Khasiat Sayur Kailan Bagi Kesehatan Tubuh

Oleh : Dirk/blog | Senin, 02 Desember 2019 | 16:25 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Tahukah Anda bahwa sayur Kailan memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap bagi tubuh? Kailan kaya akan kandungan vitamin, kalsium, luthein, serat, mineral dan protein, serta nutrisi lainnya. Warna hijau sayur kailan ini mengandung vitamin A, C, E, dan K yang sangat tinggi daripada jenis sayuran hijau lainnya. Oleh karena itu, sayur kailan ini sangat bermanfaat sebagai penghasil antioksidan yang baik bagi tubuh.

Nah, berikut ini mari kita simak Khasiat Sayur Kailan Bagi Kesehatan Tubuh karena kandungan nutrisi yang tinggi didalamnya.

Mengurangi tingkat kolesterol dalam tubuh.

Kandungan vitamin K dan serat dalam sayur Kailan dapat mengurangi kadar lemak dalam darah sehingga mengurangi resiko penyumbatan pembulu darah. Oleh karena itu, jenis sayuran ini dapat mencegah terjadinya serangan jantung atau stroke akibat timbunan lemak dalam darah.

Mencegah pembentukan sel kanker.

Zat hijau atau klorofil pada sayur Kailan memiliki peranan sebagai antioksidan dalam tubuh yang dapat mengurangi resiko kanker. Ketika kita mengkonsumsi Kailan, maka tubuh kita akan menghasilkan enzim yang berfungsi menyerang sel-sel kanker. Menurut beberapa ahli, sayur Kailan ini merupakan salah satu jenis sayuran Anti Kanker.

Membantu menurunkan resiko diabetes.

Selain mengandung berbagai vitamin, sayur Kailan juga mengandung asam lemak omega 3 yang berfungsi untuk menstabilkan kadar gula yang berlebihan dalam darah. Sebaiknya, dikonsumsi secara rutin dan hindari merebus Kailan dalam air terlalu lama, karena akan mengurangi kandungan nutrisi di dalamnya.

Membantu mengatasi sembelit.

Kandungan serat pada Kailan ini sangat tinggi, sedangkan kadar lemaknya tidak ada sehingga sayuran ini sangat baik untuk melancarkan buang air besar. Dan tentunya memelihara kesehatan pencernaan Anda, seperti lambung dan usus.

Mencegah terjadinya anemia.

Kandungan nutrisi lainnya yang terdapat pada Kailan yaitu zat besi. Ketika kita mengkonsumsi kailan, kadar zat besi yang dihasilkan sayur Kailan lebih tinggi daripada saat kita mengkonsumsi daging sapi. Dengan demikian, sayur kailan dapat membantu pembentukan hemoglobin, memperbarui sel-sel tubuh, menghasilkan oksigen ke seluruh tubuh dan mencegah resiko terjadinya animea.

Membantu menjaga kesehatan mata.

Selain vitamin K, sayur Kailan juga mengandung vitamin A dan Luthein yang baik bagi kesehatan mata, khususnya mencegah dan memelihara mata akibat kemungkinan terjadinya kerusakan retina mata akibat efek sinar ultraviolet.

Membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Kalsium yang terkandung dalam sayur Kailan berdampak positif pada kekuatan tulang dan gigi. Hal ini tentu menghindarkan kita dari resiko Osteoporosis. Menurut pendapat ahli gizi, kandungan kalsium pada sayur Kailan lebih tinggi dibandingkan dengan di dalam susu. Oleh karena itu, sayur Kailan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai pengganti susu, apabila Anda alergi terhadap susu.

Membantu memelihara kesehatan kulit.

Kandungan klorofil pada sayur kailan, kadar vitamin C dan E yang mampu menghasilkan antioksidan alami bagi tubuh memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan kulit. Beberapa kandungan tersebut akan perperan untuk menghasilkan kolagen dalam tubuh. Dimana, kolagen berfungsi untuk membuat kulit terlihat lebih cantik dan bersih, terhindar dari penuaan dini akibat keriput pada wajah.

Membantu untuk program diet/mengurangi berat badan.

Bagi Anda yang berusaha untuk mengurangi kalori dalam tubuh, Anda dapat mengkonsumsi sayur Kailan yang mengandung serat alami. Serat ini mampu mempercepat metabolisme tubuh dan membakar kalori sehingga akan terasa kenyang lebih lama dan mengurangi berat badan Anda.

Menambah asupan gizi bagi ibu hamil.

Asupan gizi pada ibu hamil merupakan hal penting untuk diperhatikan. Ibu yang sehat akan menjaga janin tetap sehat. Ibu hamil yang mengkonsumsi Kailan dapat mengurangi beberapa resiko buruk yang terjadi pada janin, seperti bayi terlahir cacat. Kandungan nutrisi yang lengkap pada Kailan dapat membantu pertumbuhan janin dan meningkatkan produksi ASI ibu.

Meningkatkan kesehatan otak.

Kandungan asam lemak omega 3 dalam sayur Kailan ini mencegah terjadinya kerusakan otak atau gangguan otak. Kandungan vitamin K dan asam lemak omega 3 ini berfungsi untuk memelihara kesehatan otak Anda dan mencegah virus untuk masuk ke otak.




Fokus : Sayur Kailan


#Tubuh #Sayur
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 2 menit yang lalu

Traveling Terbukti Membuat Anda Lebih Sehat

Wartakesehatan.com - Sebuah studi menunjukkan, traveling terbukti membuat Anda lebih sehat dan awet muda. The Global..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Mandi Pagi Memberikan Manfaat Sehat

Wartakesehatan.com - Mandi pagi tidak hanya membersihkan kotoran yang menempel di tubuh namun juga menyegarkan badan kita...
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

4 Nutrisi Penting bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Energi dalam tubuh berfungsi untuk memelihara dan membangun jaringan dalam tubuh. Sehingga untuk..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

5 Faktor Pikun Bisa Datang Lebih Cepat

Wartakesehatan - Seiring bertambahnya usia, setiap tentu bisa saja akan mengalami demensia atau yang biasa dikenal dengan..
Obat & Penyakit - 4 jam yang lalu

7 Tips yang Baik dilakukan saat Sakit

Wartakesehatan.com - Sebenarnya ada beberapa macam faktor yang dapat mengakibatkan tubuh dapat mengalami sakit serta..
Ibu & Anak - 5 jam yang lalu

Wanita Optimis Cenderung Berumur Panjang

Wartakesehatan - Bagi para kaum perempuan, ternyata ada suatu cara mudah untuk memastikan hidup lebih lama atau memilki..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Mengeluarkan Kentut Berarti Tubuh Anda Sehat

Wartakesehatan.com - Buang angin merupakan salah satu hal yang sehat dan normal. Mulai dari presiden sampai rakyat paling..
Mamin - 17 jam yang lalu

Makanan Khas Korea Ini Miliki Manfaat Sehat

Wartakesehatan.com - Kimchi merupakan makanan khas korea. Makanan ini mengandung vitamin A, B1, B2, dan C. Selain itu ,..
Mamin - 18 jam yang lalu

3 Manfaat Konsumsi Sayur Bayam

Wartakesehatan - Bayam adalah salah satu sayurang yang cukup populer bagi masyarakatkarena mudah ditemukan di..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

Si Salmon, Ikan yang Berkhasiat dan Bergizi

Wartakesehatan.com - Selain dikenal sebagai ikan yang unik, Ikan Salmon juga terkenal sebagai ikan dengan kandungan gizi..

+Indeks