Rahasia Sehat Umur Panjang Ala Orang Jepang

Oleh : Dirk/suara | Minggu, 17 Nopember 2019 | 08:35 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Beberapa sumber mengatakan bahwa masyarakat jepang memiliki usia terpanjang di dunia. Rata-rata lelaki di Jepang hidup hingga usia 80 tahun sementara perempuan hidup hingga usia 86 tahun, bahkan ada pula beberapa dianatara mereka yang hidup hingga usia 100 tahun.

Banyak penelitian yang berusaha mengungkap rahasia masyarakat Jepang panjang umur dan sehat di usia senjanya. Nah, jika Anda ingin panjang umur seperti masyarakat Jepang, tak ada salahnya mempraktikkan sederet gaya hidup mereka, seperti dilansir laman Boldsky.

1. Kombinasi pengobatan modern dari Barat dan tradisional ala Jepang

Dalam mengonsumsi obat-obatan, Jepang tidak hanya mengandalkan obat-obatan kimia tapi juga mengombinasikannya dengan tumbuhan alami untuk menjaga kesehatannya. Ini sebabnya mereka jarang sakit dan daya tahan tubuhnya senantiasa terjaga.

2. Ikan menjadi santapan favorit

Tidak seperti masyarakat di negara pada umumnya, warga Jepang lebih senang mengonsumsi ikan dibandingkan daging merah. Mengonsumsi ikan membuat tubuh mereka terpenuhi kebutuhan vitamin dan nutrisi terbaik. Mereka sadar bahwa daging merah mengandung banyak lemak jahat yang bisa memicu beragam penyakit dari kolesterol meningkat hingga serangan jantung.

3. Menjaga kebersihan

Masyarakat Jepang sangat menjaga kebersihan diri maupun lingkungannya. Bahkan setiap buku yang dipinjam di perpustakaan telah disterilisasi dengan teknik sinar UV untuk membunuh kuman penyebab berbagai penyakit.

4. Doyan makan sayuran

Masyarakat Jepang tidak bisa jauh dari sayuran. Mereka sangat doyan mengonsumsi sayur sehingga tubuh mereka terhindar dari beragam macam penyakit. Antioksidan yang terkandung dalam sayuran dipercaya dapat menangkal beragam penyakit salah satunya kanker.

5. Aktif bergerak

Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang tak pernah ditinggalkan oleh masyarakat Jepang, bahkan ketika mereka telah memasuki usia pensiun. Berbagai jenis olahraga mereka kuasai mulai dari karate, yoga, dan sumo.

6. Menikmati hidup

Meskipun mereka menghadapi beragam kesulitan dalam hidup, masyarakat Jepang tidak mudah menyerah. Mereka justru menikmati setiap peristiwa baik senang maupun sedih yang mereka temui sehari-hari. Ini pulalah yang membuat mereka memiliki tujuan dalam hidup sehingga tak mudah stres.

7. Rutin memeriksakan kondisi kesehatan

Bagi masyarakat Jepang, pergi ke dokter tidak harus menunggu mereka mengalami keluhan tertentu.  Justru saat sehat mereka rutin memeriksakan kondisi kesehatannya untuk mengantisipasi risiko yang lebih besar di kemudian hari. Hal ini juga didukung oleh pemerintah Jepang yang menyediakan fasilitas kesehatan terbaik untuk masyarakatnya.




Fokus : Orang Jepang


#Umur panjang #Japang
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 22 menit yang lalu

Bahaya, Jika Menelan Permen Karet

Wartakesehatan - Mengunyah permen karet adalah hal yang pernah dilakukan setiap orang, selain itu bagi beberapa orang..
1 jam yang lalu

Lada Hitam kaya akan Antioksidan

Wartakesehatan.com - Lada hitam merupakan salah satu jenis rempah yang digunakan di hampir seluruh sajian makanan. Iada..
Mamin - 2 jam yang lalu

5 Konsep Dasar Pola Makan Sehat

Wartakesehatan.com - Pola makan sehat ini perlu kita jaga, karena banyak sekali hal yang mengancam kesehatan kita dari apa..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

5 Langkah Efektif Tingkatkan IQ

Wartakesehatan - Meskipun tingkat kecerdasan intelektual terdapat batasan alami, namun penelitian terbaru telah..
Mamin - 4 jam yang lalu

No Title

Kecantikan - 5 jam yang lalu

Awas, Stres bisa Merusak Kulit dan Rambut

Wartakesehatan.com - Stress merupakan dimana seseorang dalam keadaan sedih karena masalah yang dihadapinya. Kondisi ini..
Obat & Penyakit - 6 jam yang lalu

Beberapa Penyakit Pertanda Anda sedang Stres

Wartakesehatan.com - Apa kamu merasa ada yang aneh dengan tubuhmu, seperti migrain, nyeri sendi, dan pencernaan..
Obat & Penyakit - 7 jam yang lalu

Gejala Sindrom Kelelahan Kronis

Wartakesehatan.com - Chronic Fatigue Syndrome atau sindrom kelelahan kronis adalah penyakit kronis yang kompleks dan..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

4 Cara Tetap Berenergi Selama Sehari

Wartakesehatan.com - Bekerja penuh dari pagi membuat energy surut saat siang hari, sehingga menyebabkan rasa kantuk dan..
Obat & Penyakit - 9 jam yang lalu

Warna Air Kencing bisa Deteksi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Ketika anda sedang berada di toilet untuk buang air kecil, apakah Anda selalu menyempatkan diri untuk..

+Indeks