Waspada, Stres Pengaruhi Kesehatan Jantung

Oleh : Dirk/kompas | Senin, 23 September 2019 | 07:25 WIB


(ist)

Wartakesehatan - Percaya atau tidak ternyata stres berkaitan dengan mengalami serangan jantung, hal ini ditemukan oleh sebuah studi. Studi itu menemukan bahwa peningkatan level stres terkait erat dengan bertambahnya risiko terkena serangan jantung.

Di otak terdapat area yang mengatur respon tubuh terhadap stres, atau disebut dengan amygdala. Jika area tersebut aktif, maka risiko terkena serangan jantung dan stroke lebih tinggi dibanding jika area amygdala tak terlalu aktif.

"Ini adalah studi pertama pada model hewan dan manusia, tentang area otak yang mengaitkan faktor stres dengan risiko serangan jantung atau stroke," kata Dr.Ahmed Tawakol, dokter spesialis penyakit jantung dari Massachusetts General Hospital, Boston, AS.

Selain itu, para ilmuwan juga mengaitkan peningkatan aktivitas di amygdala pada beberapa proses yang berperan pada terjadinya penyakit jantung.

Dalam penelitian itu dilibatkan 300 orang dewasa berusia di atas 30 tahun. Mereka dibagi dalam dua kelompok. Pada awal studi, semua responden tidak ada yang menderita penyakit jantung.

Tim peneliti kemudian melakukan pemindaian otak pasien menggunakan teknik yang bukan cuma mengukur level aktivitas otak, tapi juga memungkinkan untuk mengamati level peradangan pada pembuluh darah dan aktivitas sumsum tulang ke seluruh tubuh.

Selama 3,7 tahun durasi penelitian, sebanyak 22 pasien memiliki catatan medis mengalami gangguan jantung, seperti serangan jantung, stroke, atau didiagnosis gagal jantung.

Tim peneliti menemukan bahwa peningkatan level aktivitas amygdala di awal studi berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit jantung yang lebih besar di kemudian hari.

Peningkatan aktivitas di area otak itu juga terkait dengan besarnya peradangan pada pembuluh darah dan tingginya aktivitas di bagian sumsum tulang di mana sel darah baru dibuat. Kedua jenis peradangan itu berkontribusi pada penyempitan pembuluh darah akibat tumpukan lemak yang disebut aterosklerosis. Kondisi tersebut merupakan salah satu penyebab serangan jantung.




Fokus : Stres


#Stres #Jantung
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Bersepeda Menurunkan Resiko Beberapa Penyakit

Wartakesehatan.com - Rutin bersepeda juga memiliki manfaat untuk menurunkan risiko sejumlah penyakit kronis, seperti diabetes..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Manfaat Kesehatan Kacang-Kacangan Bagi Anda

Wartakesehatan.com - Nutritionist dari Metropolitan State University of Denver, Malena Perdomo, MS, RDN, CDE menuturkan..
Herbal - 3 jam yang lalu

5 Manfaat Buah Timun Suri

Wartakesehatan.com -Inilah 5 Manfaat Buah Timun Suri Yang Tidak Kita Ketahui   1. Memperlembut Kulit Kandungan..
Herbal - 3 jam yang lalu

Manfaat Kopi Tanpa Gula

Wartakesehatan.com-Minum kopi sudah menjadi candu bagi para penikmatnya. Setiap harinya, para penikmat tak melewatkan secangkir..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Penyebab Bintik Merah Pada Ibu Hamil Muda

Wartakesehatan.com-Adanya timbul bintik-bintik merah pada kulit ibu hamil  merupakan gejala yang disebut dengan ruam. Ruam..
Herbal - 5 jam yang lalu

5 Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com-Tidak banyak orang yang suka dengan makanan yang memiliki rasa pahit seperti buah pare. Padahal, pare kerap..
Obat & Penyakit - 5 jam yang lalu

Cacing Tanah Barmanfaat Untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com-Manfaat cacing tanah untuk kesehatan sudah banyak yang tahu. Salah satunya ekstrak cacing dalam bentuk..
Seks - 6 jam yang lalu

Wanita Berdada Besar Rentan Terkena Penyakit Pernapasan

Wartakesehatan.com-Wanita yang memiliki payudara besar ternyata tak hanya berisiko menderita sakit punggung, namun juga..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Faktor yang Menyebabkan Perbedaan Pertumbuhan Anak

Wartakesehatan.com - Anaknya tumbuh sehat Tentu merupakan keinginan setiap orangtua untuk melihatnya. Pada beberapa..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Penyebab Nyeri Perut Bagian Kanan Bawah

Wartakesehatan - Sakit perut memang suatu keluhan yang umum terjadi pada seseorang. Lokasi bagian perut yang terasa sakit..

+Indeks