dinilai mampu menjaga kekebalan tubuh dari serangan penyakit. Tapi..

+Indeks