Waspada, Oral Seks bisa Picu Kanker 22 Kali Lipat

Oleh : Dirk/sindo | Selasa, 03 September 2019 | 21:30 WIB


(ist)

Wartakesehatan - Beberapa pasangan masih menyukai melakukan oral seks, alasannya selain keinginan seksual yang berlebihan tentu saja melakukan hal yang ekstrem dengan pasangan merupakan hal yang menantang. 

Namun waspadalah, karena sebuah penelitian di Albert Einstein College of Medicine, New York, mengungkapkan, infeksi human papillomavirus (HPV) bisa menyebabkan kegiatan oral seks menjadi kanker 22 kali lipat.

Seperti diketaui, HPV merupakan salah satu penyebab kanker serviks pada wanita. Namun, jika melakukan oral seks, HPV juga bisa memicu terjadinya kanker di mulut.

Dilansir dari Daily Mail, HPV bisa menyerang kulit dan selaput lembab yang melapisi tubuh. Seperti anus, leher rahim, mulut dan tenggorokan dengan mengubah sel-sel menjadi kanker.

Selain itu, sebuah studi yang dilakukan oleh dokter No-Hee Park dari UCLA menemukan, bahwa sel-sel di daerah mulut secara struktural sama dengan vagina dan leher rahim. HPV tipe 16 dipercaya menjadi salah satu jenis virus yang menyebabkan kanker.

HPV-16 menyebabkan kanker oropharyngeal atau kanker yang terjadi di daerah orofaring (antara mulut dan tenggorokan), seperti langit-langit, pangkal lidah, dan amandel.

Berdasarkan National Health Service (NHS) di Inggris, kanker oropharyngeal lebih banyak terjadi pada pria dibanding wanita. Hal ini disebabkan karena melakukan cunnilingus atau seks oral pada wanita yang lebih berisiko dibanding fellatio atau seks oral pada pria.

Untuk kadar HPV pada vulva, wanita diketahui memiliki kadar yang lebih tinggi dibandingkan penis pria. Meski demikian, terdapat vaksin HPV untuk mencegah kanker serviks pada wanita.




Fokus : Oral Seks


#Seks #Kanker
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 41 menit yang lalu

Studi: Taoge bisa Turunkan Tekanan Darah

Wartakesehatan.com - Penelitian yang dilakukan oleh Astawan dkk. (1998) juga menunjukkan kecambah kedelai mempunyai..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Study : Tidur Siang Bisa Kurangi Resiko Jantung dan Stroke

Health, Warkes.com – Study terbaru telah menemukan bagaimana tidur siang memiliki efek yang sangat baik bagi kesehatan...
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Karena Salmonella, CDC Larang Manusia Berkegiatan Dengan Ayam

AS, Warkes.com – Mewabahnya kasus Salmonella terkait dengan unggas, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

UU SDA Swasta dan Pemerintah Dapat Mengelola Air Bersama

Jakarta, Warkes.com - Dengan diketuknya Undang-Undang (UU) Sumber Daya Air (SDA), artinya Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM)..
Obat & Penyakit - 4 jam yang lalu

Kabut Asap dan Ancaman Bahayanya

Wartakesehatan.com - Kabut asap yang diakibatkan kebakaran hutan serta lahan di daerah di riau dan..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

RUU SDA Sah Menjadi UU Masyarakat Diharap Tak Lagi Kekeringan

Jakarta, Warkes.com - Rancangan Undang-Undang Sumber Daya Air (RUU SDA) akhirnya disepakati bersama-sama, antara DPR RI dan..
Obat & Penyakit - 5 jam yang lalu

6 Penyebab Migrain yang Harus Diketahui

Wartakesehatan.com - Migrain adalah gangguan kronis yang ditandai dengan terjadinya sakit kepala ringan hingga berat yang..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Konsumsi Teh Hijau Berlebihan, ini Bahayanya!

Wartakesehatan.com - Selama ini teh hijau dikenal sebagai salah satu minuman yang memiliki manfaat kesehatan dan..
Obat & Penyakit - 15 jam yang lalu

Stop Kebiasaan Begadang, Tubuh bisa Rusak!

Wartakesehatan.com - Menurut para ahli, tidur bukan hanya untuk penghilang lelah. Studi terbaru menemukan bahwa kehilangan..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

5 Tips Atasi Sulit Tidur

Wartakesehatan.com - Tidur merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh manusia untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran...

+Indeks