Menguap Teryata Miliki Manfaat Kesehatan

Oleh : Dirk/rancahpos | Minggu, 15 September 2019 | 19:30 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Menguap adalah indikasi dari perasaan bosan, lelah dan juga mengantuk. Sadar atau tidak, saat kita melihat orang lain sedang menguap, kita pun akan ikut menguap. Bahkan, ketika orang yang kita lihat sedang menguap itu hanyalah sebuah foto.

Coba deh, ladies lihat foto orang yang sedang menguap, kemudian perhatikan baik-baik dan resapi. Secara tidak sengaja kamu pun akan ikut menguap. Hmmm, apakah hal ini merupakan suatu hal yang wajar jika terjadi? Nggak perlu khawatir ladies, ini merupakan sebuah hal yang sangat wajar terjadi. Tidak perlu takut, menguap sebenarnya merupakan aktivitas yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Adapun manfaat menguap untuk kesehatan antara lain sebagai berikut.

Meningkatkan suplay oksigen
Ketika kita menguap, maka paru-paru akan terisi oleh oksigen yang kita hirup dari luar. Saat ini, keberadaan karbondioksida di dalam paru-paru akan dibuang. Menguap juga akan menyuplay kebutuhan oksigen yang lebih banyak dalam tubuh sehingga tubuh akan tetap terjaga dan sehat. Saat kita berada di tempat tertutup dan banyak orang, hal ini akan membuat kita lebih sering menguap. Hal ini terjadi karena saat itu kandungan karbondioksida di dalam tubuh lebih banyak sehingga tubuh perlu oksigen yang lebih banyak. Dengan menguap, hal ini akan membantu tubuh mendapatkan suplay oksigen yang cukup.

Meningkatkan rasa empati
Untuk kamu yang sering merasa emosi dan marah, cobalah menguap. Menguap akan membuat perasaan jadi lebih empati, tenang serta menurunkan emosi. Menguap juga akan membuat rasa kasih sayang lebih meningkat. Jelas, bahwa menguap sangat sehat baik untuk kesehatan fisik maupun psikis.

Melemaskan otot
Tidak hanya menyuplay oksigen dan meningkatkan empati, menguap juga sangat mungkin membuat otot pada tubuh lebih renggang dan lemas. Secara tidak langsung, menguap juga akan membuat tubuh lebih rileks serta nyaman karena oksigen yang ada dalam tubuh sudah meningkat. Dengan menguap, hal ini juga akan membantu kita mempunyai pendengaran yang baik karena sudah terjadi peregangan otot di sekitar wilayah gendang telinga.

Mendinginkan otak
Sebuah penelitian yang dilakukan di Princeton University dan University of Arizona menemukan bahwa menguap merupakan salah satu aktivitas yang bisa membantu mendinginkan otak. Menguap juga sudah menjadi salah satu aktivitas yang berfungsi sebagai obat alami dari masalah migrain ataupun pusing. Ketika seseorang berada di suatu tempat yang dingin, hal ini akan membuatnya lebih sering menguap. Hal ini terjadi karena suhu tubuh serta otak lebih panas dari suhu udara yang ada. Untuk mendinginkannya, menguap merupakan solusi termudah dan terbaiknya.

Ladies, itu tadi 4 manfaat menguap untuk kesehatan. Tapi, selain menunjukkan beberapa manfaat untuk kesehatan, kebiasaan menguap terlalu berlebihan justru menandakan ada sesuatu yang salah dalam kesehatan tubuhmu ladies. Intensitas menguap yang terlalu banyak bisa saja menandakan bahwa tubuh sangat kelelahan atau ada indikasi resiko beberapa penyakit tertentu. 




Fokus : Menguap


#Kesehatan #Menguap
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 hari yang lalu

TB. Hasanuddin: Penerapan New Normal Tanpa Persiapan Matang Akan Timbulkan Kematian Massal

Wartakesehatan.com - Indonesia bersiap memasuki fase New Normal atau penormalan baru ditengah pandemi covid-19. Sejumlah..
Tekhnologi - 1 minggu yang lalu

Helm Cerdas Deteksi Corona Sangat Penting dan Perlu

Wartakesehatan.com -  Polda Riau memberikan contoh inisiatif dan inovasi dalam perjuangannya melawan pandemi coronavirus...
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Di Tengah Pandemi, Hasanuddin Kunjungi Dapil dan Bagikan Ribuan Masker dan Sembako 

Wartakesehatan.com - Di tengah pandemi covid-19 dan jelang Hari Raya Idul Fitri ini, anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Covid-19, Sunan Kalijaga Gandeng Nikita Mirzani Baksos ke Markas TNI

Wartakesehatan.com - Ditengah pandemi Covid-19, Pengacara Sunan Kalijaga Bersama Artis dan Forum Kader Bela Negara (FKBN)..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

BPOM: Biasakan Minum Obat Herbal dan Suplemen Kesehatan untuk Daya Tahan Tubuh Menghadapi Pandemi COVID-19

Wartakesehatan.com -  Pandemi COVID-19 membuat sebagian besar masyarakat lebih sadar pentingnya menjaga kesehatan. Salah..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

Studi: Sistem Imun Krusial dalam Melawan Infeksi Virus Corona

Wartakesehat.com - Sebuah penelitian di Australia dalam jurnal Nature Medicine menyimpulkan, sistem imun..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

8 Cara Jaga Imun tetap Sehat Lawan Virus Corona

Wartakesehatan.com - Untuk melindungi diri dari paparan virus corona, masyarakat dunia telah banyak menjalankan langkah..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

Imunomodulator untuk Cegah Virus Masuk Tubuh

Wartakesehatan.com - Membekali diri dengan cara cegah infeksi virus, dapat “membentengi” tubuh Anda dari berbagai..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Penderita Covid di Indonesia Capai 14.749 dan Terus Naik

Wartakesehatan.com - Angka positif COVID-19 yang terkonfirmasi lewat tes laboratorium di Indonesia kini..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Edukasi Pemeriksaan Rapid Test dan Swab Beredar di WA

Wartakesehatan.com - Sebuah pesan berantai untuk edukasi virus Corona beredar. Isi pesan berantai tersebut sebagai..

+Indeks