5 Makanan yang Membuat Kuku Sehat dan Kuat

Oleh : Dirk/sindo | Selasa, 12 Nopember 2019 | 07:30 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Memiliki kuku yang kuat, sehat dan indah mungkin merupakan dambaan setiap wanita. Biasanya Kekuatan kuku ditentukan oleh gen pemiliknya. Menurut Sirisha Singh, seorang konsultan dermatologis dan dokter kecantikan kulit yang juga pendiri The Skin Center, memaparkan, setidaknya ada lima makanan yang bisa dikonsumsi untuk mendapatkan kuku yang kuat. Dikutip dari Times of India, berikut makanan yang bisa membuat kuku menjadi lebih kuat dan sehat.

Ikan

Ikan yang kaya asam lemak Omega 3 ini juga mengandung dosis sehat protein dan belerang atau sulfur. Asam lemak Omega 3 membantu melembabkan bantalan kuku dan meningkatkan kelembutan kuku yang tipis dan rapuh. Fosfor dan belerang membantu menebalkan kuku sekaligus memperkuat kuku.

Putih telur

Putih telur ini sumber kaya protein. Ini membantu membuat keratin kuku lebih tebal dan kuat. Putih telur juga sumber kaya biotin. Tapi, telur mentah memiliki pengikat yang mengikat biotin dan membuatnya tidak bisa diserap. Orang yang mengonsumsi banyak putih telur mentah bisa mengalami kekurangan biotin yang bisa menyebabkan kerapuhan kuku. Putih telur yang dimasak lebih sehat dan baik untuk kuku.

Susu dan produk turunannya seperti yoghurt dan keju

Makanan ini kaya kalsium, biotin dan protein. Kuku utamanya terdiri atas keratin, yang merupakan protein. Diet kaya protein membantu memperkuat matriks keratin ini. Biotin dan kalsium membantu memperkuat plat kuku dan membuatnya kokoh dari retakan.

Hati

Hati dari sumber nonvegetarian itu kaya zat besi. Kekurangan zat besi adalah penyebab paling umum kerapuhan kuku. Kekurangan zat besi biasanya terjadi pada penganut vegetarian karena sumber zat besi (zat besi nonhaem) vegetarian tidak sebaik zat besi haem yang ada di sumber nonvegetarian. Mereka yang benar-benar vegetarian, diet yang melibatkan bayam, lentil, kacang-kacangan dan jaggery (pemanis yang terbuat dari konsentrasi tebu) bisa menyumbangkan zat besi dalam jumlah baik.

Biji labu, wijen dan oat

Jenis-jenis makanan ini sumber kaya zinc. Zinc adalah mikro gizi yang tidak gampang ditemukan di makanan. Kekurangan zinc itu bisa menyebabkan krapuhan kuku dan bintik putih pada kuku. Makan biji labu yang dibakar bisa memberikan dosis sehat zinc dan mencegah kerapuhan kuku. 




Fokus : Kuku


#Kuku
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 3 menit yang lalu

Traveling Terbukti Membuat Anda Lebih Sehat

Wartakesehatan.com - Sebuah studi menunjukkan, traveling terbukti membuat Anda lebih sehat dan awet muda. The Global..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Mandi Pagi Memberikan Manfaat Sehat

Wartakesehatan.com - Mandi pagi tidak hanya membersihkan kotoran yang menempel di tubuh namun juga menyegarkan badan kita...
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

4 Nutrisi Penting bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Energi dalam tubuh berfungsi untuk memelihara dan membangun jaringan dalam tubuh. Sehingga untuk..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

5 Faktor Pikun Bisa Datang Lebih Cepat

Wartakesehatan - Seiring bertambahnya usia, setiap tentu bisa saja akan mengalami demensia atau yang biasa dikenal dengan..
Obat & Penyakit - 4 jam yang lalu

7 Tips yang Baik dilakukan saat Sakit

Wartakesehatan.com - Sebenarnya ada beberapa macam faktor yang dapat mengakibatkan tubuh dapat mengalami sakit serta..
Ibu & Anak - 5 jam yang lalu

Wanita Optimis Cenderung Berumur Panjang

Wartakesehatan - Bagi para kaum perempuan, ternyata ada suatu cara mudah untuk memastikan hidup lebih lama atau memilki..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Mengeluarkan Kentut Berarti Tubuh Anda Sehat

Wartakesehatan.com - Buang angin merupakan salah satu hal yang sehat dan normal. Mulai dari presiden sampai rakyat paling..
Mamin - 17 jam yang lalu

Makanan Khas Korea Ini Miliki Manfaat Sehat

Wartakesehatan.com - Kimchi merupakan makanan khas korea. Makanan ini mengandung vitamin A, B1, B2, dan C. Selain itu ,..
Mamin - 18 jam yang lalu

3 Manfaat Konsumsi Sayur Bayam

Wartakesehatan - Bayam adalah salah satu sayurang yang cukup populer bagi masyarakatkarena mudah ditemukan di..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

Si Salmon, Ikan yang Berkhasiat dan Bergizi

Wartakesehatan.com - Selain dikenal sebagai ikan yang unik, Ikan Salmon juga terkenal sebagai ikan dengan kandungan gizi..

+Indeks