Waspada, Oral Seks bisa Picu Kanker 22 Kali Lipat

Oleh : Dirk/sindo | Selasa, 03 September 2019 | 21:30 WIB


(ist)

Wartakesehatan - Beberapa pasangan masih menyukai melakukan oral seks, alasannya selain keinginan seksual yang berlebihan tentu saja melakukan hal yang ekstrem dengan pasangan merupakan hal yang menantang. 

Namun waspadalah, karena sebuah penelitian di Albert Einstein College of Medicine, New York, mengungkapkan, infeksi human papillomavirus (HPV) bisa menyebabkan kegiatan oral seks menjadi kanker 22 kali lipat.

Seperti diketaui, HPV merupakan salah satu penyebab kanker serviks pada wanita. Namun, jika melakukan oral seks, HPV juga bisa memicu terjadinya kanker di mulut.

Dilansir dari Daily Mail, HPV bisa menyerang kulit dan selaput lembab yang melapisi tubuh. Seperti anus, leher rahim, mulut dan tenggorokan dengan mengubah sel-sel menjadi kanker.

Selain itu, sebuah studi yang dilakukan oleh dokter No-Hee Park dari UCLA menemukan, bahwa sel-sel di daerah mulut secara struktural sama dengan vagina dan leher rahim. HPV tipe 16 dipercaya menjadi salah satu jenis virus yang menyebabkan kanker.

HPV-16 menyebabkan kanker oropharyngeal atau kanker yang terjadi di daerah orofaring (antara mulut dan tenggorokan), seperti langit-langit, pangkal lidah, dan amandel.

Berdasarkan National Health Service (NHS) di Inggris, kanker oropharyngeal lebih banyak terjadi pada pria dibanding wanita. Hal ini disebabkan karena melakukan cunnilingus atau seks oral pada wanita yang lebih berisiko dibanding fellatio atau seks oral pada pria.

Untuk kadar HPV pada vulva, wanita diketahui memiliki kadar yang lebih tinggi dibandingkan penis pria. Meski demikian, terdapat vaksin HPV untuk mencegah kanker serviks pada wanita.




Fokus : Oral Seks


#Kanker #Seks
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Fakta Seputar Mandi Malam dan Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Bagi masyarakat perkotaan yang terbiasa berkegiatan hingga malam hari, mandi malam-malam menjadi..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Tingkatkan Kesuburan dengan Omega 3

Wartakesehatan - Sejak dulu telah dikatakan bahwa minyak ikan sangat baik bagi kesehatan tubuh, mulai dari jantung,..
Herbal - 7 jam yang lalu

5 Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com-Tidak banyak orang yang suka dengan makanan yang memiliki rasa pahit seperti buah pare. Padahal, pare kerap..
8 jam yang lalu

Rebusan Air Jahe Bubuk Bisa Anti-Nyeri.

Wartakesehatan.com - Penggunaan jahe dalam makanan atau minuman tergantung kesukaan masimg-masing. Bagi yang ingin lebih..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Hebat, Cokelat Hitam bisa Cegah Kanker

Wartakesehatan - Banyak sumber mengatakan bahwa cokelat baik bagi kesehatan dan mempunyai khasiat tersendiri melawan..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Kekurangan Vitamin B12 Mempengaruhi Mata

Wartakesehatan.com- Seseoran yang kekurangan asupan vitamin B12 akan menunjukkan sejumlah gejala dan salah satunya terlihat..
Mamin - 10 jam yang lalu

Berlebihan Minum Kopi, Bahaya!

Wartakesehatan,com - Kopi merupakan salah satu minuman terfavorit hampir di seluruh dunia. Minuman ini memiliki daya tarik..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Asap Rokok Timbulkan Penyakit Meningitis

Wartakesehatan.com - Rokok atau sigaret adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Daun Pepaya Dapat Memperlancar ASI

Wartakesehatan.com - Daun pepaya memang terkenal dengan rasa yang pahit. Rasa pahit pada berbagai jenis makanan memang membuat..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Turunkan Kolesterol Dengan Biji Alpukat

Wartakesehatan.com - Alpukat kaya akan serat, potasium, antioksidan dan lemak sehat. Hampir semua sahabat Merahputih.com pasti..

+Indeks