Merokok bisa picu Malapetaka pada Otak

Oleh : Dirk/kompas | Rabu, 11 September 2019 | 10:35 WIB


(ist)

Wartakesehatan - Tentu hampir semua orang tau merokok tak baik bagi kesehatan karena dapat memicu sejumlah penyakit seperti impotensi, kanker paru-paru, serangan jantung dll. Ternyata bukan hanya itu merokok juga mempengaruhi fungsi otak.

Menurut peneliti bidang psikologi di Northumbria University, Tom Heffernan dan Anna-Marie Marshall, merokok jelas bisa merusak otak. Mereka mengatakan, rokok yang mengandung 4000 bahan kimia itu bisa mendatangkan malapetaka pada otak.

Peneliti mengungkapkan, dampak buruk pada otak meliputi penurunan kemampuan belajar dan memori di otak. Kondisi itu diperburuk jika perokok juga sering konsumsi minuman keras. Penelitian ini telah dilaporkan dalam jurnal Frontiers di Psychiatry.

Dalam jangka panjang, merokok pun bisa mengganggu kualitas kerja, penurunan kemampuan kognitif, masalah memori, seperti mudah lupa dengan janji dan tidak ingat untuk rutin minum obat tepat waktu.

Bahkan menurut penelitian terbaru, perokok pasif pun akan terkena dampaknya jika menghirup asap rokok.

Merokok dinilai dapat memengaruhi korteks atau lapisan di luar otak yang berkaitan dengan fungsi memori dan pemrosesan informasi. Lapisan korteks itu menipis seiring bertambahnya usia. Tetapi, merokok bisa mempercepat penipisan lapisan korteks.

Dari 4000 bahan kimia di rokok, sebanyak 50 di antaranya atau bahkan lebih adalah racun. Sebut saja, karbon monoksida yang juga ditemukan pada asap knalpot mobil, butana yang ditemukan dalam cairan kimia, serta arsen, amonia, dan metanol yang juga terkandung dalam bahan bakar roket.

Bahan-bahan kimia berbahaya tersebut lama-kelamaan masuk ke dalam tubuh, kemudian merusak sel-sel yang sehat.

Merokok jadi faktor risiko utama berbagai jenis kanker, masalah paru-paru, dan masalah kardiovaskular. Lebih luas lagi, merokok juga dapat menurunkan kualitas sperma pria dan meningkatkan risiko katarak.

Cara mencegahnya, tentu dengan berhenti merokok. Ada beberapa terapi yang bisa membantu seseorang berhenti merokok, seperti terapi pengganti nikotin.




Fokus : Merokok


#Otak #Merokok
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Fakta Seputar Mandi Malam dan Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Bagi masyarakat perkotaan yang terbiasa berkegiatan hingga malam hari, mandi malam-malam menjadi..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Tingkatkan Kesuburan dengan Omega 3

Wartakesehatan - Sejak dulu telah dikatakan bahwa minyak ikan sangat baik bagi kesehatan tubuh, mulai dari jantung,..
Herbal - 7 jam yang lalu

5 Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com-Tidak banyak orang yang suka dengan makanan yang memiliki rasa pahit seperti buah pare. Padahal, pare kerap..
8 jam yang lalu

Rebusan Air Jahe Bubuk Bisa Anti-Nyeri.

Wartakesehatan.com - Penggunaan jahe dalam makanan atau minuman tergantung kesukaan masimg-masing. Bagi yang ingin lebih..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

Hebat, Cokelat Hitam bisa Cegah Kanker

Wartakesehatan - Banyak sumber mengatakan bahwa cokelat baik bagi kesehatan dan mempunyai khasiat tersendiri melawan..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Kekurangan Vitamin B12 Mempengaruhi Mata

Wartakesehatan.com- Seseoran yang kekurangan asupan vitamin B12 akan menunjukkan sejumlah gejala dan salah satunya terlihat..
Mamin - 10 jam yang lalu

Berlebihan Minum Kopi, Bahaya!

Wartakesehatan,com - Kopi merupakan salah satu minuman terfavorit hampir di seluruh dunia. Minuman ini memiliki daya tarik..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Asap Rokok Timbulkan Penyakit Meningitis

Wartakesehatan.com - Rokok atau sigaret adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Daun Pepaya Dapat Memperlancar ASI

Wartakesehatan.com - Daun pepaya memang terkenal dengan rasa yang pahit. Rasa pahit pada berbagai jenis makanan memang membuat..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Turunkan Kolesterol Dengan Biji Alpukat

Wartakesehatan.com - Alpukat kaya akan serat, potasium, antioksidan dan lemak sehat. Hampir semua sahabat Merahputih.com pasti..

+Indeks