4 Jenis Insomnia yang Perlu Diketahui

Oleh : Dirk/tempo | Minggu, 12 Januari 2020 | 19:35 WIB


(ist)

Wartakesehatan - Dokter dari Klinik Gangguan Tidur Rumah Sakit Umum Pusat Dr Sardjito, Yogyakarta, Astuti, mengatakan tidur diperlukan untuk konsolidasi energi, konsolidasi memori, kesehatan otak, reparasi, dan pertumbuhan. Ini bisa dicapai dengan tidur yang berkualitas dan sehat. Kebutuhan tidur pada orang dewasa mencapai tujuh-delapan jam per hari.

Namun banyak orang mengalami gangguan tidur, terutama insomnia—gangguan tidur yang paling banyak dialami penduduk dunia. The American Academy of Sleep Medicine pada 2014 mencatat, 30-35 persen penduduk dewasa Amerika Serikat memiliki gejala singkat insomnia.

Sebanyak 15-20 persen memiliki gangguan tidur jangka pendek kurang dari tiga bulan dan 10 persen memiliki gangguan insomnia kronis yang mendera paling tidak tiga kali dalam sepekan dalam jangka paling tidak tiga bulan.

Sedangkan data riset internasional yang dilakukan US Census Bureau International Data Base pada 2004 menyebutkan, dari penduduk Indonesia yang berjumlah 238,452 juta, sebanyak 28,053 juta atau sekitar 11,7 persen di antaranya menderita insomnia atau.

Ada empat jenis insomnia.

Pertama, kesulitan jatuh tertidur. Saat kepala sudah menyentuh bantal, keinginan untuk tidur besar, tapi tak juga jatuh tertidur. "Sudah guling-guling tapi ya tetap enggak bisa tidur," ujar Astuti dalam acara diskusi tentang insomnia di Jakarta, Jumat pekan lalu.

Kedua, gampang jatuh tertidur tapi sering terbangun pada malam hari, kecuali terbangun untuk pipis. Ketiga, early wake-up atau gampang jatuh tertidur tapi bangunnya terlalu pagi. Misalnya, seseorang tertidur pada pukul 21.00, lalu terbangun pada pukul 02.00 dan tak bisa tidur lagi. Yang terakhir, tidur yang tak berkualitas atau tidur dangkal.

Kalau kebutuhan tidur ini tak terpenuhi, efeknya akan mengganggu kesehatan. Dokter dari Klinik Gangguan Tidur Mitra Keluarga, Kemayoran, Jakarta Pusat, Andreas Prasadja, menuturkan kebutuhan akan tidur yang tak dipenuhi dapat membuat seseorang pada siang hari menjadi ngantukan, terjadi gangguan atensi, mood-nya jelek, mudah tersinggung, kurang berkonsentrasi, kesulitan mengambil keputusan, berisiko mengalami gangguan kecemasan dan depresi, serta kinerjanya menurun.

Bagi kesehatan, kurang tidur juga terbukti membuat daya tahan tubuh menurun, kegemukan, diabetes, terserang penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi. "Insomnia juga bisa menyebabkan kecelakaan saat berkendara karena ngantuk," katanya.

Untuk mengatasinya, Andreas menyarankan memperbaiki kebiasaan tidur. Salah satunya dengan menciptakan suasana kamar yang nyaman dan berpikir positif. Tubuh juga harus dalam kondisi rileks. "Yang dicari itu bukan tidurnya, melainkan rileksnya. Kalau bisa rileks, baru bisa tidur," ujarnya.




Fokus : Insomnia


#Insomnia
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 29 menit yang lalu

Pola Makan Sehat untuk Penderita Diabetes

Wartakesehatan.com - Kebutuhan nutrisi pasien diabetes itu sama seperti pada pasien non diabetes. Asupan gizi yang..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Manfaat Sehat dari Konsumsi Buah Nangka

Wartakesehatan.com - Nangka merupakan salah satu nama buah yang sudah tidak asing bagi mayoritas masyarakat di Indonesia...
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Kol Goreng Bahaya Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com-Makan seporsi ayam goreng atau pecel lele rasanya kurang lengkap tanpa adanya kol goreng. Jika dahulu kol..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Naik Turun Tangga Kantor ,Apakah Termasuk Olahraga?

Wartakesehatan.com-Sulit untuk mencari waktu berolahraga ketika Anda berada di kantor. Naik turun tangga di kantor bahkan..
Seks - 3 jam yang lalu

Menahan Ejikulasi? Ini Yang Terjadi Pada Tubuh Anda

Wartakesehatan.com-Menahan atau menunda ejakulasi merupakan salah satu cara mengatasi ejakulasi dini. Cara ini disebut juga..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Asupan Kaya Kalsium dan Vitamin D yang Baik

Wartakesehatan.com - Nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga tulang tetap sehat, dua di antaranya yang paling penting..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Berhenti Merokok Malah Sakit,Itu Pertanda Baik

Wartakesehatan.com-Selalu ada pertanyaan, mengapa ketika berhenti merokok malah membuat tubuh jadi sakit. Berhenti merokok pada..
5 jam yang lalu

Apakah Makanan Diet Anda Sehat ?

Wartakesehatan.com - Apa sudah yakin kalau makanan yang harus dikonsumsi itu benar-benar sehat? Dikutip dari..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Diet Buah Sehat Penurun Berat Badan

Wartakesehatan.com - Mau diet jenis apapun, buah kerap direkomendasikan masuk ke dalam menu harian. Buah pun bisa Anda jadikan..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Jenis Olahraga Untuk Kesehatan Mental

Wartakesehatan.com - Menurut penelitian, olahraga yang dilakukan dalam waktu 30 menit atau lebih setiap hari dapat..

+Indeks