Waspada, Dampak Buruk Kerokan bagi Kesehatan

Oleh : Dirk/sooperboy | Kamis, 22 Agustus 2019 | 17:35 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Pernahkah Anda kerokan ketika sakit ? Tentunya pernah kan. Kerokan adalah pengobatan alternatif yang telah populer di Indonesia. Namun, ternyata kerokan bukan hanya didominasi oleh orang Indonesia saja.

Sebab, ada penelitian yang menyatakan bahwa kerokan telah dikembangkan sebagai tehnik pengobatan tradisional di negara Vietnam dengan sebutan Cao Gio.

Namun tahukah Anda ternyata kerokan juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan, apa saja?

Pori-pori menjadi sarang virus

Saat kerokan pori-pori kulit terbuka akibat gesekan koin di permukaan kulit. Saat pori-pori terbuka terjadilah peralihan rotasi angin yang masuk ke dalam tubuh kita. Artinya angin dalam tubuh keluar tetapi angin diluar tubuh masuk lewat pori-pori.

Berbahaya jika angin yang masuk membawa virus berbahaya daripada penyakit sebelumnya. Memang dampak angin baru tersebut tidak akan bereaksi pada saat itu juga tetapi di lain waktu dampak dari virus akan mendatangkan penyakit lain.

Mudah terserang stroke

Mereka yang suka melakukan aktifitas kerokan utamanya diarea leher, memiliki peluang menderita stroke cukup besar. Sebab, keseringan menggosokkan benda tipis di area leher dan suhu panas yang ditimbulkannya bisa merusak syaraf. Jika syaraf rusak, stroke bisa menyerang kapan saja.

Dari penelitian medis menyatakan bahwa akibat kerokan bisa membuat pembuluh darah semakin lebar bahkan tak sedikit yang meninggal saat dikerok karena pembuluh darah pecah.

Ketagihan

Seringkali ketika masuk angin dan pegal-pegal, hanya dengan dikerok masuk angin dan pegal-pegal hilang seketika. Namun, rasa nyaman saat dikerok membuat tubuh kita bereaksi dengan terus ingin dikerok. Alhasil Anda akan kebal obat selain di kerok padahal kebiasaan kerokan dalam jangka panjang bisa sangat berbahaya.




Fokus : Kerokan


#Kesehatan #Kerokan
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Minum Air Putih Selepas Bangun Tidur

Wartakesehatan.com - Ada kebiasan yang biasa maupun tidak biasa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Minuman yang..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Cara Cepat Atasi Masalah Sakit Tenggorokan

Wartakesehatan.com - Sakit pada tenggorokan jenis ini sebetulnya bukanlah kondisi kesehatan yang serius dan akan sembuh..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Madu Mentah Bantu Menyembuhkan Sakit Flu

Wartakesehatan - Mengalami masalah kesehatan seperti flu tentu saja pernah dialami oleh setiap orang. Flu sendiri muncul..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Menu Sarapan Bikin Kenyang Tapi Tetap Langsing

Wartakesehatan.com - Tidak sarapan justru bisa membuatmu makin gemuk karena kamu akan merasa dua kali lipat lebih lapar..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Meminum Teh Hijau Setiap Hari Selama Satu Bulan

Wartakesehatan - Teh hijau merupakan salah satu minuman yang telah banyak dikonsumsi di seluruh Asia selama berabad-abad...
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Minyak Zaitun Miliki Banyak Manfaat Kesehatan

Wartakesehatan.com - Tak hanya punya banyak kegunaan, zaitun yang diolah menjadi minyak, memiliki banyak manfaat untuk..
Herbal - 11 jam yang lalu

Pentingnya Vitamin C,Sebagai Penangkal Demam Berdarah Saat Musim Hujan

Wartakesehatan.com-Demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang kerap muncul saat musim hujan. Ada banyak cara yang bisa..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Buah Kiwi Menjaga Kesehatan Jantung dan Tekanan Darah

Wartakesehatan.com - Buah kiwi merupakan buah yang memiliki popularitas yang tinggi karena mengandung berbagai nutrisi yang..
Konsultasi - 12 jam yang lalu

Gejala,Penyebab Dan Cara Mengobati Tumor Mata

Wartakesehatan.com-Tumor mata terjadi karena pertumbuhan sel yang tidak normal di mata. Tumor mata bisa bersifat ganas atau..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Kelompok Makanan Yang Sehat Untuk Jantung

Wartakesehatan.com- Mengonsumsi makanan sehat untuk jantung dan memperbaiki pola hidup sehat membuat Anda terhindar dari risiko..

+Indeks