Ibu Hamil Ketahui 5 Makanan ini picu Keguguran

Oleh : Dirk/sindo | Senin, 26 Agustus 2019 | 13:05 WIB


(ist)

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkir seorang wanita hamil akan lebih banyak menjaga diri agar apapun yang dilakukan bisa menjaga kesehatan dirinya dan janin. Termasuk pola makanan yang dikonsumsi harus dijaga agar bisa mendukung perkembangan dan kesehatan janin dan sang ibu.

Sayangnya, ada beberapa makanan yang juga bisa menyebabkan terjadinya keguguran. Apa saja makanan tersebut? Berikut ulasannya seperti dilansir dari Times of India.

1. Telur mentah
Ibu hamil harus menghindari telur mentah atau makanan dengan telur mentah di dalamnya, seperti mayones. Jika ingin tetap mengonsumsi telur, sebaiknya putih dan kuning telur di masak hingga matang. Ini mampu mencegah risiko terjadinya keracunan akibat bakteri.

2. Smoked seafood
Smoked seafood atau seafood yang dibekukan merupakan salah satu makanan yang harus dihindari para ibu hamil. Makanan ini umumnya terkontaminasi dengan listeria yang bisa menyebabkan infeksi hingga keguguran.

3. Susu mentah
Sama seperti telur, ibu hamil juga dianjurkan untuk tidak mengonsumsi susu mentah atau dipasteurisasi dan makanan yang menggunakan bahan tersebut. Pasalnya, minuman ini juga bisa menyebabkan keracunan.

4. Hati hewan
Meski hati hewan bergizi, namun makannya ini bisa membahayakan ibu hamil keracunan. Apalagi jika hati diambil dari yang terinfeksi atau hewan yang sakit. Hati juga mengandung jumlah tinggi vitamin A dan kolesterol. Konsumsi ini secara berlebihan bisa mempengaruhi janin dan menyebabkan keguguran.

5. Kentang, pepaya dan nanas
Tak hanya berbahaya bagi wanita hamil, kentang tumbuh juga berbahaya bagi semua orang. Pasalnya, kentang tumbuh mengandung berbagai racun. Ada solanin pada kentang dengan kecambah hijau yang berbahaya bagi pertumbuhan janin. 

Pepaya yang masih mentah juga diyakini menyebabkan keguguran. Alasan di balik ini adalah pepaya mengandung enzim yang bisa menyebabkan kontraksi rahim yang memicu keguguran.

Sementara nanas mengandung bromelain, yang dapat membuat otot rahim halus sehingga menyebabkan keguguran. Jika Anda mengkonsumsi ini selama tiga bulan pertama kehamilan, maka berisiko besar mengalami keguguran. 




Fokus : Ibu Hamil


#Ibu Hamil #Keguguran
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Pembagian Sembako untuk Kaum Dhuafa Bekasi oleh Ezy Pratama Foundation dan INTI

 Wartakesehatan.com.- Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti..
Alkes & Lab - 2 minggu yang lalu

Confidence Persembahkan Adult Pants Gender untuk Pria dan Wanita

Jakarta, WartaKesehatan.com - Confidence, merek popok dewasa nomor 1 di Indonesia kembali meluncurkan produk terbarunya,..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Donasi Dexa Group Agar Tenaga Medis Miliki Imun Kuat

Wartakesehatan.com - Derasnya dukungan penanganan Covid -19 dengan menyumbang Donasi 20.000 kapsul Stimuno Forte dan 50 goodie..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

CFD Jangan jadi Cluster Baru, Konsisten Jaga Imun Tubuh

  Wartakesehatan.com, JAKARTA - Pelonggaran PSBB sudah dilakukan di beberapa daerah, namun sayangnya tidak semua..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

Menkes: Masyarakat Jangan Ragu untuk Konsumsi OMAI

Jakarta - Tak pernah bosan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengimbau agar masyarakat tak perlu ragu untuk..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Komnas Anak Tuding Gubernur DKI Hilangkan Hak Anak

Wartakesehatan.com - Hilangnya hak anak atas pendidikan di DKI Jakarta dan bahkan di Indonesia tahun ajaran baru 2020/2021..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Jadikan Sumatera Bebas Asap, Kapolda Sumsel dan Jambi Bangun Posko Karhutla Bersama

Wartakesehatan.com -  Guna mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) pada masa kemarau tahun ini, Kepala..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Baksos Ezy Pratama Foundation dan Yayasan INTI ke Kaum Dhuafa Klender

Wartakesehatan.com - Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti sosial di..
Obat & Penyakit - 1 bulan yang lalu

New Normal: Menjaga Imunitas dengan Imunomodulator Herbal

JAKARTA - Kita tahu, wabah korona belum kunjung usai di dunia dan negara kita, Indonesia. Apalagi sampai saat ini vaksin untuk..
Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

Hasanuddin Minta Pemerintah Daerah Tak Asal Terapkan New Normal

JAKARTA,- Pemerintah menerapkan kenormalan baru atau new normal di tengah pandemi covid-19. Langkah ini mendapat sorotan dari..

+Indeks