Menguap Teryata Miliki Manfaat Kesehatan

Oleh : Dirk/rancahpos | Selasa, 16 Juli 2019 | 20:30 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Menguap adalah indikasi dari perasaan bosan, lelah dan juga mengantuk. Sadar atau tidak, saat kita melihat orang lain sedang menguap, kita pun akan ikut menguap. Bahkan, ketika orang yang kita lihat sedang menguap itu hanyalah sebuah foto.

Coba deh, ladies lihat foto orang yang sedang menguap, kemudian perhatikan baik-baik dan resapi. Secara tidak sengaja kamu pun akan ikut menguap. Hmmm, apakah hal ini merupakan suatu hal yang wajar jika terjadi? Nggak perlu khawatir ladies, ini merupakan sebuah hal yang sangat wajar terjadi. Tidak perlu takut, menguap sebenarnya merupakan aktivitas yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Adapun manfaat menguap untuk kesehatan antara lain sebagai berikut.

Meningkatkan suplay oksigen
Ketika kita menguap, maka paru-paru akan terisi oleh oksigen yang kita hirup dari luar. Saat ini, keberadaan karbondioksida di dalam paru-paru akan dibuang. Menguap juga akan menyuplay kebutuhan oksigen yang lebih banyak dalam tubuh sehingga tubuh akan tetap terjaga dan sehat. Saat kita berada di tempat tertutup dan banyak orang, hal ini akan membuat kita lebih sering menguap. Hal ini terjadi karena saat itu kandungan karbondioksida di dalam tubuh lebih banyak sehingga tubuh perlu oksigen yang lebih banyak. Dengan menguap, hal ini akan membantu tubuh mendapatkan suplay oksigen yang cukup.

Meningkatkan rasa empati
Untuk kamu yang sering merasa emosi dan marah, cobalah menguap. Menguap akan membuat perasaan jadi lebih empati, tenang serta menurunkan emosi. Menguap juga akan membuat rasa kasih sayang lebih meningkat. Jelas, bahwa menguap sangat sehat baik untuk kesehatan fisik maupun psikis.

Melemaskan otot
Tidak hanya menyuplay oksigen dan meningkatkan empati, menguap juga sangat mungkin membuat otot pada tubuh lebih renggang dan lemas. Secara tidak langsung, menguap juga akan membuat tubuh lebih rileks serta nyaman karena oksigen yang ada dalam tubuh sudah meningkat. Dengan menguap, hal ini juga akan membantu kita mempunyai pendengaran yang baik karena sudah terjadi peregangan otot di sekitar wilayah gendang telinga.

Mendinginkan otak
Sebuah penelitian yang dilakukan di Princeton University dan University of Arizona menemukan bahwa menguap merupakan salah satu aktivitas yang bisa membantu mendinginkan otak. Menguap juga sudah menjadi salah satu aktivitas yang berfungsi sebagai obat alami dari masalah migrain ataupun pusing. Ketika seseorang berada di suatu tempat yang dingin, hal ini akan membuatnya lebih sering menguap. Hal ini terjadi karena suhu tubuh serta otak lebih panas dari suhu udara yang ada. Untuk mendinginkannya, menguap merupakan solusi termudah dan terbaiknya.

Ladies, itu tadi 4 manfaat menguap untuk kesehatan. Tapi, selain menunjukkan beberapa manfaat untuk kesehatan, kebiasaan menguap terlalu berlebihan justru menandakan ada sesuatu yang salah dalam kesehatan tubuhmu ladies. Intensitas menguap yang terlalu banyak bisa saja menandakan bahwa tubuh sangat kelelahan atau ada indikasi resiko beberapa penyakit tertentu. 




Fokus : Menguap


#Kesehatan #Menguap
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 15 menit yang lalu

4 Cara atasi Nyeri Punggung

Wartakesehatan.com - Sebagai manusia biasa, kadang-kadang bahkan sering mengalami yang namanya nyeri punggung, Sebelum ke..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

5 Buah Sehat Penambah Darah

Wartakesehatan.com - Siapa sih yang tidak kenal buah ? semua pasti mengenalnya. Buah merupakan salah satu asupan makanan..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Beberapa Manfaat Daun Salam Untuk Tubuh

Wartakesehatan.com - Daun salam manfaatnya mampu untuk mengobati penyakit. Kandunganya pun sangat melimpah. Mulai dari..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Gaya Hidup Sehat Bantu Kurangi Resiko Kista

Wartakesehatan.com - Spesialis Kandungan dan Kebidanan dr Kathleen Juanita Gunawan menjelaskan, gaya hidup sehat membawa..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Resiko Dibalik Kesegaran Mandi Air Hangat

Wartakesehatan.com - Kebiasaan mandi air hangat mungkin sulit diubah, pasalnya memulai mandi air dingin maka tubuh akan..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Terbiasa Bangun Jam 4 Pagi, Ini Dia Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Ternyata bangun pagi itu banyak manfaatnya, apalagi kalau bangun rutin jam 4 pagi setiap..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ingin Tidur Nyenyak di Malam Hari? Lakukan ini!

Wartakesehatan - Tidur nyenyak dan berkualitas merupakan salah satu kunci agar badan tetap sehat bertenaga. Sayangnya..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

4 Makanan Ampuh Usir Stres

Wartakesehatan - Banyak orang yang percaya ada beberapa makanan ampuh menghilangkan rasa stres oleh karena itu mereka..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ketahui, 5 Fakta tentang BAB

Wartakesehatan - Tahukah Anda berapa kali sehari BAB yang disebut normal itu? Atau, mengapa saat Anda menstruasi Anda jadi..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ketahui, 4 Fakta tentang Keringat

Wartakesehatan.com -Semua orang pasti mengeluarkan keringat. Keringat bisa juga menjadi tanda dari beragam gangguan..

+Indeks