Find us on:

Paparan Sinar Matahari miliki 5 Manfaat ini!

Oleh : Dirk Christ | Senin, 02 Desember 2019 | 07:25 WIB


(ist)

Wartakesehatan - Selain bagi tumbuhan ternyata matahari sangat bermanfaat bagi manusia. Bagi manusia matahari adalah sumber kehidupan kedua setelah air. Banyak sekali manfaat yang akan diserap oleh tubuh dari cahaya matahari yang menyentuh tubuh salah satunya vitamin D, tetapi ada juga kerugian yang mungkin diterima oleh tubuh jika salah membedakan jenis sinar matahari. 

Dikutip dari detikHealth, berikut 5 manfaat sinar matahari untuk tubuh:

1. Cegah osteoporosis

Osteoporosis adalah kondisi di mana tulang mengalami pengeroposan akibat kekurangan kalsium dan vitamin D. Orang yang osteoporosis akan mudah mengalami cedera fraktur tulang dan sulit sembuhnya.

Dengan membiarkan sinar matahari mengenai wajah, leher, lengan dan kaki selama 10-15 menit maka tubuh bisa menghasilkan vitamin D yang dibutuhkan. Vitamin ini kemudian akan meningkatkan penyerapan kalsium di usus dan transfer kalsium di membran sel yang berguna untuk kekuatan tulang.

2. Hindari depresi

Sinar matahari juga diperlukan untuk mengusir depresi. Jika seseorang tidak terpapar sinar matahari dalam jangka waktu yang lama, lebih cenderung mengalami depresi yang disebut seasonal affective disorder (SAD).

Contoh dari hal ini misalnya pada saat musim hujan dan mendung seharian kadang seseorang bisa saja merasa suasana hatinya lebih sendu dari biasa.

3. Lawan TB

Sebuah studi yang dipimpin oleh peneliti Inggris telah menemukan bahwa dosis tinggi dari vitamin D yang dibuat dalam tubuh saat terkena sinar matahari bersama dengan pengobatan antibiotik mampu membantu pasien pulih lebih cepat dari penyakit paru-paru yang menular ini.

"Temuan menunjukkan dosis dari vitamin ini mampu meredam respons inflamasi tubuh terhadap infeksi, mengurangi kerusakan pada paru-paru," ujar Adrian Martineu yang memimpin penelitian sekaligus dosen senior untuk infeksi pernapasan dan kekebalan di Queen Mary University of London.

4. Tingkatkan kualitas sperma

Sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti dari University of Copenhagen menunjukkan laki-laki dengan kadar vitamin D yang cukup di dalam tubuh akan memiliki sperma yang lebih baik ketika berenang menuju sel telur, serta kecepatannya lebih besar dan lebih penetratif.

Jika laki-laki tak mendapat paparan sinar matahari yang cukup sehingga kekurangan vitamin D dalam darah, maka jumlah sperma yang sehat akan cenderung lebih rendah dibanding dengan laki-laki yang memiliki kadar vitamin D normal. Kemampuan untuk membuahi sel telur (reaksi akrosom) akan terhambat serta kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium juga akan terhambat.

5. Jaga kesehatan jantung

Penelitian yang dilakukan oleh Edinburgh University menunjukkan hasil bahwa sinar matahari membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi berbagai risiko penyakit, seperti serangan jantung dan stroke.

Sinar ultraviolet (UV) yang ditemukan dalam sinar matahari diyakini mampu melepaskan suatu senyawa yang mampu menurunkan tekanan darah. Senyawa ini disebut sebagai nitric oxide atau oksida nitrat. Senyawa ini terpisah dari proses pembuatan vitamin D dalam tubuh, di mana prosesnya akan meningkat setelah terpapar sinar matahari.




Fokus : Sinar Matahari


#Matahari
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

PSBB Jilid II, Mari Kita Saling Jaga

Wartakesehatan.com -Keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam menerapkan kembali pembatasan sosial berskala besar..
Obat & Penyakit - 1 minggu yang lalu

Obat Herbal untuk OTG Perkuat Imun Tubuh

Wartakesehatan.com - Obat khusus untuk para pasien yang terinfeksi Virus Corona (Covid-19) hingga saat ini masih belum..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Ini Aturan untuk Pengunjung Hotel saat PSBB Jilid II

Wartakesehatan.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membatasi aktivitas pengunjung di hotel pada pembatasan sosial berskala..
Liputan Khusus - 2 minggu yang lalu

PAC PDI Perjuangan Cipayung Peduli : Teragendakan & Memutus Penyebaran Covid-19

Wartakesehatan.com - Keterlibatan dan kepedulian organisasi politik PDI Perjuangan dalam rangka mengantisipasi penyebaran wabah..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Anies Tarik Rem Darurat, Ingat Perkuat Imun Tubuh

Wartakesehatan.com - Kasus COVID-19 makin parah di Jakarta, banyak cluster-cluster baru yang ditemukan saat ini, bahkan..
3 minggu yang lalu

Satgas Remaja Anti Narkoba : Pengmas & Realisasi Tridarma UPN Veteran Jakarta

Wartakesehatan.com - Permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat Indonesia maupun secara global semakin hari tak..
Liputan Khusus - 3 minggu yang lalu

UPN Veteran Jakarta Bersinergi, Lantik Satgas Remaja Anti Narkoba

Wartakesehatan.com - Kepedulian pemerintah, dunia pendidikan dan pihak terkait serta keterlibatan kelompok masyarakat terhadap..
Liputan Khusus - 1 bulan yang lalu

PAC PDI Perjuangan Cipayung Gelar Bakti Sosial : Antisipasi Penyebaran Covid-19

Wartakesehatan.com - Peran maupun kepedulian dari berbagai pihak mengatasi penanganan pandemi Covid-19 terus berlangsung,..
Liputan Khusus - 1 bulan yang lalu

Razia Masker Berlanjut Di Kecamatan Cipayung, Pelanggar Dikenakan Sanksi

Wartakesehatan.com - Penyebaran wabah Covid-19 di tanah air maupun secara global yang belum terkendali menjadi tanggung jawab..
Obat & Penyakit - 1 bulan yang lalu

Dua Kombinasi Ini untuk Penyembuhan Pasien OTG

Wartakesehatan.com - Perhimpunan Dokter Paru Indonesia menegaskan bahwa saat ini ada sejumlah kombinasi cara pengobatan untuk..

+Indeks