10 Makanan ini bisa Atasi Flu

Oleh : Dirk/suara | Kamis, 14 Nopember 2019 | 12:35 WIB


(ist)

Wartakesehatan - Salah satu penyakit yang sering diderita saat musim hujan datang adalah penyakit flu. Hal ini disebabkan pada saat cuaca dingin sistim daya tahan tubuh mudah menurun sehingga Anda rentan mengalami flu.

Penyakit ringan tapi menjengkelkan ini tentu saja dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Bila ini yang terjadi, maka dokter biasanya akan menganjurkan penderitanya selain mengonsumsi obat, istirahat cukup dan menyantap makanan bergizi.

Nah, dari sekian banyak makanan sehat yang baik disantap saat flu, ada sepuluh makanan yang dirangkum Meet Doctor juga baik disantap karena dapat membantu meredakan flu.

1. Es Popsicle
Sebuah es krim popsicle dipercaya dapat menenangkan sakit pada tenggorokan Anda. Makanan ini juga dapat membantu Anda tetap terhidrasi, yang merupakan kunci ketika berjuang melawan flu. Mendapatkan cairan yang cukup dapat menjaga lendir tipis dan membantu mengurangi kemacetan. Carilah es loli yang terbuat dari 100 persen jus buah untuk memastikan Anda mendapatkan nutrisi penting dan tidak air gula. Buah seperti apel, anggur, atau stroberi sangat baik sebagai paduan.

2. Sandwich Kalkun
Kalkun merupakan sumber protein dengan lemak yang baik, dan penting guna nutrisi padat. Meskipun Anda tidak menyukainya, memakan sandwich berisi kalkun dapat memberikan energy tubuh untuk melawan berbagai penyakit. Tambahkan saus kegemaran untuk mendapatkan rasa yang menakjubkan.

3. Jus Sayuran
Membuat salad dan memakannya mungkin menjadi hal terakhir yang anda pilih saat proses penyembuhan flu. Coba ganti pilihan tersebut dengan segelas jus sayuran sodium rendah, maka Anda akan merasa tingkat kekebalan tubuh meningkat dan menjaga diri dari dehidrasi. Jika ingin yang lebih manis, jus buah murni dapat menjadi pilihan yang menyenangkan.

4. Sup Ayam
Ada beberapa bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa sup ini bergizi dan mampu membantu penyembuhan influenza. Penelitian menunjukkan bahwa sup ayam mampu meningkatkan kemampuan silia (rambut-rambut halus pada hidung) untuk melindungi tubuh dari bakteri dan virus.

5. Bawang Putih
Jika Anda suka, bawang putih dapat menjadi pilihan yang baik untuk membumbui makanan seperti sup. Bawang putih memiliki sifat antimikroba dan kekebalan, merangsang dan dapat memberikan sedikit lega dari mampetnya hidung Anda.

6. Jahe
Sakit perut, mual atau diare? Jahe adalah obat rumahan yang sering digunakan untuk meredakan penyakit flu. Beberapa penelitian menunjukkan jahe membantu untuk memerangi peradangan. Cobalah menambahkan jahe segar parut ke dalam makanan lain, atau sekadar olah jahe dengan air hangat.

7. Teh Panas
Teh hijau dan teh hitam menawarkan antioksidan guna melawan penyakit. Bahkan hanya dengan menghirup uapnya saja, mampet hidung dapat terasa ringan dengan segera. Tambahkan sesendok madu dan perasan lemon untuk membantu meredakan keseluruhan sakit tenggorokan Anda.

8. Pisang
Diiris atau ditumbuk, pisang dapat dengan mudah dicerna oleh perut. Pisang dapat menjadi makanan pengganjal jika merasakan gejala seperti mual, muntah, dan diare, yang sering terjadi pada anak-anak dengan flu.

9. Roti Panggang
Roti dapat menjadi makanan pengganti disaat Anda sedang berjuang melawan penyakit. Roti panggang sangat nikmat disajikan dengan sup ayam dan dijamin dapat menahan lapar yang tertahan.

10. Minuman Pengganti Sarapan
Jika selera makan Andatelah kembali, untuk memastikan Anda mendapatkan nutrisi dan kalori yang tepat. Carilah minuman dengan setidaknya dengan 6 gram protein rendah gula. Rasa stroberi dan cokelat semakin membuat Anda mendapatkan vitamin, nutrisi, dan kalori yang lebih.




Fokus : Flu


#Makanan #Flu
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Pembagian Sembako untuk Kaum Dhuafa Bekasi oleh Ezy Pratama Foundation dan INTI

 Wartakesehatan.com.- Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti..
Alkes & Lab - 1 minggu yang lalu

Confidence Persembahkan Adult Pants Gender untuk Pria dan Wanita

Jakarta, WartaKesehatan.com - Confidence, merek popok dewasa nomor 1 di Indonesia kembali meluncurkan produk terbarunya,..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Donasi Dexa Group Agar Tenaga Medis Miliki Imun Kuat

Wartakesehatan.com - Derasnya dukungan penanganan Covid -19 dengan menyumbang Donasi 20.000 kapsul Stimuno Forte dan 50 goodie..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

CFD Jangan jadi Cluster Baru, Konsisten Jaga Imun Tubuh

  Wartakesehatan.com, JAKARTA - Pelonggaran PSBB sudah dilakukan di beberapa daerah, namun sayangnya tidak semua..
Obat & Penyakit - 1 minggu yang lalu

Menkes: Masyarakat Jangan Ragu untuk Konsumsi OMAI

Jakarta - Tak pernah bosan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengimbau agar masyarakat tak perlu ragu untuk..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Komnas Anak Tuding Gubernur DKI Hilangkan Hak Anak

Wartakesehatan.com - Hilangnya hak anak atas pendidikan di DKI Jakarta dan bahkan di Indonesia tahun ajaran baru 2020/2021..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Jadikan Sumatera Bebas Asap, Kapolda Sumsel dan Jambi Bangun Posko Karhutla Bersama

Wartakesehatan.com -  Guna mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) pada masa kemarau tahun ini, Kepala..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Baksos Ezy Pratama Foundation dan Yayasan INTI ke Kaum Dhuafa Klender

Wartakesehatan.com - Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti sosial di..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

New Normal: Menjaga Imunitas dengan Imunomodulator Herbal

JAKARTA - Kita tahu, wabah korona belum kunjung usai di dunia dan negara kita, Indonesia. Apalagi sampai saat ini vaksin untuk..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Hasanuddin Minta Pemerintah Daerah Tak Asal Terapkan New Normal

JAKARTA,- Pemerintah menerapkan kenormalan baru atau new normal di tengah pandemi covid-19. Langkah ini mendapat sorotan dari..

+Indeks