6 Rahasia Sehat dari Orang Sehat

Oleh : Dirk/lptn6 | Rabu, 01 Januari 2020 | 20:00 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Pernah melihat rekan kerja yang jarang sakit? Ada beberapa orang yang sepertinya selalu sehat, jika pun jatuh sakit hanya pilek. Tentu saja orang-orang seperti ini membuat iri. Sebenarnya mengapa mereka bisa memiliki tubuh terus sehat? Jangan-jangan mereka memiliki sistem kekebalan tubuh yang berlebih?

Ternyata, orang-orang ini memiliki kebiasaan sehat yang sederhana dalam hidupnya. Berikut enam rahasia orang terus sehat seperti dikutip laman Good Housekeeping.

1. Tidur cukup dan teratur
Penelitian menunjukkan mereka yang tidur sekitar 7-8 jam per malam cenderung kurang terkena sakit demam dibandingkan yang tidur kurang dari tujuh jam. Hal ini disebabkan saat tidur di malam hari tubuh melakukan perbaikan dan mengatur hormon yang dapat membuat tubuh tidak mudah terkena infeksi.

2. Konsumsi aneka makanan
Mengonsumsi makanan bervariasi membuat tubuh lebih sehat. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan kaya antioksidan seperti ubi jalar, jeruk, almon, dan anggur mampu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak sekaligus memerangi kuman dan bakteri.

3. Konsumsi bakteri baik untuk usus
Menjaga kesehatan usus dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seperti minuman yang mengandung bakteri baik seperti prebiotik. Yogurt salah satu pilihannya.

4. Rajin cuci tangan 
Tak perlu gila kebersihan dengan puluhan kali mencuci tangan. Tapi bila Anda rutin mencuci tangan sebelum dan sesudah makan atau sehabis dari toilet, bisa mengurangi penyakit antara 15-50 persen.

5. Kumpul bersama teman
Meski sibuk dengan seabrek pekerjaan maupun keluarga, sesekali sempatkan waktu juga untuk berkumpul bersama teman. Menurut penelitian dari Jurnal Psychological Sciencekumpul bersama teman-teman saat berhadapan dengan masalah kerja maupun rumah tangga baik untuk emosi.
Dukungan sosial mampu meredakan stres. Ketika stres berkurang risiko terkena virus yang sebabkan sakit pun turut menurun.

6. Yoga
Sebuah studi ungkap yoga lembut ditambah latihan bernapas mampu memperkuat fungsi kekebalan tubuh setelah dua jam pascalatihan.




Fokus : Sehat


#Sehat
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Liputan Khusus - 4 hari yang lalu

Idul Adha 1441 H : Masjid Baiturrahman & Al-Islam Cipayung Ikuti Protokol Kesehatan

Wartakesehatan.com - Dalam menjalankan rangkaian ibadah Idul Adha 1441 H/2020 M pada tahun ini sangat berbeda sekali dari..
Liputan Khusus - 4 hari yang lalu

Lurah Cipayung Tinjau Penerapan Protokol Kesehatan Saat Idul Adha 1441 H/2020

Wartakesehatan.com - Masih tingginya penyebaran wabah Covid-19 di wilayah DKI Jakarta menjadi perhatian bagi pemangku kebijakan..
Liputan Khusus - 5 hari yang lalu

Masjid Nurul Hikmah Terapkan Protokol Kesehatan & Konsisten Jaga Kualitas Daging Qurban

Wartakesehatan.com - Rangkaian pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020 pada tahun ini sangat dipengaruhi dengan situasi..
Liputan Khusus - 6 hari yang lalu

Daging Qurban Masjid Al Falah Terpantau & Terapkan Protokol Kesehatan

Pelaksanaan pemotongan hewan qurban di Masjid Al Falah Cipayung Jakarta Timur.
Herbal - 3 minggu yang lalu

Kelompok Usia Produktif Waspadai PTM

Wartakesehatan.com -- Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan menunjukkan bahwa saat ini perkembangan Penyakit Tidak..
Herbal - 3 minggu yang lalu

Cegah Virus dengan Herbal

Wartakesehatan.com - Antivirus corona berbasis tanaman eucalyptus belakangan ini ramai diperbincangkan. Potensi antivirus..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Menkes Sebut Meniran Hijau untuk Penanggulangan Covid-19

Wartakesehatan.com - Menteri Kesehatan Terawan patut diberikan apreasiasi dengan sebutan bapak Herbal karena mendukung Obat..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Awas! Protokol Kesehatan Anak di Sekolah Bisa Jadi Cluster Baru

Wartakesehatan.com - Banyak pihak yang meminta pemerintah menunda untuk melaksanan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Cegah Penularan Droplet dengan Masker di Mana Saja

Wartakesehatan.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui munculnya bukti-bukti yang melihat virus Corona COVID-19 bisa..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Waspadai Droplet di Ruangan tertutup

Wartakesehatan.com - New Normal membuat sebagian kantor-kantor buka dan para karyawan kembali bekerja sedia kala, namun masih..

+Indeks