Toilet Menyimpan 5 Penyakit ini!

Oleh : Dirk/Merdeka | Selasa, 10 Desember 2019 | 07:25 WIB


(ist)

Wartakesehatan - Toilet pada dasarnya sangat dibutuhkan manusia karena digunakan sebagai tempat pembuangan air besar dan kecil. Saat Anda bepergian dan hasrat untuk buang air begitu besar, maka mau tidak mau Anda pun akan menggunakan toilet umum. Sayangnya, kebersihan toilet umum saat ini masih belum terjamin. Tisu bekas pakai berceceran, dudukan toilet yang kotor, lantai toilet yang basah, dan air yang tidak bersih masih dengan mudah Anda temui di sebagian besar toilet umum di Indonesia.

Padahal dilansir dari boldsky.com, kondisi toilet yang demikian mampu menyebarkan penyakit berbahaya seperti di bawah ini.

Infeksi Streptococcus
Infeksi Streptococcus akan mudah menjangkiti Anda jika Anda memakai toilet yang kotor. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri ini adalah radang tenggorokan, demam, dan menyebabkan kulit memerah. Selain itu, infeksi streptococcus juga akan membuat Anda rentan mengalami infeksi saluran kemih.

Hepatitis A
Hepatitis A merupakan penyakit yang paling umum terjadi jika Anda menggunakan toilet yang kotor. Gejala awal dari penyakit ini adalah demam, mual, dan kram perut. Virus Hepatitis A biasanya ditularkan dari kotoran orang yang terinfeksi.

Infeksi Staphylococcus 
Infeksi Staphylococcus atau yang biasa disebut dengan infeksi staph adalah infeksi yang menyebabkan sekelompok penyakit seperti demam, sakit kepala, dan rasa mudah lelah. Infeksi staph sangat mudah sekali menyerang bagi mereka yang baru saja menggunakan toilet umum.

Pilek dan flu
Tahukah Anda bahwa pilek dan flu bisa disebabkan karena penggunaan toilet yang kotor? Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk selalu menjaga kebersihan toilet di rumah serta berhati-hati saat menggunakan toilet umum.

Infeksi E-coli
E-coli termasuk bakteri yang dengan mudah ditemukan di toilet kotor. E-coli akan menyebabkan infeksi yang membuat Anda mengalami buang air besar berdarah, kram perut, serta muntah. Selain di dudukan toilet, gagang pintu juga rentan menjadi tempat bersarangnya bakteri ini.

Jika Anda terpaksa menggunakan toilet umum, Anda bisa meminimalkan penyebaran bakteri dengan selalu membersihkan dudukan toilet dengan tisu basah saat Anda digunakan. Kemudian, selalu cuci tangan setelah buang air besar maupun air kecil.




Fokus : Toilet


#Toilet
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Liputan Khusus - 5 hari yang lalu

Idul Adha 1441 H : Masjid Baiturrahman & Al-Islam Cipayung Ikuti Protokol Kesehatan

Wartakesehatan.com - Dalam menjalankan rangkaian ibadah Idul Adha 1441 H/2020 M pada tahun ini sangat berbeda sekali dari..
Liputan Khusus - 5 hari yang lalu

Lurah Cipayung Tinjau Penerapan Protokol Kesehatan Saat Idul Adha 1441 H/2020

Wartakesehatan.com - Masih tingginya penyebaran wabah Covid-19 di wilayah DKI Jakarta menjadi perhatian bagi pemangku kebijakan..
Liputan Khusus - 6 hari yang lalu

Masjid Nurul Hikmah Terapkan Protokol Kesehatan & Konsisten Jaga Kualitas Daging Qurban

Wartakesehatan.com - Rangkaian pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020 pada tahun ini sangat dipengaruhi dengan situasi..
Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

Daging Qurban Masjid Al Falah Terpantau & Terapkan Protokol Kesehatan

Pelaksanaan pemotongan hewan qurban di Masjid Al Falah Cipayung Jakarta Timur.
Herbal - 3 minggu yang lalu

Kelompok Usia Produktif Waspadai PTM

Wartakesehatan.com -- Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan menunjukkan bahwa saat ini perkembangan Penyakit Tidak..
Herbal - 3 minggu yang lalu

Cegah Virus dengan Herbal

Wartakesehatan.com - Antivirus corona berbasis tanaman eucalyptus belakangan ini ramai diperbincangkan. Potensi antivirus..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Menkes Sebut Meniran Hijau untuk Penanggulangan Covid-19

Wartakesehatan.com - Menteri Kesehatan Terawan patut diberikan apreasiasi dengan sebutan bapak Herbal karena mendukung Obat..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Awas! Protokol Kesehatan Anak di Sekolah Bisa Jadi Cluster Baru

Wartakesehatan.com - Banyak pihak yang meminta pemerintah menunda untuk melaksanan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Cegah Penularan Droplet dengan Masker di Mana Saja

Wartakesehatan.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui munculnya bukti-bukti yang melihat virus Corona COVID-19 bisa..
Warta Sehat - 4 minggu yang lalu

Waspadai Droplet di Ruangan tertutup

Wartakesehatan.com - New Normal membuat sebagian kantor-kantor buka dan para karyawan kembali bekerja sedia kala, namun masih..

+Indeks