Buah Delima bisa bikin Awet Muda

Oleh : Dirk/kompas | Minggu, 19 Januari 2020 | 21:30 WIB


(ist)

Wartakesehatan - Buah delima merupakan salah satu buah yang mudah ditemukan di Indonesia. Selain memiliki bentuk yang unik buah ini juga dipercaya sangat bermanfaat untuk umur panjang dan kesehatan. Buah ini memiliki kandungan yang mempertahankan kekuatan otot dan memperpanjang usia.

Setelah menguji khasiat delima pada cacing dan tikus, ilmuwan mulai menguji rahasia awet muda ini pada manusia. Berkat khasiat sederhananya yang mengurangi penuaan pada otot, hal ini bakal membantu mencegah lansia yang jadi sakit karena terjatuh dan membuat mereka hidup lebih lama.

Rahasia awet muda delima itu terletak pada kemampuannya menjaga mitokondria, baterai kecil di dalam sel kita untuk selalu terisi penuh. Normalnya, mitokondria menurun seiring pertambahan usia, membuatnya jadi kurang efektif dan beracun. Diperkirakan pula hal itu membuat otot jadi lemah.

Kimiawi dalam delima diubah menjadi senyawa yang disebut urolithin A oleh bakteri di usus. Urolithin A ini kemudian membantu tubuh mengisi batere di sel, yaitu mitokondira dan mencegah penuaan. Dalam sebuah eksperimen, cacing yang diberi urolithin A hidup 50 persen lebih lama.

Pada percobaan lain, tikus yang menua mampu lari 42 persen lebih jauh setelah enam pekan mendapatkan zat tersebut. Percobaan pada manusia masih berjalan. Peneliti berharap penelitian pada manusia ini bakal sukses pula.

Delima sudah lama dikenal mengandung banyak manfaat kesehatan, seperti menurunkan tekanan darah dan memperkuat tulang. Jus buah ini merupakan minuman saat sarapan yang populer di dunia Barat.

Buah delima juga dikenal sebagai simbol kesuburan, kematian dan keabadian. Bahkan ada yang percaya bahwa buah terlarang di Taman Eden itu delima, bukan apel.

Sebelum buru-buru membeli buah ini, Anda sebaiknya memahami bahwa buah delima tak serta merta membuat kita awet muda. Hal ini karena jumlah urolithin A yang terdapat dalam tubuh kita bergantung pada bakteri di usus. Jika tak ada, zat itu juga tak bakal dihasilkan.

Periset dari Ecole Polytechnique Fédérale de Lausanne mendirikan perusahaan yang meproduksi kapsul urolithin A. Percobaan pada manusia sedang dilakukan. Melibatkan 30 orang yang mengonsumsi satu kapsul sehari saat sarapan. Jika berhasil, kapsul tersebut dapat dipasarkan sebagai suplemen penjaga kekuatan otot pada usia 50 tahun ke atas.

Periset Patrick Aebischer mengatakan,"Ini benar-benar zat alami dan efeknya kuat serta dapat diukur." Sementara rekannya Johan Auwerz berkata,"Pendekatan nutrisi membuka daerah yang belum pernah dieksplorasi oleh obat tradisional. Perubahan sejati yang terjadi dalam paradigma sains."




Fokus : Buah Delima


#Buah #Awet Muda #Delima
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Herbal - 24 menit yang lalu

Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com-Buah kurma merupakan salah satu buah tertua yang paling lama dibudidayakan di dunia. Selain karena rasanya..
Warta Sehat - 54 menit yang lalu

Penyebab Penyakit Asam Urat

Wartakesehatan.com-Penyakit asam urat atau gout adalah sejenis penyakit sendi yang terjadi akibat kadar asam urat..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Daging Babi adalah Rumahnya Cacing Pita

Wartakesehatan.com-Mengonsumsi daging babi memiliki risiko terkena infeksi cacing pita. Selain itu, mengonsumsi daging ini..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Penyakit Hewan Ternak Ini Bisa Menular Ke Manusia

Wartakesehatan.com- Memelihara hewan ternak dapat memberikan keuntungan finansial yang cukup menjanjikan. Namun, tidak bisa..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Cara Mencegah Infeksi Leptospirosis

Wartakesehatan .com-Leptospirosis biasanya menyebar melalui urine dari hewan yang telah terinfeksi. Urine ini dapat..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Waspadai Bahaya Dari Bulu Kucing

Wartakesehatan.com-Meski kucing merupakan salah satu hewan peliharaan favorit, namun bukan berarti kehadirannya tidak..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Cara Mengobati Sakit Pinggang Dengan Berolahraga

Wartakesehatan.com-Pinggang adalah bagian tubuh yang menumpu seluruh beban dari tubuh bagian atas. Saat pinggang terasa sakit,..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Cara Mencegah Dehidrasi Saat Cuaca Panas Dan Aktifitas Padat

Wartakesehatan.com-Di tengah aktivitas padat, tidak hanya energi yang terkuras. Cairan dalam tubuh juga akan berkurang. Apalagi..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Indonesia Siap Kembangkan Vaksin Antivirus Corona

Wartakesehatan.com-Penyebaran virus Corona atau COVID-19 menjadikan patogen ini sebagai darurat kesehatan global..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Informasi Sangat Penting Dalam Mencegah Resiko Virus Corona

Wartakesehatan.com-Sejak mewabah di Wuhan, China pada Desember 2019, virus Corona terus menjadi perbincangan di tengah..

+Indeks