Nutrisi Penting Bagi Kesehatan Otak Anda

Oleh : Dirk/beritasatu | Minggu, 13 Oktober 2019 | 16:30 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com -  Seandainya jantung atau paru-paru berhenti bekerja selama beberapa menit, manusia masih bisa bertahan hidup. Namun jika otak berhenti bekerja selama satu detik saja, maka tubuh manusia akan mati. Itulah mengapa otak disebut sebagai organ yang paling penting dari seluruh organ di tubuh manusia.

Head of Product Marketing Dept PT CNI Chendra Tirto mengatakan hasil survei PBB tahun ini menyebutkan bahwa kemampuan berpikir dibanyak negara, khususnya negara berkembang, mengalami penurunan. Hal ini akibat dari kurangnya pemberian nutrisi otak di masa perkembangan anak dan saat dewasa. Padahal, otak meskipun beratnya hanya 2% dari berat seluruh tubuh, memerlukan 20% darah dari total seluruh darah yang ada di tubuh serta 50% dari seluruh kebutuhan energi tubuh kita.

“Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang mengandung vitamin dan bergizi agar kebutuhan energi tubuh dan otak terpenuhi,” kata Chendra dalam keterangan pers.

Semakin sering otak dipakai semakin banyak kebutuhan energi bagi otak. Yang dimaksud energi di sini adalah zat gula (glukosa) dan oksigen. Di dalam otak terdapat neurotransmitter (penghubung antarsel otak) yang membutuhkan asupan nutrisi dan oksigen yang cukup agar otak dapat bekerja optimal.

Chendra juga menjelaskan, bahwa makanan pokok otak ada dua, yaitu oksigen dan nutrisi dari makanan. Nutrisi untuk otak didapat dari karbohidrat, protein, dan lemak sebagai bahan pembentuk sel otak yang sehat sekaligus sumber energi. "Nutrisi tersebut bisa didapat dari buah–buahan terutama berries, sayuran, kacang-kacangan seperti kenari, almond, chia seeds, dan juga kakao atau cokelat," tambah dia.

Semakin tinggi massa kakao semakin tinggi pula jumlah flavonol yang dikandungnya. Berdasarkan Encyclopedia of Healing Foods (Murray, Michael. Atria Books, 2005), cokelat yang baik dikonsumsi adalah Dark chocolate yang mengandung massa kakao minimal 70%. Cokelat susu (milk chocolate) biasanya sudah diformulasikan dengan susu tinggi lemak jenuh dan gula dengan jumlah berlebih.




Fokus : Otak


#Otak #Nutrisi
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Konsultasi - 22 menit yang lalu

Cegah Coronavirus,Berhenti Mengonsumsi Hewan Liar

Wartakesehatan.com-Hasil investigasi pada Journal Of Medical Virology mengungkapkan bahwa wabah novel..
Herbal - 50 menit yang lalu

5 Manfaat Jeruk Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com-Bagi para pecinta jeruk mungkin sudah tidak asing lagi dengan khasiat yang ditawarkan oleh buah berwarna..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Naik Turun Tangga Kantor ,Apakah Termasuk Olahraga?

Wartakesehatan.com-Sulit untuk mencari waktu berolahraga ketika Anda berada di kantor. Naik turun tangga di kantor bahkan..
Herbal - 1 jam yang lalu

Manfaat Dari Daun Siri Merah

Wartakesehatan.com-Inilah beberapa khasiat dari daun jarak merah yang jarang kita ketahui berikut ini kami uraikan beberapa..
Ibu & Anak - 2 jam yang lalu

Bahan Makanan Yang Bisa Menambah nafsu Makan Anak

Wartakesehatan.com-Anak yang kehilangan nafsu makan bisa menjadi masalah besar, Bun. Kurangnya nutrisi bisa memengaruhi gizi..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Jangan Anggap Remeh Nyeri Sendi

Wartakeseehatan.com-Waspadailah dan cek ke dokter bila teras nyeri sendi atau perut kembung.Bisa jadi ini tanda-tanda penyakit..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Minum Air Putih Selepas Bangun Tidur

Wartakesehatan.com - Ada kebiasan yang biasa maupun tidak biasa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Minuman yang..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Cara Cepat Atasi Masalah Sakit Tenggorokan

Wartakesehatan.com - Sakit pada tenggorokan jenis ini sebetulnya bukanlah kondisi kesehatan yang serius dan akan sembuh..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Madu Mentah Bantu Menyembuhkan Sakit Flu

Wartakesehatan - Mengalami masalah kesehatan seperti flu tentu saja pernah dialami oleh setiap orang. Flu sendiri muncul..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Menu Sarapan Bikin Kenyang Tapi Tetap Langsing

Wartakesehatan.com - Tidak sarapan justru bisa membuatmu makin gemuk karena kamu akan merasa dua kali lipat lebih lapar..

+Indeks