Pola Tidur dan Efeknya Terhadap Kesehatan

Oleh : Dirk/okezone | Senin, 12 Agustus 2019 | 21:30 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Apakah belakangan Anda merasa kurang tidur? Waspadalah, karena tidur berperan penting terhadap kesehatan dan hidup. Jumlah jam, kualitas, serta tidur di waktu yang tepat akan menjaga kesehatan tubuh dan jiwa serta meningkatkan kualitas maupun keamanan hidup Anda. Pada anak dan remaja, tidur membantu pertumbuhan dan perkembangannya.

Tipe tidur dan jumlah jam tidur yang dianjurkan

Terdapat dua macam tipe tidur, yaitu Rapid Eye Movement (REM) sleep dan Non-Rapid Eye Movement (Non-REM) sleep. Mimpi biasanya terjadi saat REM sleep. Sedangkan fase tidur sesungguhnya terjadi saat Non-REM sleep –yang disebut juga fase tidur dalam. Kedua fase ini memiliki pola yang teratur, yakni 3-5 siklus setiap malamnya. Kualitas tidur ditentukan dari kecukupan dan jumlah waktu tidur Anda di tiap fase tersebut. Selain itu, waktu di mana tubuh siap untuk tidur juga menentukan kualitas tidur Anda.

Riset membuktikan bahwa tidur yang cukup dapat meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga berat badan, menjaga mood tetap baik, meningkatkan daya pikir dan daya ingat, mencegah diabetes dan penyakit jantung, meningkatkan gairah seksual, serta meningkatkan kesuburan.

Pola tidur dan efeknya terhadap kesehatan

Bila jumlah jam tidur Anda kurang, maka waktu yang hilang akan terakumulasi. Sebagai kompensasi, Anda dapat memilih untuk tidur siang karena dapat membuat tubuh rileks serta meningkatkan kewaspadaan, performa, dan mood. Namun efek positif ini hanya dalam jangka pendek saja. Tidur siang tidak bisa menggantikan kualitas dan efek positif dari tidur malam. Lama yang dianjurkan hanya 20-30 menit untuk menghindari sakit kepala dan gangguan di waktu tidur malam.

Kompensasi lain yang dapat Anda lakukan adalah tidur lebih panjang di akhir pekan. Di waktu ini, ada kecenderungan untuk tidur lebih malam dan bangun lebih siang. Walaupun akan merasa lebih baik, namun kebiasaan ini akan merusak ritme tidur-bangun tubuh Anda. Terlebih, ketika pola tidur berubah maka dalam jangka panjang akan turut memengaruhi kesehatan Anda.

Dari penelitian ditemukan bahwa ketika rutinitas tidur terganggu, risiko untuk mengalami kegemukan, diabetes dan penyakit jantung meningkat. Orang yang memiliki perbedaan jadwal tidur akan memiliki kadar kolesterol dan insulin yang lebih buruk, lingkar pinggang serta Indeks Massa Tubuh (IMT) yang lebih besar.

Bila kurang tidur, hanya ada satu cara untuk mengatasinya –yaitu dengan jam tidur yang lebih banyak. Tidurlah ketika Anda merasa lelah dan biarkan tubuh yang membangunkan Anda (tidak boleh ada alarm). Ketahuilah, kekurangan jam tidur tidak dapat dibayar hanya dalam semalam, melainkan dalam beberapa minggu.

Karenanya, usahakan untuk memiliki jadwal tidur-bangun yang rutin –baik di hari kerja maupun hari libur– agar tidak berdampak buruk pada kesehatan Anda.




Fokus : Pola Tidur


#Tidur
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Seks - 8 jam yang lalu

Ini Dia 7 Tanda Mr P Anda Sehat

Wartakesehatan.com - Tak sedikit wanita yang mengeluh kejantanan pria berkurang karena Mister P milik pria kesayangan..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Kesehatan bisa Memburuk jika Kurang Tidur

Wartakesehatan.com - Dengan tidur di malam hari bisa membuat tubuh kembali bugar dan segar ketika bangun dipagi hari..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Wow, 5 Manfaat Menangis bagi Kesehatan

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri menangis tentu saja pernah dialami setiap orang bahkan sejak keluar dari rahim ibu..
Obat & Penyakit - 11 jam yang lalu

Waspada, Merokok picu Penyakit Demensia

Wartakesehatan - Selama ini banyak ahli yang mengaitkan bahaya merokok dapat berujung pada beberapa penyakit seperti..
Herbal - 12 jam yang lalu

Redakan Batuk Berat dengan Lemon

Wartakesehatan.com - Sebagaimana dikutip Solopos.com dari Sportonlinegroup, batuk berat bisa diredakan..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Waspada, Dampak Buruk Kerokan bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Pernahkah Anda kerokan ketika sakit ? Tentunya pernah kan. Kerokan adalah pengobatan alternatif yang..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

8 Manfaat Minum Teh Kunyit

Wartakesehatan.com - Kunyit diklaim sebagai salah satu obat alami atau obat herbal untuk mengatasi berbagai penyakit. Hal..
Mamin - 15 jam yang lalu

5 Bahaya Keseringan Konsumsi Mie Instan

Wartakesehatan.com - Banyak orang yang gemar makan mie instan ,mulai dari anak-anak sampai dengan orang tua. Mie instan..
Obat & Penyakit - 16 jam yang lalu

Menjadi Pilot Lebih Berisiko Alami Depresi

Wartakesehatan - Mungkin banyak anak kecil yang bercita-cita menjadi pilot karena kerennya membawa pesawat dan..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

4 Bahaya Tato bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Tato bisa mengungkapkan memori yang ada di balik ukiran tubuh tersebut. Tato memang bisa menjadi..

+Indeks