Waspada, Merokok picu Penyakit Demensia

Oleh : Dirk/okezone | Kamis, 22 Agustus 2019 | 19:35 WIB


(ist)

Wartakesehatan - Selama ini banyak ahli yang mengaitkan bahaya merokok dapat berujung pada beberapa penyakit seperti penyakit jantung dan kanker. Tapi tahukah Anda, demensia juga menjadi akibat dari merokok, tetapi munculnya di masa tua nanti.

Demensia hampir sama dengan pikun, yang termasuk salah satu gangguan saraf yang dialami manusia. Banyak faktor risikonya dari mulai genetik dan kebiasaan gaya hidup tidak sehat lainnya.

Lebih lanjut, dikutip Healthline, berikut adalah empat faktor risiko demensia yang wajib Anda tahu.

Usia

Usia juga menjadi salah satu berkembangnya riisko demensia menjadi alzheimer. Sebagai contoh, di Amerika Serikat, satu dari sembilan orang di atas usia 65 menderita alzheimer. Selebihnya, ada pula satu dari tiga orang meninggal akibat gangguam saraf otak tersebut.

Genetik

Banyak bentuk demensia memiliki komponen genetik dan sering terjadi dalam keluarga. Selain itu, mutasi tertentu pada gen spesifik telah diidentifikasi sebagai risiko untuk mengembangkan demensia.

Merokok

Sebuah studi dalam jurnal JAMA Neurology menemukan, seorang perokok secara signifikan dapat meningkatkan risiko penurunan mental dan demensia. Jika Anda merokok, tentu memiliki risiko lebih tinggi dari aterosklerosis dan jenis-jenis penyakit vaskular. Penyakit ini dapat menyebabkan peningkatan risiko demensia.

Konsumsi alkohol

Minum alkohol dalam jumlah besar juga meningkatkan risiko pengembangan demensia. Pada kasus ringan dikenal sebagai sindrom korsakoff. Gejalanya meliputi kesulitan menangkap informasi, sampai terjadi penurunan daya ingat dalam jangka panjang.




Fokus : Demensia


#Merokok #Demensia
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Minum Air Putih Selepas Bangun Tidur

Wartakesehatan.com - Ada kebiasan yang biasa maupun tidak biasa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Minuman yang..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Cara Cepat Atasi Masalah Sakit Tenggorokan

Wartakesehatan.com - Sakit pada tenggorokan jenis ini sebetulnya bukanlah kondisi kesehatan yang serius dan akan sembuh..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Madu Mentah Bantu Menyembuhkan Sakit Flu

Wartakesehatan - Mengalami masalah kesehatan seperti flu tentu saja pernah dialami oleh setiap orang. Flu sendiri muncul..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Menu Sarapan Bikin Kenyang Tapi Tetap Langsing

Wartakesehatan.com - Tidak sarapan justru bisa membuatmu makin gemuk karena kamu akan merasa dua kali lipat lebih lapar..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Meminum Teh Hijau Setiap Hari Selama Satu Bulan

Wartakesehatan - Teh hijau merupakan salah satu minuman yang telah banyak dikonsumsi di seluruh Asia selama berabad-abad...
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Minyak Zaitun Miliki Banyak Manfaat Kesehatan

Wartakesehatan.com - Tak hanya punya banyak kegunaan, zaitun yang diolah menjadi minyak, memiliki banyak manfaat untuk..
Herbal - 10 jam yang lalu

Pentingnya Vitamin C,Sebagai Penangkal Demam Berdarah Saat Musim Hujan

Wartakesehatan.com-Demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang kerap muncul saat musim hujan. Ada banyak cara yang bisa..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Buah Kiwi Menjaga Kesehatan Jantung dan Tekanan Darah

Wartakesehatan.com - Buah kiwi merupakan buah yang memiliki popularitas yang tinggi karena mengandung berbagai nutrisi yang..
Konsultasi - 12 jam yang lalu

Gejala,Penyebab Dan Cara Mengobati Tumor Mata

Wartakesehatan.com-Tumor mata terjadi karena pertumbuhan sel yang tidak normal di mata. Tumor mata bisa bersifat ganas atau..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Kelompok Makanan Yang Sehat Untuk Jantung

Wartakesehatan.com- Mengonsumsi makanan sehat untuk jantung dan memperbaiki pola hidup sehat membuat Anda terhindar dari risiko..

+Indeks