Kurang Tidur picu Serangan Jantung

Oleh : Dirk/vamale | Jumat, 09 Agustus 2019 | 22:30 WIB


(ist)

Wartakesehatan - Sebagai penyakit mematikan dan pembunuh nomor satu dunia, serangan jantung sudah menjadi penyakit yang sangat terkenal. Fakta mengatakan lebih dari 50% penderita masalah jantung berakhir dengan kematian. Sebenarnya ini penyakit ini bisa dicegah dengan pola hidup yang sehat dan teratur.

Study menyebutkan bahwa masalah kesehatan jantung ini disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari pola hidup yang tak sehat, kebiasaan merokok, kurangnya aktivitas gerak atau olahraga dan yang terbaru adalah karena kurang tidur atau juga kelebihan tidur. 

Dikutip dari laman dailymail.co.uk, para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang tidur lebih dari 8 jam bisa berisiko menderita masalah jantung lebih besar yakni 36 persen. Sementara orang-orang yang tidur kurang dari 4 jam juga akan berisiko menderita serangan jantung sebesar 28 persen. Yang lebih mengejutkan lagi, wanita dengan waktu tidur kurang dikatakan lebih berisiko menderita serangan jantung jika dibandingkan dengan para pria.

Tak hanya berpengaruh pada kesehatan jantung, lama tidur yang berlebih atau kurang juga meningkatkan risiko penyakit berbahaya lainnya. Risiko tersebut antara lain adalah obesitas, kanker, diabetes hingga depresi. Dr Lin Beate Strand dari Universitas Norwegia, seorang ahli di bidang Sains dan Tekhnologi menyebutkan bahwa, "Kurang tidur bisa meningkatkan risiko terkena serangan jantung. Tapi, tidur terlalu banyak atau lebih juga meningkatkan risiko terkena serangan jantung." 

Meski belum diketahui persis kenapa kurang tidur bisa meningkatkan risiko jantung, para ahli percaya bahwa kurang tidur erat kaitannya dengan stres, depresi dan detak jantung yang tidak teratur. Mereka yang kurang tidur juga dikatakan memiliki tekanan darah yang bermasalah sehingga hal ini sangat memicu kerusakan atau serangan jantung. Selain durasi atau lama waktu tidur yang berpengaruh pada peningkatan risiko jantung, usia lanjut juga dipercaya meningkatkan risiko serangan jantung. 

Bukan hanya itu saja, pola hidup, gula darah, kadar lemak dalam tubuh, konsumsi alkohol dan sejenisnya juga erat kaitannya dengan risiko serangan jantung. jadi, jika kita ingin mencegah risiko serangan jantung, pastikan buat menerapkan pola hidup sehat, jauhi rokok maupun minuman beralkohol, miliki olahraga dan gerak cukup serta pastikan istirahat cukup (tidak berlebih juga tidak kurang). 




Fokus : Kurang Tidur


#Tidur #Serangan Jantung
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Seks - 9 jam yang lalu

Ini Dia 7 Tanda Mr P Anda Sehat

Wartakesehatan.com - Tak sedikit wanita yang mengeluh kejantanan pria berkurang karena Mister P milik pria kesayangan..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Kesehatan bisa Memburuk jika Kurang Tidur

Wartakesehatan.com - Dengan tidur di malam hari bisa membuat tubuh kembali bugar dan segar ketika bangun dipagi hari..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Wow, 5 Manfaat Menangis bagi Kesehatan

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri menangis tentu saja pernah dialami setiap orang bahkan sejak keluar dari rahim ibu..
Obat & Penyakit - 12 jam yang lalu

Waspada, Merokok picu Penyakit Demensia

Wartakesehatan - Selama ini banyak ahli yang mengaitkan bahaya merokok dapat berujung pada beberapa penyakit seperti..
Herbal - 13 jam yang lalu

Redakan Batuk Berat dengan Lemon

Wartakesehatan.com - Sebagaimana dikutip Solopos.com dari Sportonlinegroup, batuk berat bisa diredakan..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Waspada, Dampak Buruk Kerokan bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Pernahkah Anda kerokan ketika sakit ? Tentunya pernah kan. Kerokan adalah pengobatan alternatif yang..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

8 Manfaat Minum Teh Kunyit

Wartakesehatan.com - Kunyit diklaim sebagai salah satu obat alami atau obat herbal untuk mengatasi berbagai penyakit. Hal..
Mamin - 16 jam yang lalu

5 Bahaya Keseringan Konsumsi Mie Instan

Wartakesehatan.com - Banyak orang yang gemar makan mie instan ,mulai dari anak-anak sampai dengan orang tua. Mie instan..
Obat & Penyakit - 17 jam yang lalu

Menjadi Pilot Lebih Berisiko Alami Depresi

Wartakesehatan - Mungkin banyak anak kecil yang bercita-cita menjadi pilot karena kerennya membawa pesawat dan..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

4 Bahaya Tato bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Tato bisa mengungkapkan memori yang ada di balik ukiran tubuh tersebut. Tato memang bisa menjadi..

+Indeks