Ini Cara Agar di Usia Lanjut bebas Stroke

Oleh : Dirk/metro | Sabtu, 27 Juli 2019 | 17:00 WIB


(ist)

Wartakesehatan - Ketika usia semakin senja dan fisik melemah biasanya seorang lansia lebih memilih untuk istirahat dan duduk-duduk, padahal hal ini justru membuat berbagai penyakit gampang menyerang terutama stroke. Sebuah penelitian di India mengungkapkan, bahwa kegiatan fisik dapat membuat tubuh tetap sehat hingga lanjut usia.

Temuan tersebut menunjukkan bahwa mereka yang memiliki tingkat kebugaran tinggi memiliki risiko 37 persen lebih rendah terkena stroke setelah menginjak usia 65 tahun, dibandingkan dengan rekan-rekan mereka yang memiliki tingkat kebugaran rendah.

Hubungan antara risiko stroke dan kebugaran memiliki kaitan yang erat dengan beberapa jenis penyakit seperti tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2 dan atrial fibrilasi atrium.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa kebugaran yang rendah di usia pertengahan adalah risiko tambahan untuk terkena stroke di kemudian hari," kata pemimpin penelitian Ambarish Pandey dari University of Texas Southwestern Medical Centre di Amerika Serikat.

Studi observasional melibatkan 19.815 orang dewasa berusia 45-50 tahun, dengan presentase 79 persen adalah partisipan pria.  Penelitian mengukur kapasitas olahraga jantung dan paru-paru para peserta, kebugaran kardiorespirasi, dan mengkategorikannya dalam tingkat kebugaran yang tinggi, sedang, atau rendah.

"Penemuan ini mendukung peran unik dan independen dari olahraga dalam pencegahan stroke," tambah Jarett Berry, Associate Professor di makalah yang diterbitkan dalam jurnal Stroke.

Hasilnya, American Heart Association menyarankan untuk berolahraga tiga puluh menit sehari atau lima kali seminggu agar dapat  meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.




Fokus : Stroke


#Stroke
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Pembagian Sembako untuk Kaum Dhuafa Bekasi oleh Ezy Pratama Foundation dan INTI

 Wartakesehatan.com.- Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti..
Alkes & Lab - 1 minggu yang lalu

Confidence Persembahkan Adult Pants Gender untuk Pria dan Wanita

Jakarta, WartaKesehatan.com - Confidence, merek popok dewasa nomor 1 di Indonesia kembali meluncurkan produk terbarunya,..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Donasi Dexa Group Agar Tenaga Medis Miliki Imun Kuat

Wartakesehatan.com - Derasnya dukungan penanganan Covid -19 dengan menyumbang Donasi 20.000 kapsul Stimuno Forte dan 50 goodie..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

CFD Jangan jadi Cluster Baru, Konsisten Jaga Imun Tubuh

  Wartakesehatan.com, JAKARTA - Pelonggaran PSBB sudah dilakukan di beberapa daerah, namun sayangnya tidak semua..
Obat & Penyakit - 1 minggu yang lalu

Menkes: Masyarakat Jangan Ragu untuk Konsumsi OMAI

Jakarta - Tak pernah bosan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengimbau agar masyarakat tak perlu ragu untuk..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Komnas Anak Tuding Gubernur DKI Hilangkan Hak Anak

Wartakesehatan.com - Hilangnya hak anak atas pendidikan di DKI Jakarta dan bahkan di Indonesia tahun ajaran baru 2020/2021..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Jadikan Sumatera Bebas Asap, Kapolda Sumsel dan Jambi Bangun Posko Karhutla Bersama

Wartakesehatan.com -  Guna mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) pada masa kemarau tahun ini, Kepala..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Baksos Ezy Pratama Foundation dan Yayasan INTI ke Kaum Dhuafa Klender

Wartakesehatan.com - Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti sosial di..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

New Normal: Menjaga Imunitas dengan Imunomodulator Herbal

JAKARTA - Kita tahu, wabah korona belum kunjung usai di dunia dan negara kita, Indonesia. Apalagi sampai saat ini vaksin untuk..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Hasanuddin Minta Pemerintah Daerah Tak Asal Terapkan New Normal

JAKARTA,- Pemerintah menerapkan kenormalan baru atau new normal di tengah pandemi covid-19. Langkah ini mendapat sorotan dari..

+Indeks