Keetahui Mitos tentang Obesitas

Oleh : Dirk/jpnn | Selasa, 23 Juli 2019 | 11:05 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Obesitas adalah penumpukan lemak yang berlebihan, berbeda dengan overweight (kelebihan berat badan). Obesitas dan kelebihan berat badan dalam dekade terakhir menjadi masalah global. Obesitas tidak hanya membawa penyakit diabetes, tekanan darah dan penyakit jantung tetapi juga depresi.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 2005, sekitar 1,6 miliar orang dewasa di atas usia 15 + kelebihan berat badan dan setidaknya 400 juta orang dewasa menderita obesitas.

Beberapa survei mengatakan, orang gemuk sering merasa rendah diri. Mereka sering terlalu sedih dan mereka bahkan merasa ingin bunuh diri. Beberapa mitos obesitas pun bisa membuat kesehatan Anda makin buruk.

Berikut ini beberapa mitos mengenai obesitas, seperti dilansir laman Care2.

1. Obesitas selalu tidak sehat.

Hanya karena Anda gemuk, bukan berarti Anda tidak sehat. Meskipun obesitas sering berkorelasi dengan peningkatan risiko untuk sejumlah masalah kesehatan, menjadi obesitas tidak secara otomatis berarti bahwa Anda sakit.

2. BMI merupakan ukuran akurat obesitas.

Indeks Massa Tubuh (BMI) mengukur BMI atlet profesional seperti ketinggian dan berat mereka. Namun BMI digunakan untuk melihat populasi umum, bukan individu.

Hal terbaik untuk dilakukan? Pergi ke dokter dan mendapatkan pemeriksaan, tidak hanya mengandalkan BMI Anda untuk menentukan kesehatan Anda.

3. Makan berlebihan adalah alasan utama untuk obesitas.

Tentu saja, banyak orang yang mengalami obesitas karena makan terlalu banyak, tetapi ada banyak alasan lain: kurang tidur, ras dan etnis, latar belakang sosial ekonomi, obat-obatan, genetika. Bahkan polusi dan AC. Orang dengan kondisi kesehatan mental, terutama depresi, sering mengalami obesitas juga.

Singkatnya, itu tidak sesederhana yang mengatakan bahwa orang gemuk makan terlalu banyak dan tidak mendapatkan cukup latihan.

4. Kehilangan berat badan secara cepat adalah buruk

Anda mungkin pernah mendengar pendapat bahwa orang yang kehilangan berat badan lebih cepat pada awal diet mereka tidak selalu sehat. Namun semakin banyak penelitian menunjukkan bahwa penurunan berat badan yang cepat sebenarnya membantu memotivasi orang dalam menurunkan berat badan.




Fokus : Obesitas


#Obesitas
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Ibu & Anak - 6 menit yang lalu

Ibu Hamil Ketahui 5 Makanan ini picu Keguguran

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkir seorang wanita hamil akan lebih banyak menjaga diri agar apapun yang dilakukan bisa..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

4 Cara atasi Nyeri Punggung

Wartakesehatan.com - Sebagai manusia biasa, kadang-kadang bahkan sering mengalami yang namanya nyeri punggung, Sebelum ke..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

5 Buah Sehat Penambah Darah

Wartakesehatan.com - Siapa sih yang tidak kenal buah ? semua pasti mengenalnya. Buah merupakan salah satu asupan makanan..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Beberapa Manfaat Daun Salam Untuk Tubuh

Wartakesehatan.com - Daun salam manfaatnya mampu untuk mengobati penyakit. Kandunganya pun sangat melimpah. Mulai dari..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Gaya Hidup Sehat Bantu Kurangi Resiko Kista

Wartakesehatan.com - Spesialis Kandungan dan Kebidanan dr Kathleen Juanita Gunawan menjelaskan, gaya hidup sehat membawa..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Resiko Dibalik Kesegaran Mandi Air Hangat

Wartakesehatan.com - Kebiasaan mandi air hangat mungkin sulit diubah, pasalnya memulai mandi air dingin maka tubuh akan..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Terbiasa Bangun Jam 4 Pagi, Ini Dia Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Ternyata bangun pagi itu banyak manfaatnya, apalagi kalau bangun rutin jam 4 pagi setiap..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ingin Tidur Nyenyak di Malam Hari? Lakukan ini!

Wartakesehatan - Tidur nyenyak dan berkualitas merupakan salah satu kunci agar badan tetap sehat bertenaga. Sayangnya..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

4 Makanan Ampuh Usir Stres

Wartakesehatan - Banyak orang yang percaya ada beberapa makanan ampuh menghilangkan rasa stres oleh karena itu mereka..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ketahui, 5 Fakta tentang BAB

Wartakesehatan - Tahukah Anda berapa kali sehari BAB yang disebut normal itu? Atau, mengapa saat Anda menstruasi Anda jadi..

+Indeks